Insight | General Knowledge

Review Spotify vs Apple Music: Lebih Bagus yang Mana?

Jumat, 16 Dec 2022 15:30 WIB
Review Spotify vs Apple Music: Lebih Bagus yang Mana?
Jakarta -

Akhir tahun 2022 menjadi waktu tepat bagi para platform streaming musik untuk memberikan recap atas statistik para pendengarnya selama satu tahun ini. Momen ini langsung menarik perhatian banyak orang untuk mengenal selera musik satu sama lain secara lebih dalam. Termasuk apa yang dilakukan tim editorial CXO Media dalam memahami hasil recap Spotify masing-masing. Namun saat ini kami tidak akan membahas hal itu, karena banyak juga orang yang membagikan recap mereka melalui Apple Music. Sekarang, pertanyaannya adalah lebih bagus mana, Spotify atau Apple Music? Saya membedahnya secara mendalam di bawah ini.

Spotify vs Apple Music: Desain

Mari berbicara terlebih dahulu soal desain. Spotify hadir dengan update desain interface yang cukup sering dilakukan. Mereka selalu berusaha memberikan pengalaman baru kepada para pengguna sehingga tidak merasa bosan. Harus diakui kalau Spotify berhasil memberikan desain yang lumayan mudah digunakan. Semuanya terasa tepat.

Namun untuk Apple Music, juga tidak kalah bagus. Kesan mahal yang memang menjadi ciri khas produk Apple berhasil ditunjukkan di sini. Tapi pujian ini hanya untuk versi mobile Apple Music saja. Kalau bicara soal versi desktop, Apple Music malah terkesan kuno jika dibandingkan Spotify.

*Pemenang: Spotify

Spotify vs Apple Music: Responsibilitas

Pernah kesal karena aplikasi berjalan lama saat disuruh searching? Jangan cuma menyalahkan koneksi internet saja. Sebenarnya, responsibilitas terkait berbagai action di dalam aplikasi juga tergantung dari bagaimana app developer tersebut membuatnya. Responsibilitas Spotify harus diakui jauh lebih cepat dibandingkan Apple Music. Semuanya terasa smooth dan tidak membuat kita harus menunggu lama.

Sayangnya, penilaian perihal responsibilitas benar-benar membuat Apple Music kalah total. Aplikasi Apple Music, mau versi mobile atau desktop sama-sama lemot. Terkadang malah membuat saya langsung pindah ke Spotify biar lebih cepat.

*Pemenang: Spotify

.Ilustrasi spotify/ Foto: Pexels

Spotify vs Apple Music: Kelengkapan Lagu

Untuk kategori ini, sebenarnya kedua platform streaming musik ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Saya menjadi saksi bagaimana ada satu band indie yang lagunya lengkap di Spotify, tapi malah tidak lengkap di Apple Music. Begitu juga sebaliknya. Jadi, jika disuruh memilih lebih baik yang mana, maka saya akan memilih seri saja.

*Pemenang: Seri

Spotify vs Apple Music: Lirik Lagu

Saya sangat berterima kasih kepada kehadiran platform streaming musik karena akhirnya bisa menyanyikan lagu sambil membaca lirik dengan sangat mudah. Spotify yang hadir dengan ukuran font lirik lebih kecil membuat semuanya terasa lebih mudah. Sedangkan tampilan lirik Apple Music lebih besar tapi dari segi desain jauh lebih berkelas dibandingkan Spotify. Sayangnya, banyak lirik Apple Music yang tidak bisa dimainkan untuk mempercepat lagu ke lirik yang kita inginkan. Kondisi ini juga membuat lirik tersebut tidak bisa di-share ke media sosial, seperti hobi saya selama ini. Jadinya, Spotify harus kembali memenangkan kategori ini.

*Pemenang: Spotify

.Ilustrasi Apple Music/ Foto: Pexels

Spotify vs Apple Music: Kualitas Audio

Pada akhirnya, apapun fitur yang diberikan oleh keduanya, kita akan kembali kepada kualitas audio yang disajikan. Khusus untuk kualitas audio, Apple Music jauh lebih unggul dari Spotify. Kita diberikan kesempatan untuk memilih kualitas yang diberikan kalau menggunakan Spotify, dari versi 24kbps hingga high-fidelity audio yang sudah pasti akan memakan data internet lebih besar.

Namun apa yang diberikan Apple Music jauh di atas Spotify. Apple Music memberikan batas minimal kualitas audio di angka 256kbps dan bisa melambung tinggi hingga mencapai versi audio Lossless dan Hi-Res Lossless hingga up to 24-bit/192kHz alias sama dengan lebih dari 9.000kbps. Teknologi inilah yang membuat kualitas audio Apple Music jauh lebih jernih, detail, dan keras sehingga sukses memberikan experience yang sempurna di kuping para penggunanya.

*Pemenang: Apple Music

Spotify vs Apple Music: Harga Berlangganan

Perang harga sudah pasti terjadi di antara keduanya. Mereka saling berlomba untuk menarik pelanggan dari kompetitor dengan berbagai subscription plan berbeda-beda. Tapi mari fokus kepada harga berlangganan per bulannya. Ternyata, keduanya memiliki harga yang hampir sama. Apple Music dengan Rp55.000/bulan, dan Spotify dengan Rp54.990/bulan. Hanya berbeda 10 perak saja. Perbandingan harga yang sangat tipis membuat kategori ini memberikan hasil seri.

*Pemenang: Seri

Spotify vs Apple Music: Hasil Akhir

Dari rangkuman kategori yang diberikan di atas, maka sudah bisa dipastikan bahwa Spotify keluar sebagai juara review platform streaming musik ini. Apple Music memang hanya unggul dari sisi kualitas audio saja. Namun dari kualitas audio saja, sebenarnya sudah cukup mampu membuat orang berpaling ke Apple Music.

Apapun pilihan platform yang kamu gunakan, sebaiknya pilih yang terbaik sesuai dengan budget kamu sendiri. Jadi, kira-kira apakah kamu tetap setia dengan pilihan sekarang, atau mau pindah ke platform streaming musik kompetitor untuk mencari perbandingan secara langsung?

[Gambas:Audio CXO]

(tim/DIR)

Author

Timotius P

NEW RELEASE
CXO SPECIALS