Inspire | Love & Relationship

Rekomendasi Museum yang Cocok untuk Berkencan

Jumat, 20 May 2022 14:00 WIB
Rekomendasi Museum yang Cocok untuk Berkencan
Ilustrasi museum sebagai tempat kencan Foto: CXO Media
Jakarta -

Siapa bilang museum sebatas tempat bersejarah membosankan yang hanya cocok dikunjungi untuk tujuan edukasi? Bangunan yang memamerkan banyak karya-karya bernilai ini sebenarnya juga bisa dipilih sebagai lokasi kencan alternatif yang menawarkan sejumlah pengalaman kencan berbeda dari yang lain.

Apalagi di masa ini, banyak sekali museum di Indonesia yang memiliki spot estetik dan bergaya modern. Jadi, secara tidak langsung, kesan membosankan dan lawas yang selama ini tergambar dari museum menjadi pudar secara perlahan-lahan. Untuk itu, sembari merayakan peringatan hari museum sedunia yang jatuh pada 18 Mei 2022 ini, CXO Media telah merangkum beberapa Museum di Indonesia, yang cocok untuk kamu kunjungi bersama pasangan!

.MoJa Museum/ Foto: Moja museum

MoJA Museum, DKI Jakarta

Museum satu ini merupakan salah satu favorit yang banyak dikunjungi masyarakat. MoJA Museum Art & Space adalah museum unik yang menyajikan eksibisi seni interaktif dengan spot-spot menarik yang berlokasi kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Di MoJA Museum, selain menikmati karya-karya kreatif yang dipamerkan, kamu juga bisa meluncur di atas lintasan roller skate RoJA by MoJA, melukis di MoPaint, mengabadikan momen di photobooth, hingga yang terbaru: bermain mini golf. Untuk menikmati segala keseruan di MoJA Museum bersama pasangan, kamu bisa mengakses informasi tiket lengkapnya, melalui akun Instagram @mojamuseum.

,Museum MACAN/ Foto: Instagram

Museum MACAN, DKI Jakarta

Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara atau lebih dikenal Museum MACAN, telah dibuka untuk umum sejak 2017 lalu di bilangan Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Museum seni ini terus memamerkan koleksi seni modern dan kontemporer yang sedang berkembang. Pada bangunannya yang berluas 7.100 meter persegi, banyak spot karya menarik yang bisa kamu temui, yang tentunya sangat instagramable. Museum MACAN buka setiap hari Selasa sampai Minggu, dari pukul 10.00-16.00 WIB, dengan sejumlah ketentuan dan aturan yang berlaku. Untuk bisa berkunjung ke sana, kamu memerlukan reservasi tiket masuk senilai Rp 100 ribu. Selengkapnya, kamu bisa mengunjungi laman resmi Museum MACAN, pada museumacan.org atau melalui akun @museummacan di Instagram.

.Ullen Sentalu/ Foto: Instagram

Ullen Sentalu, Yogyakarta

Nama Museum Ullen Sentalu, merupakan sebuah akronim dari Falsafah Jawa "Ulating Blencong Sejatining Tataraning Lumaku" yang bermakna "terang adalah penuntun jalan kehidupan". Berlokasi di kawasan Boyong Kaliurang, Sleman, Yogyakarta, museum ini bisa dikunjungi pada pukul 8.30 hingga 15.15 WIB setiap hari Selasa-Minggu. Banyak spot menarik yang bisa kamu kunjungi di Ullen Sentalu, melalui dua paket tur yang disediakan yakni, Tur Adiluhung Mataram dengan harga tiket Rp 50 ribu dan Tur Vorstenlanden seharga Rp 100 ribu. Di sana, kamu bisa menikmati pameran karya seni-budaya khas Jogja dan sekitarnya, di antara kawasan museum yang hijau dan asri. Untuk info lebih lanjut, kamu bisa mengakses lebih jauh mengenai Museum Ullen Sentalu pada laman ullensentalu.com atau melalui Instagram @ullensentalu.

.Museum Inggit Garnasih/ Foto: Detik.com

Inggit Garnasih Historic House, Bandung

Berbeda dengan rekomendasi museum-museum sebelumnya, Inggit Garnasih Historic House merupakan sebuah museum berbentuk rumah tinggal, yang dahulu ditempati oleh istri kedua Presiden Soekarno, Ibu Inggit Garnasih. Bangunan bersejarah ini berlokasi di pusat kota Bandung, tepatnya pada kawasan Ciateul, Astanaanyar. Selain memuat kenangan sejarah antara Soekarno dan Inggit, museum ini juga berisikan perpustakaan dan memorabilia Soekarno bersama kawan-kawan seperjuangan selama di Bandung. Inggit Garnasih Historic House, bisa dikunjungi setiap hari, mulai pukul 8 hingga 5 sore.

.Museum Satwa, Malang/ Foto: Itp


Museum Satwa, Malang

Museum Satwa adalah tempat rekreasi terbaru yang juga bagian dari Jatim Park 2 di Kota Batu, Jawa Timur. Museum berkonsep modern ini memamerkan koleksi satwa lengkap, dari masa purba hingga sekarang, dan masih banyak lainnya. Museum ini juga bisa dibilang cukup luas, karena meliputi sejumlah spot-spot megah yang menawan, seperti halnya area hewan purba, sangkar raksasa, hingga spot edukatif. Museum Satwa dibuka untuk umum setiap hari, sejak pukul 9 pagi sampai 6 sore dengan harga tiket Rp 30 ribu per pengunjung.

Itulah sejumlah rekomendasi museum yang bisa kamu kunjungi sebagai tempat kencan bersama pasangan. Selain menawarkan spot ciamik yang Instagramable, tempat-tempat di atas juga bisa menambah wawasan kita terhadap hal-hal bersejarah yang indah.

[Gambas:Audio CXO]

(RIA/MEL)