Insight | General Knowledge

Informasi Terbaru Terkait Switch Over di Stasiun Manggarai

Senin, 18 Dec 2023 18:00 WIB
Informasi Terbaru Terkait Switch Over di Stasiun Manggarai
Jakarta -

Stasiun Manggarai secara resmi kembali melakukan Switch Over (SO) yang ke-7 sebagai bagian dari upaya untuk mengembangkan stasiun sentral. Pelaksanaan Switch Over ini merupakan sebuah penyesuaian kembali jalur KRL yang terdapat di Stasiun Manggarai, terutama bagi jalur KRL Commuter Line Cikarang.

Menurut Risal Wasal selaku Direktur Jenderal Perkeretaapian, pelaksanaan Switch Over yang ke-7 ini dilakukan secara dua tahap. Untuk tahap pertama, Switch Over dilakukan pada hari Sabtu, 12 Desember 2023. Sedangkan tahap yang kedua dilakukan pada minggu selanjutnya di tanggal 16 Desember 2023.

Tahap kedua untuk Switch Over yang ke-7 ini dilakukan dengan pengaktifan jalur 1 dan 2 baru beserta peronnya. Dengan adanya aktivasi jalur baru tersebut, penomoran jalur di Stasiun Manggarai mengalami perubahan yang berlaku secara efektif pada tanggal 17 Desember 2023. Pada pengembangannya, jalur 1 hingga jalur 8 di lantai dasar akan diperuntukkan bagi perjalanan KRL Cikarang, KRL Bandara Soekarno-Hatta, dan KA jarak jauh. Sedangkan, KRL Bogor tidak mengalami perubahan dan masih menggunakan peron yang sama.

Perubahan ini apabila dijelaskan secara terperinci meliputi:

  • Pengguna KRL Commuter Line Cikarang untuk tujuan Tanah Abang/Kampung Bandan yang semula dilayani pada peron antara jalur 6 dan 7 akan dialihkan menjadi pada peron diantara jalur 1 dan 2.
  • Pengguna Commuter Line Cikarang untuk tujuan Bekasi/Cikarang yang semula dilayani pada peron jalur 8 akan dialihkan menjadi pada peron antara jalur 3 dan 4.
  • Pengguna Commuter Line Feeder untuk tujuan Tanah Abang/Kampung Bandan yang semula dilayani pada peron jalur 6 dan 7, akan dialihkan menjadi pada peron antara jalur 1 dan 4.
  • Pengguna Kereta Bandara Soekarno-Hatta yang semula dilayani pada jalur 9 akan dialihkan menjadi jalur 7 dan 8.

Tidak hanya itu saja, perubahan-perubahan ini juga meliputi pengoperasian bangunan baru dan gedung wing kiri pada sisi timur stasiun. Pengoperasian bangunan baru ini dapat membantu pengguna yang menggunakan akses pintu keluar masuk sisi timur untuk menggunakan bangunan tersebut. Akses keluar masuk pengguna ini juga sudah tersambung dengan koridor menuju layanan transportasi umum lainnya.

(cxo/alm)

NEW RELEASE
CXO SPECIALS