Inspire | Human Stories

Person of The Month: Pratama Arhan

Jumat, 21 Jan 2022 17:53 WIB
Person of The Month: Pratama Arhan
Jakarta -

Seorang 'garuda muda' terbang tinggi dan bersinar. Sayapnya siap melebar optimal, seraya menghembuskan angin harapan bangsa. Dia pandai mengolah bola; dia berlari tiada henti; dia menembus batasan diri dan mulai menginspirasi. Bersama doa dan upaya yang tidak kenal kata lelah, sosok pemuda asal Kota Jati, siap mengharumkan nama Indonesia ke seluruh dunia.

Momen piala AFF di akhir Desember 2021 lalu, menaikkan nama Pratama Arhan sebagai idola baru publik sepakbola Indonesia. Tampil sebanyak 6 kali sepanjang turnamen, Arhan yang bermain sebagai pemain bertahan sukses menorehkan 1 gol spektakuler ke gawang Malaysia dan 1 gol penyelamat di penghujung pertandingan leg-2 babak semifinal lawan tuan rumah, Singapura. Ia juga berhasil mencatatkan 2 assist dan lusinan lemparan ke dalam yang membahayakan. Meski belum berhasil membawa Indonesia juara, penampilan gemilangnya membuat Arhan dinobatkan sebagai Pemain Muda Terbaik AFF 2020.

Karir pemuda 20 tahun tersebut, dimulai semenjak masa kecilnya. Mengikuti jejak sang kakak, Arhan mulai berlatih di SSB Putra Mustika, Blora dan pindah ke Akademi Terang Bangsa, Semarang pada tingkat Sekolah Menengah. Sejak saat itu, karirnya terus mengalami peningkatan. Bermula dari tim U-18 PSIS Semarang, Arhan mendapat rangkaian promosi hingga akhirnya bisa tampil di level tertinggi bersama Timnas Indonesia.

Perjuangan Arhan menjadi pesepakbola profesional tidaklah mudah. Ia bahkan sempat putus asa karena mengalami kegagalan sewaktu kecil. Namun berkat dorongan orang tua dan lingkungan terdekat, Arhan kembali semangat dan berupaya lebih keras lagi. Latar belakang keluarganya yang sederhana, ternyata tidak membuat Arhan rendah diri. Ia tetap berani bermimpi besar dan tidak berhenti berupaya.

"Mindset (saya) untuk ambil langkah berani, saya tanamkan pada diri saya untuk kerja keras, tanggung jawab, disiplin. Semua tidak ada yang tidak mungkin terlewati jika berusaha keras dan berdoa," ungkap Arhan kepada tim CXO Media.

Ia menyatakan titik ini tercapai karena doa dan restu ibu bapak. Untuk waktu yang akan datang, Arhan berharap bisa menjadi sosok pemain yang lebih baik lagi. Ia juga berharap bisa tampil di kancah sepakbola dunia. "Hal terpenting baginya saat ini adalah membahagiakan orang tua."

Upaya keras Arhan selama menjadi pesepakbola tidak mengkhianati hasil. Di usia muda, Arhan konsisten berprestasi dan memberi inspirasi. Oleh sebab itu, CXO Media menobatkan Arhan sebagai Person of the Month edisi pertama kami di bulan Januari 2022 usai peluncuran CXO Mediaverse yang disponsori oleh BNI dan Indomie.

[Gambas:Audio CXO]

(RIA/DIR)

NEW RELEASE
CXO SPECIALS