Insight | General Knowledge

Mudik Bersama Hewan Kesayanganmu!

Kamis, 28 Apr 2022 17:00 WIB
Mudik Bersama Hewan Kesayanganmu!
Jakarta -

Datangnya hari Lebaran tinggal dihitung jari! Bagi kamu yang melakukan tradisi mudik ke kampung halaman tiap tahunnya, pasti sangat menanti-nanti momen ini datang. Dikarenakan libur mudik yang panjang, kita harus meninggalkan kondisi rumah untuk waktu yang cukup lama. Sehingga, bagi mereka yang memiliki hewan peliharaan terkadang seringkali resah untuk meninggalkannya. Tapi, jangan khawatir karena kamu tetap bisa membawa hewan peliharaanmu bersama menjalani perjalanan mudikmu   baik itu melalui darat atau udara! Still, there are a few things to consider and take care of if you want your pets to tag along.

Perjalanan jauh bisa membuat hewan peliharaan kesayangan stres dan kelelahan di jalan, hingga menyebabkan lemas, muntah dan diare. Jika kamu bermudik dengan jalur darat, ada beberapa hal yang harus disiapkan agar perjalananmu dan hewan peliharaanmu lebih nyaman. Yang pertama, pastikan hewan peliharaanmu dalam kondisi sehat dan sudah divaksin, karena imunitas merupakan hal yang penting dalam menjaga daya tahan tubuh hewan peliharaanmu. Kamu juga bisa membawa vitamin untuk diberikan sepanjang jalan.

Sebelum perjalanan dimulai, siapkanlah pengaman untuk kesayangan seperti tali pengikat, pet carrier, atau cargo barrier. Kamu juga bisa membawa tempat tidur, selimut, atau handuk milik mereka agar memberikan rasa tenang. Dan yang tidak kalah penting, pastikan bahwa hewan kesayanganmu tidak mengalami dehidrasi dengan menyiapkan minum untuk di perjalanan.

Jika kamu berpergian via udara, jangan khawatir karena beberapa maskapai sudah memperbolehkan kita untuk membawa hewan peliharaan. Namun, ada beberapa persyaratan yang harus kamu patuhi agar hewan kesayanganmu bisa berhasil naik pesawat. Saat ini, maskapai penerbangan domestik yang mengizinkan hewan peliharaan untuk terbang adalah Garuda Indonesia, Citilink, dan Lion Air. Persyaratan yang ditetapkan pun berbeda-beda antara maskapai satu dengan yang lain.

Untuk Garuda Indonesia (GA), hewan dapat diterima di pesawat sebagai bagasi terdaftar, atau dalam kata lain, GA tidak menerima hewan yang diangkut di kabin penumpang, kecuali anjing pemandu untuk penyandang disabilitas. GA juga hanya menerima hewan untuk penerbangan domestik dengan durasi penerbangan direct yang tidak lebih dari dua jam. Penumpang yang ingin membawa hewan peliharaannya, diharuskan untuk melapor ke counter check-in paling lambat satu jam sebelum keberangkatan sesuai jadwal.

Penumpang juga harus menyiapkan kontainer atau kandang secara pribadi untuk hewan peliharaan dilengkapi dengan gembok, dan bertanggung jawab untuk memberi makan dan minum ataupun kebersihan hewan dan kandangnya. Maksimal berat hewan termasuk kontainer untuk diangkut adalah sebesar 32 kilogram. Jika melebihi berat yang dinyatakan, maka hewan peliharaan harus diangkut sebagai kargo.

Sementara untuk Lion Air, hewan diperbolehkan untuk terbang jika hanya dalam kondisi sehat, bersih, dan tidak hamil. Dan masa berlaku surat karantina hewan adalah tiga hari sejak tanggal penerbitan.

Dokumen-dokumen penting yang termasuk ke dalam persyaratan maskapai penerbangan juga harus dipersiapkan seperti sertifikat hewan peliharaan, sertifikat kesehatan dari Kantor Kesehatan Pelabuhan dan Kantor Karantina, dan tiket laporan kelebihan bagasi.

Apabila kalian kerepotan membawa hewan peliharaan, kargo bisa menjadi alternatif lain seperti fasilitas yang disediakan oleh maskapai penerbangan Citilink. Namun, ada juga beberapa layanan kargo yang dikhususkan untuk hewan baik itu via udara ataupun darat. Bagaimanapun, perjalanan yang panjang tidak hanya melelahkan bagi kamu tapi juga hewan peliharaanmu. Sehingga, jika perjalanan mudikmu bisa mencapai 3 hari hingga 7 hari, ada baiknya jika si anabul dititipkan saja ke layanan penitipan hewan yang memiliki dokter hewan yang siap berjaga.

Selamat bermudik ria! Tetap ikuti protokol kesehatan yang berlaku, ya, di manapun kamu berada!

[Gambas:Audio CXO]

(DIR)