Insight | General Knowledge

Rekomendasi Taman yang Bisa Kamu Kunjungi di Jakarta

Selasa, 10 May 2022 14:00 WIB
Rekomendasi Taman yang Bisa Kamu Kunjungi di Jakarta
Jakarta -

Siapa bilang kamu tidak bisa menikmati udara segar di Jakarta? Baru-baru ini, pemerintah provinsi DKI Jakarta baru saja meresmikan beberapa Ruang Terbuka Hijau baru yang bisa kamu nikmati bersama keluarga, pasangan, ataupun teman-teman. Taman-taman baru ini menambah deretan taman yang sudah ada sebelumnya di Jakarta. Dengan statusnya sebagai ruang publik, berbagai taman ini bisa dikunjungi secara gratis. Kalian bahkan bisa berpiknik ria di beberapa taman ini. Dengan kondisi pandemi yang semakin membaik, taman-taman ini sudah bisa kamu kunjungi.

Hutan Kota GBKHutan Kota GBK/ Foto: Joko SL/Shutterstock

Hutan Kota GBK
Hutan Kota yang terletak di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) ini adalah kawasan yang dibangun oleh jaringan hotel Plataran. Namun, ruang terbuka hijau di Hutan Kota ini dapat dinikmati oleh publik secara gratis. Hutan Kota ini dulunya merupakan lahan lapangan golf Driving Range, namun diubah menjadi Ruang Terbuka Hijau untuk menambah kawasan hijau di tengah kota Jakarta. Di sini, pengunjung bisa duduk santai menikmati suasana hijau sambil ditemani pemandangan gedung pencakar langit.

Taman SuropatiTaman Suropati/ Foto: Shutterstock

Taman Suropati
Taman yang terletak di kawasan Menteng, Jakarta Pusat ini adalah ruang publik yang juga berfungsi sebagai Ruang Terbuka Hijau. Dibangun di era Batavia, taman ini telah menjadi salah satu landmark ikonik dari Jakarta. Dikelilingi oleh pohon-pohon, kamu bisa duduk di sekitar area tersebut sambil menikmati udara segar dan menjajaki monumen ASEAN. Di malam hari, kawasan ini dipenuhi oleh beragam penjaja makanan yang bisa kamu cicipi.

Taman Lapangan BantengTaman Lapangan Banteng/ Foto: Afzal/Detik

Taman Lapangan Banteng
Siapa yang tak kenal Lapangan Banteng, tempat ini merupakan kawasan bersejarah yang dulunya bernama Waterlooplein. Di kawasan ini, pengunjung bisa melakukan berbagai kegiatan, mulai dari berolahraga hingga menikmati Ruang Terbuka Hijau yang telah disediakan. Tak hanya itu, kawasan ini juga kerap digunakan untuk berbagai acara, mulai dari pertunjukan musik hingga bazaar makanan. Taman Lapangan Banteng sendiri dikelola oleh Dinas Kehutanan Prov DKI Jakarta. Saat ini, Taman Lapangan Banteng bisa dikunjungi dari jam 07.00 hingga jam 17.00.

Tebet Eco ParkTebet Eco Park/ Foto: Dwi Rahmawati/Detik

Tebet Eco Park
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, baru saja meresmikan Tebet Eco Park yang terletak di Tebet, Jakarta Selatan. Taman seluas 2.5 hektar ini bisa digunakan untuk hiburan, sosialisasi, dan rekreasi. Taman ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Di sisi utara, ada Community Lawn dan juga Thematic Garden yang dikelilingi dengan suasana hijau dan bisa menjadi spot untuk bersantai. Sedangkan di sisi selatan, ada zona edukasi berupa Wetland Boardwalk di mana pengunjung bisa menelusuri habitat tanah basah dan juga playground untuk anak-anak. Di sini, para pengunjung juga bisa menemukan kedai makanan dari UMKM lokal.

Taman PejatianTaman Pejatian/ Foto: Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta/YouTube

Taman Pejatian
Taman Pejatian adalah taman yang baru dibuka tahun 2021 kemarin. Taman ini terletak di Pejaten, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Taman yang baru dibuka ini masih dalam keadaan bersih, rapi, dan belum dipadati pengunjung. Di sini, ada berbagai fasilitas yang ditawarkan. Beberapa di antaranya adalah lapangan futsal, pojok baca, jogging track, dan amphitheater terbuka.

Itu dia beberapa taman di Jakarta yang bisa kalian kunjungi! Keberadaan ruang publik di Jakarta sangatlah penting. Sebab selain berfungsi sebagai Ruang Terbuka Hijau yang bisa menambah kehijauan kota ini, ruang publik ini juga bisa menjadi tempat berkumpul warga yang bisa dikunjungi oleh siapa saja. Pastikan sebelum kamu mengunjungi taman-taman di atas, pastikan dulu jam buka dan protokol kesehatan yang berlaku, ya!

[Gambas:Audio CXO]



(ANL/MEL)