Inspire | Human Stories

Nanti Kita Pergi Ke Qatar Tahun Ini

Kamis, 21 Apr 2022 20:00 WIB
Nanti Kita Pergi Ke Qatar Tahun Ini
Foto: FIFA
Jakarta -

Hanya dalam hitungan bulan, kick off pesta terakbar sepak bola dunia, yakni Piala Dunia Qatar 2022 akan segera dimainkan. Hal ini tentunya menarik perhatian para pecinta 'si kulit bundar', khususnya bagi kita yang berada di Indonesia. Betapa tidak? Selain menjadi Piala Dunia kedua yang dilangsungkan di Benua Asia, perebutan Trofi Jules Rimet yang dimainkan pada 21 November hingga 18 Desember mendatang juga menjadi suatu kesempatan emas untuk kita saksikan secara langsung.

Hajat yang digelar di Qatar nanti, memang lebih mudah kita jangkau ketimbang dua gelaran sebelumnya, yang berlangsung di Rusia dan Brazil. Oleh karena itu, akan sayang rasanya apabila kita melewatkan kesempatan merasakan euforia pesta sepak bola empat tahunan ini begitu saja. Kalau kamu ingin pergi menonton Piala Dunia di Qatar namun bayangan ongkos   yang sepertinya mahal   membuatmu gentar, berikut, kami siapkan beberapa opsi beserta penjelasan, yang lebih memungkinkan kamu bertandang ke Qatar!

.Kota Doha, Qatar/ Foto: Kazuo Ota - Unsplash

Banyak Jalan Menuju Doha

Setidaknya, ada dua opsi yang bisa dipilih untuk pergi ke Qatar. Yang pertama adalah pergi menyaksikan beberapa pertandingan fase grup yang tiketnya cukup terjangkau; atau, memilih sedikit pertandingan di fase klimaks seperti semifinal dan final namun dengan kocek yang lebih mahal.

Menurut rilisan FIFA, tiket pertandingan di fase grup dijual seharga QAR 600 atau Rp 2,4 juta untuk satu tempat di tribun kelas menengah atau Kategori 2. Jadi, untuk menyaksikan tiga partai di fase grup, kamu membutuhkan dana sebesar QAR 1800 atau Rp 7,1 juta. Lebih lanjut lagi, kamu juga bisa memilih bundle ticket 4 stadium series yang ditawarkan FIFA, yakni 3 group stage match + 1 knockout stage match, yang bisa dikantongi dengan membayar QAR 2400 atau Rp 9,5 juta.

Sedangkan, untuk menghadiri partai-partai puncak, kamu bisa menebus selembar tiket partai semifinal dengan harga QAR 2400 atau Rp 9,5 juta dan sebuah tiket final senilai QAR 3650 atau Rp 14,4 juta, untuk menempati satu bangku di Kategori 2. Selain membeli tiket-tiket pertandingan yang ingin kamu saksikan, berikut adalah beberapa kebutuhan lain yang perlu kamu persiapkan dananya sebelum mendatangi Piala Dunia di Qatar.

  • Tiket Pesawat

Untuk terbang ke Qatar, berdasarkan harga pada situs tripadvisor ternama, tiket pulang pergi Jakarta-Doha paling murah menyentuh angka Rp 17 juta. Untuk berjaga-jaga, harga tiket pesawat PP Jakarta-Doha bisa kita asumsikan sebesar Rp 20 juta.

  • Penginapan

Pada situs AirBnB, harga penginapan paling murah di Qatar berkisar Rp 500-700 ribuan. Sedangkan untuk sebuah kamar hotel minimum bintang 3, harga paling murah di sekitar Doha berkisar Rp 1-2 jutaan. Sedangkan sebuah kamar mewah di Qatar dipatok > Rp 2,5 juta per malam.

  • Transportasi

Akses antar venue di Qatar terbilang saling berdekatan. Untuk itu, ongkos transportasi selama di sana tidak akan memakan banyak biaya. Dalam bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya, kamu bisa mengandalkan moda Bus atau Doha Metro, dengan biaya sekitar Rp 50 ribuan sekali jalan. Jadi bisa diasumsikan, untuk mobilitas selama di sana, ongkos harian untuk pulang pergi venue-penginapan adalah sekitar Rp 100 ribu. 

  • Biaya Makan

Perkara perut tidak boleh dilupakan. Selama menghadiri Piala Dunia kamu tidak perlu takut kelaparan. Di Qatar, terdapat banyak pilihan kuliner mancanegara yang bisa kamu rasakan. Menurut hikersbay.com biaya sekali makan di restoran murah di Doha berkisar Rp 60 ribu-200 ribu. Untuk bersantap di restoran mid-range, kamu harus membayar sekitar Rp 500-2 juta. Dan salah satu favorit kita, yakni makan di restoran cepat saji, membutuhkan biaya sebesar Rp 100 ribuan.

  • Uang Lain-lain

Dalam bertandang ke kandang orang kita memerlukan persiapan yang matang, atau setidaknya gambaran yang matang. Oleh karena itu, haram hukumnya jika hanya membawa uang pas-pasan. Apalagi di Qatar, Piala Dunia bukan satu-satunya daya tarik utama. Jadi, spare uang untuk kebutuhan plesir dan juga memborong cinderamata khas Qatar perlu kita siapkan. Menurut perhitungan kasar kami, sepertinya kisaran Rp 3-5 juta menjadi bilangan aman sebagai dana cadangan.

