Interest | Home

5 Tanaman dengan Wangi Alami yang Pas untuk Segarkan Rumahmu

Selasa, 31 May 2022 18:00 WIB
5 Tanaman dengan Wangi Alami yang Pas untuk Segarkan Rumahmu
Foto: PIXABAY, PEXELS
Jakarta -

Kita tentu ingin di setiap ruangan rumah selalu beraroma segar dan wangi. Rumah yang wangi akan memberi kesan bersih juga terawat. Ada banyak pilihan pengharum ruangan bertebaran di pasaran, namun sebagian besar komposisinya mengandung bahan kimia yang tidak baik bagi kesehatan bila dihirup terus-menerus. Efek samping yang akan kamu rasakan pun beragam, seperti menyebabkan asma, pusing, mual-mual, sakit kepala, sampai keracunan.

Bagi orang yang memiliki penciuman sensitif, pengharum ruangan berbahan kimia pun akan mengganggu kegiatan sehari-hari. Oleh sebab itu, ada baiknya kamu mengganti pengharum ruangan yang biasa dengan pengharum ruangan alami seperti bunga-bungaan. Nah, berikut adalah pilihan tanaman dengan wangi alami yang pas untuk segarkan ruangan-ruangan di rumahmu, dan bisa kamu beli juga di sini!

GeraniumGeranium/ Foto: PIXABAY

1. Geranium

Geranium adalah tanaman yang mempunyai kelopak bunga cantik dan umumnya berwarna merah atau pink. Tak hanya sebagai aromaterapi alami, bunga ini juga bermanfaat untuk mengusir nyamuk, lho. Adapun aroma yang dihasilkan geranium biasanya membuat tenang dan tidak menyengat. Selain itu, bunga ini sangat pas bagi kamu yang anti ribet mengurus tanaman. Kamu hanya perlu menyiram tanaman ini setiap hari.

Bunga Sedap MalamBunga Sedap Malam/ Foto: PIXABAY

2. Bunga Sedap Malam

Bunga sedap malam yang mungkin lebih dikenal sebagai bunga yang digunakan untuk bahan masakan sup kimlo ini ternyata juga bisa dipakai sebagai pengharum ruangan alami, lho. Juga dikenal sebagai Polianthes Tuberosa, bunga ini memiliki keunikannya tersendiri. Saat pagi hingga siang hari, bunga ini cenderung menutup kuncupnya. Namun, ketika malam tiba, bunga ini mengeluarkan wangi harum semerbak yang bisa menyegarkan rumahmu.

Bunga MelatiBunga Melati/ Foto: PEXELS

3. Bunga Melati

Tak hanya bunga sedap malam, bunga melati atau jasmine juga memberikan keharuman pada malam hari bila kamu meletakkannya di sebuah ruangan. Meskipun bunga ini lebih harum saat malam hari, tapi kamu juga perlu meletakkannya dekat jendela untuk mendapatkan sinar matahari yang cukup, ya.

Pohon MintPohon Mint/ Foto: PIXABAY

4. Pohon Mint

Seperti yang kita tahu, daun mint memiliki aroma yang segar dan alami. Tanaman ini sangat cocok bagi kamu yang sangat menyukai kesegaran sepanjang hari di rumah. Tak hanya bisa jadi aromaterapi di rumah, daun mint juga bisa dimanfaatkan sebagai rempah-rempah untuk memasak, lho.

Bunga LavenderBunga Lavender/ Foto: PIXABAY

5. Bunga Lavender

Siapa yang tidak tahu tanaman yang satu ini? Mempunyai warna yang cantik, bunga lavender cocok sebagai tanaman hias di rumah sekaligus pengharum ruangan. Ditambah, bunga lavender juga lebih aman digunakan sebagai pengusir nyamuk tanpa takut efek samping berbahaya.

Nah, itulah 5 pilihan tanaman yang memiliki wangi alami yang bisa mengharumkan dan menyegarkan ruanganmu. Selain mudah didapat, tanaman-tanaman tersebut juga tidak terlalu sulit untuk dirawat dan mengeluarkan banyak biaya. Jadi, percantik dan harumkan rumahmu dengan pilihan tanaman ini, yuk!

[Gambas:Audio CXO]



(DIR/HAL)