Insight | General Knowledge

Car Free Day Kembali Diadakan Setelah 2 Tahun

Senin, 23 May 2022 18:00 WIB
Car Free Day Kembali Diadakan Setelah 2 Tahun
Jakarta -

Pada hari Minggu, 22 Mei lalu, berbagai jalanan di ibukota diisi oleh warga yang berolahraga di kegiatan Car Free Day atau CFD. Salah satunya, antusiasme warga terlihat di kawasan Bundaran HI. Ini adalah pertama kalinya Car Free Day kembali diadakan setelah absen selama dua tahun akibat pandemi.

Seperti dulu, sepanjang Jalan Sudirman hingga MH Thamrin pun bebas dari kendaraan bermotor. Selain bisa berolahraga, banyak juga warga yang datang bersama keluarganya untuk sekadar jalan-jalan sambil menikmati udara pagi Jakarta. Selama ini, CFD memang telah menjadi salah satu aktivitas akhir pekan yang diminati banyak orang, terutama bagi mereka yang tinggal di perkotaan.

Berhubung Presiden Joko Widodo juga telah mengumumkan penggunaan maker menjadi opsional di ruang terbuka, banyak warga berolahraga tanpa menggunakan masker. Meski begitu, ada juga yang tetap waspada dengan menggunakannya. Meski masyarakat kini diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker di ruang terbuka, tetapi mereka tetap diimbau untuk memakainya apabila kondisinya sedang ramai. Selain itu, pengunjung yang datang diwajibkan untuk memindai QR code menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

.Car Free Day Jakarta/ Foto: Detik.com

Pemerintah Provinsi DKI jakarta memang telah memberlakukan kembali CFD, dimulai dari akhir pekan kemarin. Selain kawasan Thamrin, ada 5 titik lainnya yang diperbolehkan untuk mengadakan CFD. Kelima kawasan tersebut adalah Jalan Sisingamangaraja di Jakarta Selatan, Jalan Tomang Raya di Jakarta Barat, Jalan Danau Sunter Selatan, Jalan Suryopranoto di Jakarta Pusat, dan Jalan Pemuda di Jakarta Timur.

CFD akan diberlakukan setiap akhir pekan, mulai pukul 06.00 - 10.00 WIB. Tapi, hanya masyarakat yang berolahraga yang diperbolehkan untuk masuk ke kawasan ini, sementara pedagang kaki lima akan dilarang masuk.

Sudah sewajarnya kembalinya CFD disambut secara antusias oleh warga Jakarta. Sebab, kini mereka bisa kembali berolahraga di ruang publik sembari menikmati suasana Jakarta. Kalau kamu ingin mengikuti CFD, jangan lupa untuk bersenang-senang dengan tetap berhati-hati ya!

[Gambas:Audio CXO]

(ANL/DIR)