Insight | General Knowledge

Update FIBA WC 2023: Timnas Kanada Akan Berlaga di Indonesia

Selasa, 13 Dec 2022 19:30 WIB
Update FIBA WC 2023: Timnas Kanada Akan Berlaga di Indonesia
Jakarta -

Tiga tuan rumah bersama FIBA Basketball World Cup 2023, Filipina, Jepang, dan Indonesia, telah menunjuk Tim Nasional peserta pilihan untuk memainkan laga Fase Grup di negara masing-masing.


Sebagaimana kabar yang dikonfirmasi FIBA's Central Board, Filipina memilih Amerika Serikat untuk tampil di negaranya; Slovenia akan bertandang ke Jepang; sementara Indonesia, memilih Kanada sebagai negara pertama yang akan memainkan laga Fase Grup di Jakarta.


Nantinya, Kanada akan bermain di Indonesia bersama dua dari 8 Tim peringkat teratas FIBA—seperti Australia, Prancis, atau Nigeria—pada dua grup kualifikasi, yang sama-sama akan dipertandingkan di stadion basket anyar, Indonesia Arena.

[Gambas:Instagram]

Kanada sendiri yang diperkuat bintang-bintang NBA seperti Jamal Murray (Denver Nuggets) hingga Andrew Wiggins (GSW) telah dipastikan lolos ke Piala Dunia, usai tim asuhan Nate Bjorkgren tersebut memenangkan 10 laga kualifikasi tanpa terkalahkan.


Di sisi lain, Slovenia yang akan bertandang ke Jepang juga telah dipastikan lolos ke Piala Dunia FIBA. Sedangkan, nasib Amerika Serikat yang dipilih Filipina, walaupun belum resmi lolos, hampir bisa dipastikan menyusul terbang ke putaran final FIBA World Cup 2023.


Secara menyeluruh, pemilihan tim papan atas untuk tampil di kandang masing-masing tuan rumah barusan merupakan hak prerogatif yang dimiliki para host, baik untuk kepentingan komersial atau lain sebagainya. Hal ini pun telah menjadi ketentuan resmi dari FIBA, karena aturan tersebut tidak memiliki dampak signifikan pada integritas dan keberlangsungan turnamen.


Menyusul update peserta yang telah dipilih para host, Pengundian FIBA Basketball World Cup 2023 selengkapnya baru akan diadakan pada tanggal 29 April 2023 di Manila, Filipina, sambil menunggu hasil terakhir dari laga pamungkas qualifying round, bulan Februari tahun depan.


FIBA World Cup 2023 merupakan gelaran pesta bola basket dunia kedua yang mengikutsertakan 32 negara. Pada penyelenggaraannya, Filipina akan menampung empat grup kualifikasi, sementara Jepang dan Indonesia menghelat masing-masing dua grup. Sejauh informasi berkembang, FIBA World Cup 2023 akan tip-off pada tanggal 25 Agustus 2023 mendatang.

[Gambas:Audio CXO]

(RIA/DIR)

NEW RELEASE
CXO SPECIALS