Inspire | Love & Relationship

Mengulik Disparitas Usia dalam Hubungan Asmara Selebriti

Sabtu, 10 Sep 2022 18:00 WIB
Mengulik Disparitas Usia dalam Hubungan Asmara Selebriti
Foto: Freepik
Jakarta -

Pembahasan perihal hubungan romansa memang tidak pernah ada habisnya, apalagi jika hal ini disangkutpautkan dengan asmara para selebriti dunia yang tak asing lagi namanya di telinga kita. Salah satu hal yang cukup membuat geger dunia maya belakangan ini adalah ketika impact membuat grafik perbandingan umur beberapa selebriti Hollywood dengan pasangannya dalam beberapa dekade ini.

Salah satu nama yang paling di-highlight dalam unggahannya adalah aktor dunia yang namanya hingga saat ini masih bersinar di dunia Hollywood, Leonardo DiCaprio. Aktor yang pernah membintangi berbagai film-film ternama ini memiliki sejarah hubungan yang unik, di mana dalam sepanjang karirnya ia tak pernah menjalin hubungan romansa dengan perempuan yang umurnya lebih dari 25 tahun. Leonardo DiCaprio yang kini diisukan menjalin hubungan dengan supermodel Gigi Hadid tersebut, mulai mempublikasikan pasangannya sejak tahun 1999 atau pada saat ia berumur 24 tahun.

Saat itu, ia tengah menjalin hubungan dengan Gisele Bundchen yang pada saat itu berumur 18 tahun dan mereka menjalin asmara selama 5 tahun lamanya. Lalu, pada saat Leonardo DiCaprio berumur 30 tahun, ia mulai berkencan lagi dengan Bar Rafaeli, seorang model asal Israel yang pada saat itu berumur 20 tahun. Hubungan asmara dengan perbedaan usia yang terpaut cukup jauh ini berlangsung hingga hubungan terakhirnya bersama Camila Morrone yang berusia 20 tahun di tahun 2018. Dan saat itu, usia DiCaprio adalah 43 tahun.

.Leonardo DiCaprio/ Foto: VanityFair

Tidak hanya Leonardo DiCaprio, ada pula aktor asal Amerika Serikat-Jeff Goldblum-yang memiliki skema berkencan yang sama dengan Leonardo DiCaprio, di mana ia selalu memiliki pasangan yang usianya terpaut jauh dan tidak pernah lebih dari 40 tahun. Perbedaan usia yang sangat jauh yang pernah dijalani oleh Jeff Goldblum adalah ketika ia menjalin hubungan bersama Tania Raymonde. Pada saat itu, Jeff Goldblum berusia 57 tahun dan Tania Raymond hanya 21 tahun, sehingga membuat mereka memiliki perbedaan usia sebesar 36 tahun ketika menjalin hubungannya.

Lalu, mengapa banyak pria   tidak terbatas hanya selebriti    memiliki kecenderungan untuk memilih pasangan yang lebih muda dari mereka, bahkan dengan usia yang terpaut sangat jauh?

Claudia Honslow, seorang psikolog di Melbourne's Contemporary Psychology mengatakan bahwa ia paham betul mengapa pria yang 'powerful' mencari perempuan yang jauh lebih muda. Hal ini dikarenakan seluruh konsep older man and much younger women memiliki keterkaitan dengan "attachment style", yang berasal dari masa kanak-kanak mereka. Ia juga menambahkan bahwa hal ini didorong oleh keinginan untuk mendapatkan perhatian, dominasi, prestise dan kekaguman, bahkan bisa juga karena dorongan oleh fantasi seksual.

.Ilustrasi hubungan beda usia/ Foto: Getty Images

Selain itu, ditambah dengan fakta bahwa seseorang yang lebih muda secara faktanya memang memiliki pengalaman hidup yang lebih sedikit dibandingkan mereka yang lebih tua, sehingga hal ini pun juga membuat mereka jadi lebih mudah untuk dikontrol oleh mereka yang lebih tua dan berpengalaman banyak. Tidak sampai disini saja, tren pria sukses yang berkencan dengan perempuan muda juga merujuk ke arah kehausan akan kekuasaan di kehidupannya yang didorong juga oleh kondisi sosial dimana pria memiliki kecenderungan untuk lebih sukses dibandingkan perempuan.

"Women begin their lives having to fight, more or less from teenagers we're having to work to find our value. By our 40s, we adapt. In my experience, I think the opposite happens for men, when they encounter their 40s they begin to feel their virility is declining, their power is declining, and that's when they (may) go out seeking a partner who can mirror back youth to them," ungkap Jacqui Manning, seorang psikolog asal Sydney.

Secara umum, alasan utama mengapa pria memiliki kecenderungan untuk berkencan dengan perempuan lebih muda yang sangat jelas di muka publik adalah fisiknya yang jauh lebih menarik secara seksual. Meskipun banyak pasangan-baik itu selebriti maupun bukan    memiliki hubungan dengan jarak usia yang jauh yang sehat, perihal disparitas usia dalam hubungan ini cukup tidak nyaman untuk dilihat dan dipublikasikan untuk banyak orang lihat, terlebih lagi apabila mereka adalah seorang publik figur.

[Gambas:Audio CXO]

(DIP/DIR)