Insight | General Knowledge

2022 CXO Picks: Momen Viral di Internet

Rabu, 28 Dec 2022 15:59 WIB
2022 CXO Picks: Momen Viral di Internet
Foto: iStock
Jakarta -

2022 CXO Picks kembali lagi, kali ini dengan merekam berbagai momen viral di internet yang tidak hanya menjadi isu penting, tapi juga membuat kita yang mendengarnya malah jadi geleng-geleng kepala. Dari aksi hacker yang membuat pontang-panting pemerintah, hingga kasus penembakan yang membuat mata pihak berwajib tercoreng secara nyata. Tanpa perlu berlama-lama lagi, inilah 2022 CXO Picks dalam momen viral di internet.

Momen Viral di Internet

Kami tidak hanya menangkap kejadian yang memang terkenal di internet saja. Tetapi juga bagaimana sebuah peristiwa di dunia nyata menjadi topik penting di internet, bahkan hingga saat ini.

1. Bjorka vs Pemerintah Indonesia

Seorang hacker bernama Bjorka membocorkan berbagai data pribadi milik masyarakat Indonesia yang tersimpan di berbagai database, seperti 26 juta history browsing pelanggan Indihome, 1,3 miliar data registrasi SIM card, dan lainnya. Apa yang ia lakukan menjadi bentuk kurangnya ketahanan cyber security pemerintah Indonesia sehingga mudah untuk dibobol. Kasus ini pun bergulir dalam jangka waktu cukup lama. Lucunya, cukup banyak masyarakat Indonesia yang malah mendukung aksi Bjorka, padahal sudah jelas apa yang ia lakukan salah besar.

2. Elon Musk vs Everybody

Kiprah Elon Musk tidak cuma sekadar Tesla saja. Ketika secara kontroversial ia membeli Twitter, aksi dan komentar yang ia keluarkan membuatnya memiliki banyak musuh. Gaya kepemimpinan diktatorial yang ia bawa ke dalam Twitter, khususnya kepada para user juga banyak dikritik, bahkan hingga saat ini.

3. Citayam Fashion Week

Citayam Fashion Week menjadi bentuk ekspresi masyarakat yang dianggap terpinggirkan, khususnya ketika dibandingkan dengan gaya hidup masyarakat ibu kota. Mereka berhasil menguasai satu titik di wilayah Dukuh Atas, Sudirman dengan selalu hadir di sana setiap hari sambil memperlihatkan gaya fashion layaknya Harajuku di Jepang. Sayangnya, ketika semakin dipenuhi masyarakat yang penasaran, Citayam Fashion Week malah dibubarkan.

4. Alif Cepmek Bertanya

Alif Cepmek menjadi fenomena ketika ia tampil di TikTok dengan tampilan seperti tokoh Dilan dari film Dilan serta jargon "Kamu nanyea?" Jargon itu pun langsung menyebar ke berbagai lapisan masyarakat tanpa mengenal strata ekonomi. Bahkan namanya sendiri masuk ke dalam salah satu keyword yang paling banyak dicari di Google pada tahun 2022.

5. Live Bunda Corla

Sesosok wanita yang dikenal dengan panggilan Bunda Corla menjadi viral dengan aksinya di depan kamera setiap melakukan sesi live di Instagram. Gerak-geriknya serta berbagai ucapan lucu yang keluar dari mulutnya membuat live Bunda Corla menjadi yang paling banyak ditonton pada tahun ini. Mungkin kamu sendiri salah satu penonton Bunda Corla.

6. Farel Prayoga Goyang Istana

Farel Prayoga yang dipilih sebagai penyanyi di Upacara 17 Agustus di Istana Negara dengan menyanyikan lagu "Ojo Dibandingke" langsung melesat tinggi. Kehebatannya dengan tampil di depan para petinggi negara, termasuk Presiden Jokowi tanpa cela sedikit pun berhasil menghadirkan senyum lebar bagi siapapun yang menonton penampilannya tersebut, bahkan hingga detik ini.

7. Selfie Ghozali

NFT yang menggabungkan cryptocurrency dengan seni sebagai satu investasi masa depan menghadirkan sosok viral bernama Ghozali. Selfie yang Ghozali ambil setiap harinya sukses dia jual sebagai NFT dengan harga yang terus meningkat. Kehadirannya pun membuat gempar, bahkan sampai banyak orang yang mulai mencontoh kiprah Ghozali walaupun tidak mungkin sesukses dirinya.

8. Tragedi Kanjuruhan

Duka mendalam menimpa sepak bola Indonesia saat Tragedi Kanjuruhan terjadi pasca pertandingan Arema vs Persebaya. Masalah yang bertubi-tubi hadir setelah pertandingan usai menyebabkan 135 orang meninggal dunia dan ratusan lainnya luka-luka. Keadilan yang sampai menuju akhir tahun 2022 juga tidak ada titik terang menjadi tinta hitam bagaimana penyelesaian hukum yang adil masih menjadi masalah di tanah air.

9. Tembakan Sambo

Institusi kepolisian Indonesia diguncang kasus Sambo yang diduga menembak ajudannya sendiri hingga meregang nyawa. Kasus ini membuat seluruh mata memperhatikan bergulirnya sidang Sambo dan beberapa nama lainnya hingga saat ini. Peliknya intrik di dalam kasus Sambo juga sampai membuat Presiden Jokowi mengakui bahwa tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pihak kepolisian malah semakin menurun.

10. Kepergian Sang Ratu

Queen Elizabeth meninggal dunia pada umur 96 tahun setelah memimpin Kerajaan Inggris selama 70 tahun. Kepergiannya tentu saja menjadi perbincangan di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Uniknya, ada yang merasa sedih atas kabar ini, tetapi juga ada pihak-pihak yang membicarakan kematiannya dengan nada gembira.

Jadi itulah seluruh momen viral di internet versi CXO Media. Nantikan kelanjutan 2022 CXO Picks setiap harinya hanya untuk kamu.

[Gambas:Audio CXO]

(tim/alm)

Author

Timotius P

NEW RELEASE
CXO SPECIALS