Inspire | Human Stories

All You Can Eat: Bagaimana Kamu Menyiasatinya agar Tak Rugi

Senin, 21 Mar 2022 16:00 WIB
All You Can Eat: Bagaimana Kamu Menyiasatinya agar Tak Rugi
Jakarta -

Restoran All You Can Eat merupakan konsep tempat makan prasmanan atau buffet yang menyajikan banyak pilihan menu, namun kamu membayar dengan satu harga. Beberapa tahun belakangan, konsep restoran semacam ini mulai menjamur di setiap daerah di Indonesia dan memberikan solusi bagi kamu yang memang doyan makan banyak. Tetapi, mungkin tidak semua orang makan dengan jumlah tertentu dan waktu yang terbatas, termasuk saya.

Saya adalah salah satu yang suka mencicipi makanan lezat dan menginginkan harga affordable. Saat pertama kali berkunjung ke restoran all you can eat, saya pikir saya tidak akan rugi karena bisa makan banyak tapi membayar dengan satu harga selama kurang lebih 1,5 jam. Namun nyatanya, kurang dari 90 menit saja, saya sudah kekenyangan dan tak sanggup makan lagi, sehingga jika dihitung-hitung total harga menu yang saya makan tidak mencapai harga yang ditawarkan oleh pihak restoran.

Namun dari sana saya belajar, bahwa untuk memanfaatkan harga murah yang ditawarkan oleh restoran dengan kualitas makanan yang lebih dari harga tersebut, kita harus memiliki trik tertentu. Apalagi bagi anak-anak muda dengan kantong pas-pasan, tapi ingin makan enak, all you can eat bisa jadi solusi untuk merasakan 'kenyang bahagia'. Nah, berikut ini adalah trik yang bisa kamu lakukan agar bisa tetap makan enak di restoran all you can eat tanpa takut merugi.

1. Riset restoran all you can eat

Berbagai macam restoran all you can eat kini mulai bermunculan di tiap daerah Indonesia dengan menu beragam. Dari konsep ala restoran Korea hingga buffet sushi ala Jepang yang ramah kantong sampai cukup fancy. Nah, bagi kamu yang baru pertama kali makan di restoran all you can eat, sebaiknya pilih restoran yang cocok dengan budget-mu, agar ketika kamu tak bisa makan terlalu banyak, kamu tidak merasa rugi. Pilihlah restoran all you can eat yang menawarkan variasi menu agar kamu dapat mencicipi semua menu yang menarik. Jadi, melakukan riset sebelum pergi ke restoran all you can eat mana yang menurutmu enak dengan harga affordable adalah sesuatu yang penting.

2. Hindari karbohidrat

Saat tiba di restoran all you can eat, saya selalu menghindari makanan karbohidrat seperti nasi atau kentang. Sebab seperti yang kita ketahui, nasi dan kentang mengandung karbohidrat yang tinggi yang membuat kita merasa kenyang lebih cepat. Dengan menghindari karbohidrat, perut akan menjadi lebih kosong dan tidak cepat penuh.

3. Jangan makan dalam keadaan sangat lapar

Kesalahan yang paling sering dilakukan orang yang berkunjung ke restoran all you can eat adalah makan dalam keadaan perut kosong dan kamu sangat lapar. Kamu mungkin berpikir, dengan kamu tidak sarapan atau makan siang, dan malamnya makan makanan di restoran all you can eat akan membuat kamu makan lebih banyak. Tapi justru sebaliknya, perut kamu akan kaget karena banyaknya jumlah makanan yang masuk secara tiba-tiba. Bukannya untung, kamu akan merugi dan dapat membuat kamu sakit perut.

4. Konsumsi sayur dan minum air sebelum makan

Salah satu trik yang saya lakukan selama ini ketika makan di restoran all you can eat adalah menyandingkan protein dengan sayur-sayuran seperti selada atau kimchi. Sayuran membuatmu tidak cepat kenyang dan mereka lebih cepat diserap oleh tubuh, sementara daging lambat dicerna oleh lambung kita. Jadi kombinasi sayur-daging trik yang bisa kamu lakukan agar bisa makan lebih banyak di restoran all you can eat.

Selain itu, minum seteguk air sebelum makan akan membuat tenggorokanmu lembab sehingga makanan lebih mudah masuk ke perutmu dan cara ini dilakukan juga supaya kamu tidak tersedak karena makan terlalu banyak. Namun pilihlah minuman yang tidak mengandung soda, karena minuman ini akan membuatmu kembung akibat gas yang dihasilkan.

5. Jangan takut pesan banyak menu sekaligus

Seringkali pengunjung restoran diingatkan untuk tidak menyisakan makanan mereka karena akan dikenakan biaya tambahan. Sehingga banyak orang yang berkunjung ke restoran all you can eat merasa ragu bila memesan terlalu banyak. Padahal memesan banyak sekaligus, akan membuatmu hemat waktu memasak dan memakan makanan tersebut. Untuk menyiasatinya, pesanlah menu paling mahal dalam paket yang ditawarkan tersebut, kemudian pilih yang sekiranya mudah dimakan dan cepat matang ketika dimasak.

Sehingga tidak perlu bolak-balik mengambil makanan yang habis di piringmu atau menunggu waiters membawakan pesananmu, sebab itu cukup menyita waktu. Tapi perlu diingat, pesan sesuai kemampuanmu untuk menghabiskannya ya. Selain itu, untuk side dish, ambil dalam porsi kecil saja. Tetap fokus pada menu utama yang ditawarkan pada paketmu.

6. Jangan terlalu asyik memasak

Beberapa restoran dengan konsep all you can eat biasanya membiarkan pelanggannya memasak sendiri. Hal ini tentu bisa membuat waktu makanmu terbuang banyak. Jadi, saya sarankan agar tidak terlalu asyik memasak dan masaklah sampai dirasa matang saja. Sebab restoran sebenarnya telah menyiapkan bahan makanan yang cepat matang untuk menghemat waktu pengunjung.

7. Hindari makan dessert sebagai makanan pembuka

Visual yang warna-warni, kerap kali membuat kita tergiur untuk mencicipi dessert sebelum menuju makanan utama. Padahal dessert yang mengandung banyak gula ini akan membuatmu kenyang lebih awal, sebab tubuh lebih lama memproses gula. Jadi, secantik apapun dessert yang disajikan pihak restoran, mereka hanya cocok untuk hidangan penutup saja.

Terlepas bagaimana cara kamu makan di restoran berkonsep all you can eat, cara di atas mungkin akan membantumu agar dapat memanfaatkan waktu yang sempit untuk makan enak dan lebih banyak. Namun yang terpenting adalah hindari membuang-buang makanan dan pilihlah dengan bijak makanan yang ingin kamu makan ya.

[Gambas:Audio CXO]



(DIR/MEL)