Inspire | Human Stories

Person of The Month February 2022: Edward Tirtanata

Senin, 07 Mar 2022 12:00 WIB
Person of The Month February 2022: Edward Tirtanata
Jakarta -

Bermula dari toko kecil di sudut perkantoran Ibu Kota, 'secangkir kenangan' mulai mewujudkan mimpinya yang besar. Dan melalui sentuhan magis para peraciknya, Kopi Kenangan melesat #FromMantantoUnicorn, serta siap membanggakan Indonesia di panggung Kopi Dunia.

Indonesia, tidak bisa tidak bangga terhadap Kopi Kenangan. Sejak awal kedatangannya, brand lokal satu ini tidak berhenti menuai prestasi. Yang paling baru bahkan sangat membanggakan, yakni menjadi 'Bisnis New Retail F&B Unicorn Pertama di Asia Tenggara'. Kredit luar biasa pun pantas disematkan kepada orang-orang dibalik bar Kopi Kenangan, terutama sang Co-Founder sekaligus CEO, Edward Tirtanata.

Menurut Edward, pencapaian membanggakan tersebut merupakan buah dari konsistensi 'Kopi Kenangan', yang sejak 2017 lalu selalu menyajikan racikan terbaik: yaitu menggunakan beans kopi terbaik asli Indonesia, mengolahnya di mesin kopi autentik asal Italia, dan memberikan pelayanan yang sangat prima, namun dengan harga yang sangat terjangkau.

Kepada tim CXO, ia turut mengungkap bahwa keberhasilan tersebut adalah buah kerja keras dari seluruh staf dan bukan hanya dirinya sendiri. "Kita meyakini 'Day One Mentality'   yaitu sikap untuk terus fight seperti di awal kita buka." Ia juga menuturkan, keberhasilan mereka mendapat gelar Unicorn dari pendanaan Seri C merupakan tantangan baru bagi seluruh komponen yang ada di Kopi Kenangan.

.Edward Tirtanata, CEO Kopi Kenangan/ Foto: CXO Media

"Going forward, saya merasa more than any, tuh pressure, karena bebannya tuh besar, dengan Unicorn status ini," kata Edward. "Jangan sampai kita dari Unicorn malahan tahu-tahu jadi kuda lumping, lagi kan. Kan pusing kalo gitu. Makanya kita selalu berpikir di sini, how can we be better everyday, Kita gak mau kita sampai lengah dan paranoid, kita pengen untuk berkembang terus, dan worthy untuk Unicorn title."

Meski begitu, perjalanan dirinya bersama Kopi Kenangan tidaklah mudah. Sebagai seorang pribadi, Edward mengaku pernah gagal pada beberapa bisnis serta pekerjaan sebelumnya, meski pada akhirnya ia tetap bangkit dan mencoba menerapkan prinsip-prinsipnya. Sedangkan bersama Kopi Kenangan, penggemar Jeff Bezos itu menyebut bahwa kedatangan Kopi Kenangan merupakan suatu gebrakan, di antara pasar kopi waktu itu yang cenderung berunsur kebarat-baratan, high-end, dan cukup mahal. Jadi, Kopi Kenangan waktu itu harus tampil berani dan mencoba menjadi suatu pembeda dengan segala improvisasi dan inovasi yang ada.

Saat ini, Edward dan Kopi Kenangan terus melakukan improvisasi. Kopi Kenangan telah berevolusi menjadi Kenangan Brand, dan memiliki beberapa produk lain seperti Chigo!, Cerita Roti, Kopi Kenangan ready to drink, and many more to come. Selain itu, Kopi Kenangan juga telah bisa ditemukan, di lebih dari 600 'rumah mantan' yang menyebar di 45 kota di Indonesia.

.Kopi kenangan/ Foto: Detik

Ia berpesan kepada teman-teman yang ingin memulai karir sebagai entrepreneur. "Always believe in starting small, and starting fast." Edward juga melanjutkan, "the riskiest job you can ask for is entrepreneur, karena itu tuh binary, antara meledak atau enggak ya sukses. Makanya entrepreneur harus start fast, karena kalo kita start-nya lama atau pelan, ya otomatis kita ketinggalan sama kompetitor."

Atas kerja keras dan keberhasilannya bersama Kopi Kenangan, CXO Media menobatkan Edward Tirtanata sebagai Person of the Month untuk edisi Februari 2022. Semoga inspirasi dan kerja keras yang beliau bagikan, dapat menumbuhkan semangat anak-anak muda Indonesia untuk terus berinovasi dan membanggakan negeri.

[Gambas:Audio CXO]

(RIA/DIR)