Insight | General Knowledge

Wisata Inovatif dan Eksklusif Bersama Singapore Tourism Board, Traveloka, dan Trans Digital Media

Jumat, 27 May 2022 17:26 WIB
Wisata Inovatif dan Eksklusif Bersama Singapore Tourism Board, Traveloka, dan Trans Digital Media
Jakarta -

Demi memulihkan sektor pariwisata pasca COVID-19, salah satu destinasi wisata favorit di Asia Tenggara, Singapura kembali bersiap menyambut wisatawan Indonesia dengan kampanye pemulihan pariwisata bertajuk "SingapoReimagine", yang bertujuan untuk menghidupkan kembali impian para pengunjung melalui pengalaman terbaru dan inovatif. Langkah ini juga diwujudkan melalui perjanjian kerja sama antara Singapore Tourism Board (STB), dengan aplikasi gaya hidup, Traveloka dan grup media besar asal Indonesia, Trans Media Digital melalui penandatanganan dua Memoranda of Cooperate (MoC), yang menandai dimulainya peluncuran kampanye taktikal bersama dalam jangan satu tahun ke depan.

Kesepakatan antara STB, Traveloka dan Trans Media Digital sendiri merupakan kemitraan pariwisata pertama antara Singapura dengan Indonesia semenjak era pandemi, berbarengan dengan kembali dibukanya akses pariwisata di Singapura bagi pengunjung yang telah divaksinasi penuh tanpa persyaratan karantina dan tes COVID-19, di bawah skema Vaccinated Travel Framework (VTF).

Kerja sama pariwisata antara Singapura dengan Indonesia sendiri dijalin demi mendukung peningkatan kunjungan turis asal Indonesia ke Singapura, yang belakangan tercatat mengalami kenaikan. Melalui siaran pers resmi STB, kunjungan wisatawan kuartal I/2022 di Singapura mengalami kenaikan 252% tahun ke tahun. Puncaknya terjadi pada April 2022 lalu, dengan total pengunjung sekitar 294.300, yang didominasi oleh pengunjung asal Indonesia sebanyak 58.270.

John Conceicao, Executive Director Southeast Asia, Singapore Tourism Board mengatakan, "Dengan rebound kuat di pasar Indonesia dalam beberapa bulan terakhir sejak diberlakukan perjalanan bebas karantina dan tes bagi wisatawan yang telah mendapatkan vaksinasi secara lengkap," pada rilisan Pers resmi yang diterbitkan STB. Kemudian, Conceicao juga mengungkap bahwa upaya kuat dari Singapura melalui kampanye SingapoReimagine, dibuat untuk mempertahankan Singapura sebagai destinasi utama bagi masyarakat Indonesia.

Sementara itu, melalui kemitraan dengan Traveloka dan Trans Digital Media, pihak STB juga berharap dapat menarik wisatawan Indonesia di masa mendatang, terutama dengan tersedianya banyak penawaran menarik seperti paket spesial penerbangan, akomodasi, dan pake gaya hidup lainnya. STB juga menggandeng 3 selebriti top Tanah Air, yaitu Sarah Sechan, Marissa Nasution dan Denada Tambunan untuk menampilkan beragam sisi kota Singapura dimulai dari atraksi terbaru yang menarik, konsep kuliner terkini hingga retret kesehatan dan pengalaman berkelanjutan pada 3 episode video SingapoReimagine.

.Raffles Sentosa Resort / Foto: Singapore Tourism Board


Kemitraan dengan Traveloka, super-app perjalanan dan gaya hidup di Asia Tenggara, juga diharapkan dapat mendorong minat masyarakat untuk beragam liburan ke Singapura, khususnya bagi lima pasar di kawasan Asia Tenggara. Hal ini lantas disambut baik oleh Shirley Lesmana, Chief Marketing Officer dari Traveloka. "Kami sangat senang mendapatkan kesempatan untuk bermitra dengan STB dalam menawarkan berbagai pengalaman terbaru Singapura melalui aplikasi kami yang komprehensif." Shirley juga melanjutkan, "Sebelum pandemi, Singapura secara konsisten berada di antara 3 tujuan wisata teratas bagi orang Indonesia, dan kami berharap kemitraan ini dapat melanjutkan momentum dan membangkitkan semangat masyarakat Indonesia untuk berwisata ke Singapura."

.Farm Tour/ Foto: Singapore Tourism Board

Sedangkan pada kemitraan dengan Trans Digital Media, STB berharap dapat mendatangkan calon wisatawan potensial secara menyeluruh, melalui pendekatan konsumen yang kuat dalam ekosistem Trans Media Digital. Kemitraan dengan Trans Digital Media akan berfokus pada kolaborasi dengan AntaVaya   salah satu agen perjalanan terbesar di Indonesia, menciptakan produk-produk baru Singapura yang didukung oleh penawaran eksklusif Bank Mega dan dipromosikan di seluruh media dan outlet ritel Trans Digital Media secara nasional.

Abdul Aziz, President Director, Trans Digital Media mengatakan, "Kami sangat antusias atas kerja sama dengan STB untuk memperkuat daya tarik penawaran pariwisata Singapura ke pasar Indonesia. Melalui kerja sama ini, kami berharap dapat mendukung pemulihan pariwisata Singapura agar lebih kuat dari sebelumnya," pada siaran pers STB.

.Sky Helix Sentosa/ Foto: STB_Mount Fabe Leasure Group

Di sisi lain, Singapura telah menyiapkan banyak pengalaman terbaru dan inovatif di dalamnya. Seperti atraksi baru SkyHelix Sentosa, yang menawarkan wahana panorama udara terbuka dan tertinggi di Negeri Singa, juga museum manis yang menyenangkan, Museum of Ice Cream. Selain itu, Singapura juga menyodorkan inovasi terbaru pada destinasi wisata favorit yang lain. Misalnya area Marvel Universe di Madame Tussauds Singapore, Tropical Montane Orchidetum di National Orchid Garden dan Ice Hotel Gallery di Snow City, yang merupakan pengalaman hotel es pertama di Singapura.

Para calon pengunjung Singapura turut bisa menikmati rangkaian event besar yang akan dihelat di sana pada tengah hingga akhir tahun nanti. Seperti penyelenggaraan perdana Wellness Festival Singapore di Juni 2022, Singapore Food Festival pada kuartal III/2022, juga ajang balap paling bergengsi dunia, F1 Singapore Grand Prix 2022 pada akhir September mendatang. Lebih jauh lagi, wisatawan juga dapat menantikan atraksi terkini yang akan segera dibuka, seperti Slingshot, wahana ayunan ekstrem tertinggi di Asia, hingga fasilitas berseluncur, berselancar, bermain ski, dan papan luncur salju yang terintegritas di Trifecta pada tahun 2023.

Dalam merealisasi rencana besar ini, Singapura telah menerapkan langkah-langkah kuat untuk menjaga kesehatan dan keselamatan para pengunjung dan masyarakat setempat. Pada 24 Mei 2022, 93% dari total populasi Singapura telah menyelesaikan vaksinasi yang lengkap. Kemudian wisatawan turut bisa memperhatikan tanda kualitas 'SG Clean' yang menggambarkan tingkat higienis yang tinggi di tempat bisnis lokal. Informasi lebih lanjut terkait langkah yang ditingkatkan di Singapura dapat diakses melalui situs web Visit Singapore website.

[Gambas:Audio CXO]



(RIA/MEL)