.Ilustrasi menabung/ Foto: Karolina Grabowska - Pexels

Jangan Dipikir, Ayo Dicicil

Dari sekilas perhitungan kasar di atas, total biaya yang diperlukan untuk bertandang ke Qatar jika hendak menghadiri sejumlah pertandingan fase grup selama 6 hari kunjungan adalah senilai kurang lebih Rp 36 juta. Rinciannya terbagi atas Rp 20 juta tiket pesawat; Rp 6 juta penginapan; Rp 600 ribu biaya transport; Rp 2,5 juta untuk makan selama 6 hari; dan Rp 7,1 juta untuk tiket 3 pertandingan.

Atau, kamu bisa memilih 4 stadium series, untuk waktu kunjungan selama 7 hari dan menghabiskan dana sebesar kurang lebih Rp 40,2 juta, untuk kebutuhan tiket pesawat Rp 20 juta; biaya menginap Rp 7 juta; Rp 700 ribu biaya transport; Rp 3 juta untuk makan; dan Rp 9,5 juta untuk 4 pertandingan di 4 venue berbeda.

Sementara, jika tujuan di Qatar adalah masa klimaks Piala Dunia, kamu harus menyiapkan budget ekstra, setidaknya sekitar Rp 55 jutaan, untuk kunjungan selama 6 hari. Dana sebesar Rp 20 juta dibutuhkan untuk pesawat; Rp 6 juta untuk hotel; Rp 600 ribu transport; Rp 2,5 juta untuk makan; dan Rp 24 juta untuk 1 tiket semifinal dan final.

Waktu sebelum Piala Dunia hanya bersisa 8 bulan. Jika kamu telah memiliki segenap dana yang dibutuhkan, maka tunggu apa lagi? Segera sikat sebelum kehabisan! Namun, bagi kamu yang sangat ingin pergi ke Qatar tetapi belum memiliki biaya yang diperlukan, maka kamu bisa mencicilnya secara perlahan.

Begini anggapannya. Jika opsi pertama adalah pilihanmu, maka kamu memerlukan uang sebesar Rp 36 juta untuk dikumpulkan selama 8 bulan ke depan. Artinya, kamu perlu menabung sebanyak Rp 4,5 juta per bulan, atau Rp 150 ribu per harinya. Sedangkan jika opsi kedua adalah yang kamu pilih, maka kamu harus menabung sebanyak Rp 40 jutaan selama 8 bulan ke depan. Dengan kata lain, kamu harus menyisihkan dana Rp 5 jutaan per bulan. Sementara untuk opsi yang terakhir, dana Rp 53 juta perlu kamu siapkan dalam waktu 8 bulan, atau dengan menabung sekitar Rp 6 jutaan per bulan.

.Ilustrasi paylater/ Foto: Anete Lusina - Pexels

Jika nominal-nominal di atas masih terasa berat, namun hasrat menyambangi Piala Dunia Qatar berat untuk dilewatkan, sepertinya, kamu bisa memanfaatkan beberapa fitur paylater yang ditawarkan beberapa biro perjalanan online. Atau lebih bijaknya, kamu bisa menabung sembari mencari uang sampingan yang bisa mendukung rencanamu ke Qatar.

Selain menyiapkan dana untuk pergi Qatar dengan matang, langkah pertama yang kami sarankan jika kamu hendak mengeteng perjalanan Piala Dunia adalah mulai membeli tiket penerbangan dan tiket pertandingan dari sekarang   mengingat antusias warga dunia terhadap sepak bola begitu besar sekaligus menghindari nasib kehabisan tiket pertandingan. Jika nominalnya cukup membuatmu gentar, makan fitur paylater yang ditawarkan bisa benar-benar kamu manfaatkan. Hitung-hitung mencicil di muka namun tiket sudah di tangan. Syukur-syukur, ada cuan dadakan yang tetiba hadir ke depan mata dan semakin memuluskan niatmu terbang ke Qatar.

Last but not least, Jika saran-saran di atas terasa menyita waktu dan tenaga ekstra, kamu bisa memilih bundle perjalanan yang ditawarkan Qatar Airways. Menurut pointgeeks.id, Qatar Airways menawarkan 7 paket perjalanan, dengan harga paling murah sebesar USD 3,800 atau senilai Rp 55 juta, untuk menyaksikan dua pertandingan Piala Dunia dalam 4 hari waktu kunjungan. Sementara paket paling mahal dipatok seharga USD 7,300 atau sebesar Rp 105 juta, untuk final rounds package: 2 match semifinal dan 1 partai final untuk 8 hari kunjungan.

Apapun yang kamu pilih nantinya   jika kamu memang ditakdirkan Tuhan untuk bertandang ke Qatar, kami doakan semoga rencanamu terealisasi dengan baik dan lancar, sehingga kamu bisa merasakan meriahnya euforia Piala Dunia yang tampil kedua kalinya di daratan Asia.

*PS: Kalau rencanamu nanti tercapai, ceritakan sama CXO Media, ya! Atau, kalau kamu kelebihan dana dan bingung mau ajak siapa, kita siap kok, jadi teman perjalananmu ke sana. Hehe.

[Gambas:Audio CXO]

(RIA/MEL)