Insight | General Knowledge

Rekomendasi Top Box TV Digital

Minggu, 06 Nov 2022 14:30 WIB
Rekomendasi Top Box TV Digital
Jakarta -

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (KOMINFO) secara resmi sudah menghentikan TV siaran analog pada tanggal 2 November 2022 pukul 24.00 WIB di seluruh wilayah Jabodetabek. Setelah sekitar 60 tahun lamanya siaran analog mengudara di Indonesia, Kominfo menerapkan migrasi TV analog ke TV digital atau yang dikenal juga dengan istilah Analog Switch Off (ASO). Dengan mulai beralihnya televisi Indonesia ke TV digital, masyarakat pun bisa mendapatkan kualitas menonton TV yang lebih baik tanpa adanya gambar berbayang ataupun noise.

Namun, bagaimana nasib orang-orang yang kini masih menggunakan TV analog konvensional yang tidak dapat menayangkan TV digital? Jangan khawatir, kamu tetap dapat menggunakan set top box tv digital yang dapat menangkap siaran TV terestrial digital ke perangkat TV analog. Bingung top box seperti apa yang harus kamu beli untuk beralih dari TV analog ke TV digital? Berikut ini adalah beberapa rekomendasi top box tv digital yang kami kurasi spesial untuk kamu.

.Advance STB Set/ Foto: Tokopedia

Advance STB Set Top Box TV Digital Receiver (Rp 175.000 - Rp 229.000)

Produk set top box tv digital yang satu ini memiliki resolusi yang cukup tinggi yaitu 1920x1080. Dengan resolusi ini menonton TV akan menjadi lebih nyaman, ditambah lagi dengan fitur Wifi yang bisa menghubungkan memberikan akses untuk internet sehingga penggunanya pun dapat menyaksikan Youtube dari televisi. Dengan harga yang murah, pengguna bisa mendapatkan fitur yang basic untuk sekedar menonton TV digital dan menyaksikan Youtube melalui segala jenis TV, baik itu TV jadul maupun TV terkini.

.H96 MAX TV Box 4K Android/ Foto: Tokopedia

H96 MAX TV Box 4K Android (Rp 325.000 - Rp 510.000)

Beranjak ke rentang harga yang lebih mahal sedikit, top box dari MAX ini dapat mengubah televisi analog pengguna menjadi smart TV. Selain dapat mengakses saluran TV digital, TV box yang satu ini juga dapat memberikan beragam hiburan seperti YouTube, streaming film dengan kualitas HD/4K, browsing internet dan yang lain sebagainya. Penggunaannya pun cukup mudah, pengguna hanya perlu mencolokkan perangkat dengan TV yang dimiliki.

.Xiaomi Mi TV Stick Android Smart TV Dongle Chromecast/ Foto: Tokopedia

Xiaomi Mi TV Stick Android Smart TV Dongle Chromecast (Rp 479.000)

Perangkat yang satu ini cocok disebut sebagai kecil-kecil cabe rawit. Dengan ukuran yang sangat mini bahkan hanya berbentuk layaknya flashdisk yang berbobot 30 gram, Xiaomi Mi TV Stick ini dapat memberikan layanan televisi yang sangat maksimal. Tidak hanya TV digital, namun berbagai platform untuk streaming video dan film pun juga dapat diakses oleh pengguna. Disertai dengan remot mini, bersantai di rumah dengan perangkat dari Xiaomi akan lebih menyenangkan.

.Mi S TV Box S 4K HDR Android TV Google Assistant/ Foto: Tokopedia

Mi S TV Box S 4K HDR Android TV Google Assistant (Rp 999.000)

Produk TV box lainnya dari Xiaomi yang satu ini juga sangat direkomendasikan untuk kamu yang ingin memiliki pengalaman menonton TV dan bersantai di rumah lebih maksimal. Dengan kemampuannya untuk menayangkan tayangan dengan resolusi 4K, pengguna tidak perlu lagi khawatir dengan tampilan yang buram, berbayang ataupun memunculkan noise. Tidak hanya itu, TV box yang satu ini juga sudah pasti disertai dengan layanan streaming video dan film seperti Netflix, Prime Video dan lain-lain. Pada remote control-nya pun, terdapat tombol shortcut untuk pengguna gunakan ketika ingin langsung mengakses Netflix. Meskipun harga yang ditawarkan cukup tinggi, menggunakan tv box yang satu ini sudah pasti tidak akan merugikan.

Itu dia beberapa rekomendasi set top box yang dapat dijadikan alternatif semenjak TV analog sudah ditiadakan. Kini, tidak perlu lagi bingung dan takut tidak bisa menyaksikan tayangan favorit kamu di televisi karena dengan perangkat-perangkat ini, tidak hanya tayangan favorit saja yang bisa dinikmati namun beragam layanan streaming pun juga bisa dengan lancar diakses.

[Gambas:Audio CXO]

(DIR/alm)

NEW RELEASE
CXO SPECIALS