Inspire | Human Stories

Merayakan Cinta dengan Berkarya ala Rizky Febian-Mahalini

Selasa, 30 Aug 2022 11:46 WIB
Merayakan Cinta dengan Berkarya ala Rizky Febian-Mahalini
Jakarta -

Cinta dirayakan dengan beragam rupa. Ada yang hobi mengunggah kemesraan di media sosial. Ada yang mengobral "I love You", "Wo Ai Ni", "aku tresno", atau, ada juga yang melahirkan lagu-lagu kasmaran untuk pasangan. Sebagai suatu hal yang memuat banyak keindahan, cinta memang kerap jadi alasan kuat untuk berkarya. Baik saat manusia jatuh ke dalamnya, atau ketika patah karenanya. Paling tidak, karya adalah salah satu bukti cinta yang menyenangkan.

Itulah yang saat ini sedang dilakukan pasangan musisi muda, Rizky Febian dan Mahalini Raharja. Walaupun baru menjalin hubungan dalam hitungan bulan, keduanya terbilang produktif menuangkan perasaan mereka lewat karya. "Kita itu sebenarnya pas pacaran, sudah kayak punya komitmen masing-masing, untuk bagaimana caranya saling support," kata Iky saat kami temui di pemutaran perdana web series Senja Hari Ini Indah. "Karena kan dia (Lini) juga punya karya yang luar biasa, begitu pun aku dengan kesibukan aku," lanjutnya.

"Kebetulan memang kita ada di bidang yang sama. Jadi, ketika pacaran kita komit saling support, apa pun itu ya, bukan hanya sekedar berkarya bareng di bidang musik aja, tapi dalam hal apapun. Tapi ya, apapun yang terjadi sekarang, kayak kerja sama bareng berdua itu, memang semuanya tidak ada yang direncanakan. Maksudnya, mengalir aja, natural," tambah Iky.

Menuangkan perasaan lewat karya adalah proses yang menyenangkan. Terlebih bekerja bersama orang kesukaan atau dalam hal ini pasangan, membuat Iky dan Lini lebih mensyukuri keadaan. Lebih dari itu, berkarya bersama turut memberikan keseruan tersendiri bagi Iky dan Lini seperti menjadi suntikan nuansa dalam berkreasi di musik, atau menjadi wadah bertukar pikiran soal banyak hal.

Ketulusan yang Mengalir

Terkadang, dunia entertainment memang samar dengan gimmick-gimmick pemulus keberuntungan. Walau begitu, Iky dan Lini justru menjelaskan, kalau kebersamaan mereka, baik di atas maupun di luar panggung, tak pernah dipaksakan.

"Buat aku sama lini, menjalin hubungan berarti ya ngalir gitu aja. Dalam artian, kita enggak ada sama sekali planning untuk bikin apa atau apa. Melainkan semuanya kayak udah dikasih jalan aja sama Yang di Atas. Contoh kita nggak ada kepikiran sama sekali, tapi tiba-tiba disuruh main web series Senja Hari Ini Indah berdua, dan seterusnya. Tapi ya, balik lagi itu malah jadi tantangan. Sebagai orang yang ada di dunia entertain, mau tidak mau kita harus menghibur dan meng-influence banyak orang," jelas Iky.

Oleh karena itu, tampil bersama di media bukan berarti Iky dan Lini heboh pamer kebucinan. Sebab sebenarnya, kehangatan mereka bisa dilihat sebagai hal yang wajar, karena pasangan ini sama-sama bertipikal hangat, ramah, dan gemar bercanda-tawa.

"Kalau dibilang bucin ya bucin juga sih," seloroh Iky dan Lini berbarengan. "Cuma kan, ya, definisi bucin itu kan beda-beda buat orang," susul Iky. Lini juga meneruskan, "Kasarnya, kita cuma ngelakuin apa juga dibilang bucin, padahal mah kita biasa aja. Mungkin ya memang versi bucin orang kan beda lah gitu."

