Insight | General Knowledge

Fajar/Rian Tumbangkan The Minions di Final Denmark Open 2022 yang Sensasional

Senin, 24 Oct 2022 16:00 WIB
Fajar/Rian Tumbangkan The Minions di Final Denmark Open 2022 yang Sensasional
Jakarta -

All Indonesian Final terjadi di nomor ganda putra turnamen bulutangkis Denmark Open 2022. Kali ini, pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (6) keluar sebagai juara, usai menumbangkan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (3) melalui straight set.

Pada laga ketat yang berlangsung di Jyske Bank Arena, Odense, Minggu (23/10) malam, 'FajRi' sukses mengatasi drama kejar   mengejar angka dari 'The Minions' dengan baik. Di sesi pembuka misalnya, meski sempat tertinggal 11-17, FajRi justru melakukan epic comeback di penghujung gim, yakni saat mencapai skor 19-19, dan taktis menutup set dengan perolehan 21-19.

Sementara di set kedua, FajRi yang 'telat panas'   pada awal hingga menuju akhir gim   kembali mampu menyusul perolehan The Minion di poin krusial 20-20. Menariknya, laga pamungkas ini berlanjut dengan situasi setting yang berulang hingga 6 kali, sebelum FajRi memastikan kemenangan di perolehan 28-26.

Sejarah Baru Fajar/Rian

Pencapaian FajRi di Denmark Open 2022 terasa spesial bagi pasangan yang telah bersama sejak tahun 2014 tersebut. Sebab menurut catatan, ini adalah kali pertama mereka berdiri di podium tertinggi turnamen Super 750 BWF.

Tak hanya itu, kemenangan FajRi di Denmark juga menjadi bukti konsistensi mereka sepanjang tahun 2022, yang sejauh ini telah mengalungi 4 emas dari total 8 final yang telah dicapai. Sebelumnya, mereka berhasil memenangkan emas di Swiss Open, Indonesia Master dan Malaysia Master.

Di sisi lain, kemenangan All Indonesian Final di Denmark kemarin merupakan kali kedua yang dituliskan Fajar/Rian, usai terlebih dulu menumbangkan Hendra/Ahsan alias 'The Daddies', pada laga pamungkas Malaysia Master bulan Juli yang lalu.

Titik Balik The Minions?

Pasangan ganda putra Kevin/Marcus akhirnya kembali merasakan intensnya babak final. The Minions sendiri mampu melaju ke babak final Denmark Open 2022, setelah menuntaskan perlawanan Juara Dunia asal Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik di semifinal.

Meski akhirnya harus puas berdiri di podium kedua dan gagal menyudahi paceklik gelar (trofi terakhir The Minions diperoleh pada ajang Indonesia Masters 2021), setidaknya keikutsertaan mereka di Denmark Open dapat dilihat bak sebuah statement, bahwa The Minions belum habis.

Karena jika sedikit menengok ke belakang, salah satu ganda putra terbaik yang pernah dimiliki Indonesia ini memang tampak kesulitan sepanjang tahun. Terutama, dengan adanya badai cedera, serta rumor-rumor yang mengganggu keharmonisan pemilik rekor Ganda Putra Nomor 1 Dunia terlama sepanjang sejarah tersebut.

Sedikit Kontroversi

Partai All Indonesian Final di Denmark Open 2022 menjadi satu-satunya nomor yang mampu mengibarkan sang Merah-Putih. Sebab pada nomor-nomor lainnya, tidak ada satu pun wakil asal Indonesia yang berhasil mencapai partai final.

Meski demikian, keberhasilan Fajar/Rian dan Kevin/Marcus di Denmark justru sedikit tercoreng, ketika keduanya hendak naik ke atas podium untuk menerima medali. Perkara utamanya adalah kesalahan fatal dari announcer, yang malah menyebut Kevin/Marcus dan Fajar/Rian berasal dari Malaysia.

Walaupun hal ini tidak menggagalkan pencapaian mereka, human error yang termasuk krusial tersebut cukup mengganggu prosesi perayaan FajRi dan The Minion, yang sontak menunjukkan gestur sedikit heran.

Pendukung Indonesia yang berada di Odense langsung merespons kesalahan tersebut dengan meneriakkan IN-DO-NE-SIA berulang-ulang, sebelum akhirnya Indonesia Raya diperdengarkan secara khidmat. Dalam waktu singkat, kejadian yang kontroversial ini segera direspon Federasi Bulutangkis Denmark melalui sebuah klarifikasi dan permintaan maaf.

[Gambas:Audio CXO]

(tim)

NEW RELEASE
CXO SPECIALS