% Arabica Indonesia sepertinya mulai mencoba sedikit demi sedikit menampilkan 'wajah baru' di tengah tren coffee shop estetik di Jakarta yang semakin menjamur. Setelah membuka store-nya di Pondok Indah Mall beberapa waktu lalu, kini giliran % Arabica Plaza Indonesia yang tampil dengan desain baru yang klasik dan classy.
Jika sebelumnya % Arabica Plaza Indonesia terletak di lobby dekat pintu masuk, kini store-nya pindah ke lantai basement dengan area yang lebih luas dan kapasitas tempat duduk yang lebih banyak. Berbeda dengan tata letak sebelumnya yang menonjolkan minimalism, untuk store terbarunya ini, % Arabica Plaza Indonesia hadir dengan tata ruang melingkar dengan warna oranye tile klasik.
Marketing Manager % Arabica Indonesia, Diah Aswidianti mengatakan, ketika desainer yang sebelumnya mendesain store di lobby diminta untuk merombak konsep, dia pun rela mencari inspirasi keliling Jakarta lewat ikon-ikon yang menarik.
"Karena Arabica punya karakter kuat di sisi desain, kami tidak mau punya tampilan yang sama di setiap lokasi. Desainernya, Yokoyama-san, mencari inspirasi dari berbagai tempat di Jakarta - seperti Monas, Masjid Istiqlal, Katedral, dan Gedung BNI. Semua bangunan itu bernuansa lama dan kolonial. Dari situ lahirlah ide membuat sesuatu yang berkesan "old", tapi dengan karakter berbeda," kata Diah dalam media gathering opening store % Arabica Plaza Indonesia, Rabu (8/10).
Oranye tiles yang jadi ciri khas store baru % Arabica Plaza Indonesia./ Foto: % Arabica Indonesia |
Akhirnya sang desainer pun memilih Bundaran HI sebagai inspirasi di store terbaru % Arabica Plaza Indonesia. Salah satu yang sangat khas adalah tiles (ubin) oranye yang dibuat dan dipilih secara khusus dengan mencetak, membakar secara manual satu per satu.
Diah pun mengakui, proses pembuatannya cukup rumit karena harus menjaga konsistensi warna. Misalnya dari 2.000 tiles yang dibuat oleh perajin, hanya sekitar 600 tiles yang dipakai karena selebihnya tidak sesuai dengan warna yang diinginkan.
"Area ini juga dirancang sebagai communal space bisa dipakai untuk duduk santai, kerja, atau meeting kecil. Selain itu, ubin handmade berbentuk Chemex di dinding juga unik ini pertama kalinya Arabica memakai frosted glass di Indonesia. Semua detail desain, mulai dari warna, bentuk, hingga pencahayaan, dibuat dengan sangat teliti agar tampil harmonis," paparnya.
Bukan hanya desain terbuka tanpa sekat yang membuat pengunjung langsung tertuju pada store % Arabica yang satu ini, desain kursinya pun berbeda dari cabang lain. Fabric-nya digunakan khusus di sini dan di store di TIM (Taman Ismail Marzuki).
Beberapa elemen desain disesuaikan dengan regulasi dan gaya tiap desainer Arabica dari berbagai negara - ada dari Vietnam, Saudi Arabia, dan Jepang. Tak heran kalau setiap store punya nuansa berbeda: ada yang dominan kuning, biru, atau netral - tapi tetap mempertahankan identitas Arabica dengan dominasi warna putih agar logo dan detail tetap stand out.
Dominasi putih masih jadi ciri khas mereka./ Foto: Dian Rosalina - CXO Media |
"Arabica ingin setiap orang bisa menikmati pengalaman berbeda di sini - bukan hanya kopi, tapi juga atmosfer dan visualnya. Untuk kapasitas tempat duduk, sekitar 50 orang. Di atas kapasitasnya mungkin setengahnya dari ini," kata Diah.
Untuk pilihan menunya sendiri, % Arabica Plaza Indonesia juga menghadirkan beragam pilihan pastry dan jus cold-pressed yang dikurasi secara khusus untuk menjadi teman sempurna menikmati secangkir kopi andalan dari % Arabica.
"Untuk menu, ada sedikit perbedaan dengan store di atas. Di sini ada tambahan menu seperti cheesecake, fruit tart, dan quiche yang tidak tersedia di lokasi lain. Ide utamanya adalah menyajikan menu yang simpel, tapi sesuai kebutuhan pelanggan di area ini," pungkasnya.
Yuk, kunjungi store terbaru % Arabica Plaza Indonesia yang terletak di Lantai Basement dan rasakan nuansa classic serta berbagai menu terbaru mereka.
(DIR/DIR)
Oranye tiles yang jadi ciri khas store baru % Arabica Plaza Indonesia./ Foto: % Arabica Indonesia
Dominasi putih masih jadi ciri khas mereka./ Foto: Dian Rosalina - CXO Media