Insight | General Knowledge

5 Fakta Menarik Spanyol, Sang Juara FIBA EuroBasket 2022

Selasa, 20 Sep 2022 19:00 WIB
5 Fakta Menarik Spanyol, Sang Juara FIBA EuroBasket 2022
Foto: FIBA EuroBasket
Jakarta -

Tim Bola Basket Spanyol sukses menjadi kampiun pada ajang FIBA EuroBasket 2022, usai menaklukkan Prancis 88-76 di laga pamungkas yang berlangsung di Berlin, Jerman, Senin (19/9) kemarin. Sementara tim tuan rumah Jerman, yang sebelumnya takluk dari Spanyol pada babak semifinal, berhasil keluar sebagai peringkat ketiga setelah mengungguli Polandia 82-69.

[Gambas:Instagram]

Kemenangan Los Matador atas Les Bleus di final FIBA EuroBasket 2022 juga kian terasa spesial, karena anak asuh Sergio Scariolo tersebut turut menorehkan sejumlah pencapaian gemilang pada turnamen FIBA EuroBasket kali ini.

Squad Muda yang Menjanjikan

8 dari 12 nama di roster EuroBasket 2022 milik Spanyol adalah pemain debutan. Praktis, hampir seluruh pemain Spanyol di turnamen ini berusia di bawah 30 tahun, dan hanya menyisakan sang kapten Rudy Fernandez serta pemain senior Lorenzo Brown, yang telah menginjak kepala tiga, yakni berusia 37 dan 32 tahun. Kendati demikian, skuat ini justru tampil solid dan sukses mencetak sejarah emas.

[Gambas:Instagram]

Dominasi Spanyol

Gelar juara Spanyol di EuroBasket 2022 adalah pencapaian mereka yang ke-4 kalinya, dalam 6 turnamen terakhir. Hasil ini pun menjadi sebuah statement penting kepada ranah basket di benua Eropa juga dunia, bahwa determinasi Los Matador di bawah arahan Sergio Scariolo masih berlanjut meskipun telah berbeda generasi.

[Gambas:Instagram]

Pertahankan Sejarah Panjang

Selain menjadi gelar ke-4 pada 6 keikutsertaan terakhir, skuat Spanyol tahun ini juga melanjutkan tradisi gemilang Bola Basket Spanyol di Eropa. Yakni, berhasil finis di 3 besar turnamen antarnegara eropa untuk ke-14 kalinya dalam sejarah. Prestasi Los Matador sendiri dimulai pada FIBA EuroBasket 1953, dengan menjadi runner-up.

Tuah Hernangomez Bersaudara

Ada dua nama penting di balik gelar jawara eropa yang diklaim Spanyol tahun ini. Yaitu, Hernangomez bersaudara: Willy dan Juancho. Willy Hernangomez sendiri bermain sebagai center andalan Spanyol dan dinobatkan sebagai MVP of the tournament. Di sisi lain, sang adik, Juancho Hernangomez, forward asal tim Toronto Raptors di NBA, menyudahi gelaran FIBA EuroBasket sebagai bintang di partai final, melalui sumbangan 27 poin, 5 rebound, dan 2 steal. Uniknya lagi, Juancho baru saja ambil bagian dalam film dokumenter basket berjudul Hustle di Netflix, dan memerankan sosok talenta basket berbakat dari tanah Spanyol.

[Gambas:Instagram]

Kawinkan Trofi Basket Dunia dan Eropa

Keberhasilan Spanyol di pentas Eropa tahun ini, disebut mengulang kesuksesan mereka pada FIBA World Cup 2019 silam, di mana mereka tampil tak terbendung dan keluar sebagai juara. Pencapaian ini sendiri menjadi tinta manis bagi dunia Basket di Spanyol, yang mana turut menyamai pencapaian Tim Sepak Bola mereka pada 2010 & 2012 silam, yang lebih dulu mengawinkan gelar juara dunia dan Eropa.

[Gambas:Instagram]

[Gambas:Audio CXO]

(RIA/DIR)