Insight | General Knowledge

Kereta Panoramic Pertama di Indonesia Resmi Dibuka

Senin, 26 Dec 2022 19:00 WIB
Kereta Panoramic Pertama di Indonesia Resmi Dibuka
Jakarta -

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Yogyakarta menyediakan Kereta Panoramic yang resmi beroperasi selama periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Kereta Panoramic ini sendiri merupakan kereta dengan spesifikasi khusus ditujukkan bagi para penumpang untuk dapat menikmati pemandangan di sepanjang perjalanan. Ini menjadi Kereta Panoramic pertama di Indonesia.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, "Kereta Panoramic adalah kereta dengan spesifikasi khusus untuk menikmati panorama yang pertama kalinya ada di Indonesia. Kereta ini memberikan sensasi luar biasa bagi pelanggan dalam menikmati pemandangan di sepanjang perjalanan."

Saat ini, Kereta Panoramic hanya dirangkaikan pada perjalanan Kereta Api Taksaka, yakni kereta kelas eksekutif milik Daerah Operasi 6 Yogyakarta yang melayani perjalanan antar kota Jakarta-Yogyakarta. Sebagai bagian dari KA Taksaka tambahan, hanya tersedia satu Kereta Panoramic dengan kapasitas 46 tempat duduk yang beroperasi mulai 24 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023.

Kereta Panoramic merupakan salah satu bentuk inovasi KAI dalam menyuguhkan layanan perjalanan yang nyaman dan berkesan bagi para pelanggan. Kereta ini memiliki spesifikasi khusus yang menjadikannya berbeda dengan kereta KAI lain, yaitu jendela dengan dimensi sangat besar pada kedua sisinya. Bagian atap kereta juga dilengkapi kaca yang memanjang dari depan hingga belakang yang dapat dibuka tutup secara otomatis. Keunggulan utamanya adalah untuk memanjakan mata penumpang dengan pemandangan selama di perjalanan dengan fasilitas kaca jendela yang lebar dan besar.

Fasilitas lain yang dapat dinikmati penumpang Kereta Panoramic meliputi kursi super nyaman yang dapat diputar menghadap jendela, tirai jendela yang dapat dikendalikan dengan remote, toilet yang luas dengan sensor otomatis, televisi di dinding ujung kereta, serta rak bagasi khusus yang tersedia di bagian ujung kereta. Tak hanya sampai di situ saja, penumpang Kereta Panoramic juga dapat menikmati layanan khusus berupa free flow snack dan minuman, satu kali menu makan berat, dan selimut secara cuma-cuma.

Dengan total 2 unit Kereta Panoramic suguhan KAI, berikut jadwal keberangkatannya.
KA 7011C
Keberangkatan: Yogyakarta jam 21.40 WIB
Kedatangan: Gambir jam 05.33 WIB
KA 7012C
Keberangkatan: Gambir jam 10.40 WIB
Kedatangan: Yogyakarta jam 18.39 WIB
KA 7025B
Keberangkatan: Yogyakarta jam 12.00 WIB
Kedatangan: Gambir jam 19.30 WIB
KA 7026B
Keberangkatan: Gambir jam 23.45 WIB
Kedatangan: Yogyakarta jam 07.50 WIB

Adapun harga tiket KA Taksaka Tambahan Panoramic dibanderol mulai dari Rp750.000 pada periode promo. Namun, saat ini harga tiket yang dijual telah berada di angka Rp1 juta per kepala. Minat masyarakat Indonesia untuk mencoba Kereta Panoramic ini pun cukup tinggi dengan tiket untuk keberangkatan pukul 12.00 WIB pada Minggu (25/12) lalu terjual 188 tempat duduk dari total 690 tempat duduk selama masa angkutan Nataru.

Punya rencana libur Nataru dengan destinasi Jakarta-Yogyakarta atau sebaliknya? Bisa sekalian menikmati perjalanan dengan Kereta Panoramic! Kalau kamu tertarik untuk mencoba pengalaman ini, pemesanan tiket bisa dilakukan di aplikasi KAI Access, website KAI, dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya. Semoga ke depannya akan ada tambahan jumlah Kereta Panoramic lain dalam rangkaian kereta KAI dengan rute yang lebih banyak, ya!

[Gambas:Audio CXO]

(HAI/alm)

Author

Hani Indita

NEW RELEASE
CXO SPECIALS