Insight | General Knowledge

Kaleidoskop 2023: Perkembangan Transportasi Publik Indonesia

Selasa, 12 Dec 2023 18:11 WIB
Kaleidoskop 2023: Perkembangan Transportasi Publik Indonesia
Jakarta -

Diandalkan tapi kurang diperhatikan. Mungkin itulah gambaran kondisi transportasi publik di Indonesia. Bila dibandingkan dengan negara-negara Eropa, atau negara tetangga seperti Singapura, sistem transportasi publik kita memang masih jauh dari kata ideal. Tapi sepanjang tahun ini, ada banyak kabar mengenai perkembangan transportasi publik yang menyita perhatian publik. Mulai dari mulai dari pro-kontra impor KRL bekas hingga beroperasinya LRT Jabodebek. Oleh sebab itu, CXO Media mencoba merangkum apa saja yang terjadi dalam transformasi transportasi Indonesia sepanjang 2023, simak di bawah ini.

Januari

  • Skybridge Kebayoran Lama
    Tahun 2023 diawali dengan kabar baik bagi warga Tangsel dan sekitarnya yang mengarah ke Jakarta Selatan via Stasiun Kebayoran Lama. Dengan adanya skybridge Kebayoran Lama, penumpang bisa langsung terhubung ke halte Transjakarta pasar Kebayoran Lama dan halte Velbak tanpa harus melewati area Kebayoran Lama yang tidak ramah pejalan kaki.

Februari

  • Halte Integrasi Stasiun Cawang Cikoko
    Halte Transjakarta Cikoko St. Cawang yang terintegrasi dengan Stasiun Cawang dan Stasiun LRT Cikoko dibuka secara resmi.
  • Perluasan Pelayanan Bus Pink
    Untuk mencegah kekerasan seksual, Transjakarta menambah armada bus pink khusus wanita sebanyak 15 armada di 5 koridor yaitu Koridor 2 (Pulogadung-Harmoni), Koridor 3 (Kalideres-Pasar Baru), Koridor 9 (Pinang ranti-Pluit), Koridor 13 (Ciledug-Tendean) dan Koridor 5C (PGC-Harmoni).

Maret

  • Kereta Api Pertama Sulawesi Diresmikan (Maros-Barru)
    Kereta api hadir pertama kalinya di Sulawesi dengan diresmikannya Kereta Api Trans Sulawesi jalur Makassar - Parepare. Perjalanan Makassar - Parepare yang tadinya memakan waktu 3 jam dipersingkat jadi hanya 1,5 jam.

April

  • 11 Juta Orang Naik Transportasi Umum Saat Mudik Lebaran
    Idul Fitri tahun ini adalah saat di mana masyarakat yang tidak sempat pulang kampung akibat COVID-19, pulang menemui keluarga mereka. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat setidaknya ada 11 juta orang menggunakan transportasi umum pada periode mudik 2023 ini.

Mei

  • Paket Wisata Transportasi Umum di Jakarta Diluncurkan
    Pada Mei 2023, Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) meluncurkan paket wisata transportasi umum Jakarta. Paket wisata yang dibandrol Rp575.000 ini diperuntukan bagi warga Jakarta atau di luar kota yang ingin merasakan sensasi menaiki berbagai fasilitas transportasi umum yang ada di Jakarta.

Juni

  • Stasiun Manggarai Kini Dilengkapi Petunjuk Arah
    Stasiun Manggarai sempat beberapa kali menjadi topik headline berita lantaran kondisinya sebagai stasiun transit yang padat dan chaotic. Namun keruwetan ini akhirnya mulai teratasi sejak dipasang papan petunjuk arah (signage) yang memudahkan penumpang.
  • Masker Tidak Lagi Wajib Digunakan di Transportasi Umum
    Seiring dengan transisi endemi, Kemenhub mengeluarkan Surat Edaran mengenai protokol kesehatan di transportasi umum, di mana masyarakat tidak lagi diwajibkan menggunakan masker.

Juli

  • Gubernur Tetapkan Tarif Ojek-Taksi Online di seluruh Jawa Timur
    Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengeluarkan Keputusan Gubernur (Kepgub) tarif ojek online (R2) dan taksi online (R4) di Jawa Timur. Dalam Kepgub tersebut, tarif batas bawah sebesar Rp3.800 per kilometer dan tarif batas atas sebesar Rp6.500 per kilometer. Serta tarif minimal sebesar Rp15.200 per kilometer yang harus dibayarkan oleh penumpang untuk jarak tempuh empat kilometer pertama.

Agustus

  • LRT Jabodebek beroperasi
    Setelah 8 tahun pembangunan, LRT atau Light Rail Transit akhirnya secara resmi dibuka dioperasikan untuk transportasi masyarakat Jabodebek.

September

  • Bandara Husein Sastranegara Ditutup, Pindah ke Bandara Kertajati
    Seluruh penerbangan komersial dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung ditutup dan pindah ke Bandara Kertajati yang ada di Majalengka. Ini sebagai bentuk upaya untuk membuat pengoperasian Bandara Kertajati semakin maksimal.

Oktober

  • Whoosh Jadi Kereta Api Cepat Pertama Indonesia dan Asia Tenggara
    Whoosh merupakan kereta api cepat pertama yang melaju di Indonesia dan Asia Tenggara. Dengan kecepatan maksimal 350 km/jam, Kereta Cepat Whoosh bisa menghubungkan Jakarta-Bandung dengan waktu kurang dari sejam.

November

  • Kecepatan KRL Bogor - Manggarai menjadi 80 KM/jam
    Adanya perubahan maksimal kecepatan perjalanan pada lintas Bogor - Manggarai yang semula 70 km/jam menjadi 80 km/jam membuat waktu tempuh perjalanan menjadi lebih singkat dari yang semula 70 menit menjadi 62 menit.
  • Tanda tangan kontrak KAI dan INKA untuk retrofit 19 trainset untuk periode 2023-2026
    Pada pertengahan tahun, isu impor KRL bekas sempat menjadi perdebatan. Kelanjutannya, KAI akhirnya menggandeng INKA untuk memulai proses peremajaan (retrofit) 19 trainset.

Desember

  • Skybridge Stasiun Bojonggede
    Pada 9 Desember kemarin, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meresmikan skybridge yang menghubungkan Stasiun dan Terminal Bojonggede. Skybridge ini diharapkan bisa memfasilitasi integrasi moda dan membuat warga semakin tertarik menggunakan transportasi publik.

Itulah kaleidoskop tentang transformasi transportasi Indonesia sepanjang tahun 2023. Mulai dari perubahan yang signifikan hingga perubahan yang sederhana, semuanya berdampak terhadap mobilitas warga. Sudah sepatutnya perkembangan-perkembangan ini kita kawal bersama, agar transportasi publik Indonesia semakin maju dan bisa diandalkan. Semoga saja, tahun depan ada lebih banyak gebrakan di bidang transportasi yang menguntungkan masyarakat.

[Gambas:Audio CXO]

(cxo/DIR)

NEW RELEASE
CXO SPECIALS