"Intinya sih kalau aku pribadi, menjalin hubungan itu sebenarnya tidak lepas dari kasih sayang. Karena memang yang terpenting ya, itu. Terlepas dari perbedaan atau apa, semuanya yang penting bisa terkumpul jadi satu," ungkap Lini.

"Benang merahnya hubungan tuh satu yang terpenting: bisa saling menghargai dan saling menghormati sesama. Karena kalau menurut aku ya, ngomongin soal cinta itu artinya nggak ada batasan dalam hal apapun. Tarikan utamanya tuh ketulusan. Semuanya yang penting tulus. Kalau nggak ada tulus tuh menurut aku nggak ada cinta," lengkap Iky

Pembuktian dan Pembelajaran

Sujiwo Tejo pernah bilang, bukanlah cinta jika mengandung kalkulasi. Serupa tapi tak sama, Iky dan Lini berdua melihat cinta dengan melapurkan perbedaan, dan mulai belajar lebih demi kebaikan bersama-sama.

"Kalau kita ya, walaupun di sini kita juga paham bahwa perjalanan ini masih panjang, kita malah berpikir untuk terus memperjuangkan kebaikan bersama. Tapi, sebagai entertainer, kita juga mikirin gimana caranya sambil berkarya kita juga bisa mengedukasi orang dengan hal yang menyenangkan," ungkap Iky.

"Bersama-sama kita juga mengedepankan rasa bertoleransi yang tinggi. Karena buat kita, selama ada cinta, tidak ada perbedaan yang malah menjerumuskan. Dan menurut aku, selagi yang diperjuangkan itu adalah sebuah kebaikan pasti akan ada jalan gitu. Menurut aku, ya, cinta itu kebaikan," tambah pelantun hit Kesempurnaan Cinta tersebut.

Kemudian, Iky dan Lini juga mengaku gemar bertukar kalimat pernyataan sayang. Hal ini dipandang sebagai bumbu-bumbu yang bisa menyegarkan hubungan mereka, dan menjadi salah satu cara memperlihatkan sisi care.

"Kita kan belajar ya dari para pendahulu yang udah lebih lama berhubungan. 'Kok malah jarang ya bilang sayang?' Padahal menurut kita tuh, nggak boleh dilupain. Mungkin malah itu bisa bikin tetap bisa saling menghargai, saling tetap berkasih sayang, atau jadi bentuk peduli setiap harinya. Nah yang kayak gitu, akhirnya jadi sebuah pembelajaran yang besar buat kita," lengkap Iky.

Karya Romansa Teranyar 'Senja Hari Ini Indah'

Kali ini, Iky dan Lini mendapat kesempatan bersama tampil di drama-romansa terbaru berjudul Senja Hari Ini Indah, yang tayang eksklusif di cxomedia.id setiap hari Jumat pukul 20.00 WIB. Pada web series berjumlah enam episode ini, Iky akan berperan sebagai Adam, sedangkan Lini bermain sebagai Nika. Nantinya, mereka berdua akan tertaut dalam ikatan asmara yang terbilang rumit namun teguh menghadapinya.

"Aku pribadi senang ya bisa bareng Lini di sini," ucap Iky, soal penampilan perdana bersama mereka di seni peran. Lini juga menuturkan kalau lewat proyek ini, hubungan mereka semakin seru, dinamis, dan cukup mewarnai keseharian    karena terlibat bersama di ranah profesional. "Kadang tuh kita jadi sering ngebahas, kayak 'si Nika tuh kayak ada akunya gitu ya'. Terus kita juga sering diskusi seru gitu dan jadi evaluasi sama belajar bareng aja," jelas penembang Melawan Restu tersebut.

Di samping memerankan dua tokoh utama dalam Senja Hari Ini Indah, Rizky Febian dan Mahalini juga menyanyikan dua original soundtrack berjudul You're Mine dan Satu Tuju, yang sekaligus menjadi persembahan teranyar mereka kepada para penggemar.

[Gambas:Audio CXO]

(RIA/DIR)