Inspire | Human Stories

Elkan Baggot, Garuda Pertama Di Inggris Raya

Selasa, 19 Apr 2022 12:00 WIB
Elkan Baggot, Garuda Pertama Di Inggris Raya
Jakarta -

Nama Elkan Baggot tercatat sebagai pemain sepak bola Indonesia pertama yang bermain di pertandingan resmi kompetisi sepak bola profesional Inggris. Pemain Tim Nasional Garuda yang bermain untuk Ipswich Town tersebut, melakoni debutnya pada Sabtu (16/4/2022) lalu. Tepatnya ketika Ipswich Town berhadapan dengan Rotherham United pada lanjutan League One, kasta ketiga sepak bola Inggris musim 2021/2022 pekan ke-43.

Hal ini menjadi suatu sejarah tersendiri bagi Elkan secara pribadi. Pemain berusia 19 tahun itu bahkan mengabadikan momen debutnya dengan sebuah unggahan di media sosial. "Hari yang akan selalu saya ingat @ipswichtown," tulis Elkan Baggott di laman Instagram pribadinya @elkanbaggott.

.Elkan Baggot/ Foto: Instagram @/elkanbaggot

Bagi Indonesia sendiri, sebagai negara yang direpresentasikan oleh Elkan, debutnya bersama Ipswich di tanah Inggris, menggenapi deretan Garuda Muda lain yang juga berkarir di Eropa seperti Egy dan Witan. Sementara itu, para penggila bola di Tanah Air menyambut momen ini dengan sukacita dan optimis, bahwasanya dalam waktu dekat, akan banyak pemain muda lainnya yang bisa berkarir di kancah-kancah tertinggi dunia, seraya mendongkrak prestasi Timnas Indonesia.

Meskipun debut bersejarahnya cukup disorot manis oleh banyak pihak, sayang hasil akhir pertandingan kurang memuaskan bagi Elkan dan Ipswich Town. Sebab mereka harus menerima kekalahan tipis 0-1 dari lawannya, dan harus gagal melangkah ke kasta yang lebih tinggi di musim berikutnya.

Secara keseluruhan, debut Elkan bersama Ipswich sebenarnya tidak mengecewakan. Ia tampil cukup tangguh dan terlihat tenang saat menguasai bola. Bos Ipswich Town, Kieran McKenna mengungkap bahwa menurunkan Elkan sebagai starter adalah sebuah perjudian karena Elkan termasuk pemain muda yang belum berpengalaman. Namun menurutnya, hal ini sekaligus menjadi bukti bahwa pemain muda Ipswich Town memiliki kans untuk promosi ke Tim Senior apabila tampil mengesankan.

.Elkan Baggot/ Foto: Instagram @/elkanbaggot

"Sangat penting bagi kamu untuk menunjukkan kepada pemain muda di sini, bahwa ada jalur dan peluang jika kamu berlatih dengan baik dan memberikan semuanya. Itu yang terjadi dengan Elkan," ucap McKenna. Saat ini, Ipswich Town menempati posisi ke 10 di klasemen League One. Kans mereka untuk naik kasta memang sudah tertutup. Namun kans bagi seorang Elkan Baggott untuk menambah pengalaman masih terbuka lebar, mengingat musim 2021/2022 ini masih menyimpan tiga pertandingan.

Doa terbaik untukmu Elkan! Terbang yang Tinggi!

[Gambas:Audio CXO]

(RIA/DIR)