Insight | General Knowledge

Rest Area yang Wajib Kamu Singgahi Saat Mudik

Jumat, 29 Apr 2022 18:00 WIB
Rest Area yang Wajib Kamu Singgahi Saat Mudik
Jakarta -

Memasuki musim mudik Lebaran, banyak hal yang perlu disiapkan calon pemudik jika hendak menempuh jalur darat. Mulai dari kondisi tubuh yang prima   sudah divaksin minimal sebanyak 2 kali, memastikan kondisi kendaraan siap tempur, hingga mengetahui rute perjalanan dengan baik. Selain itu, penting pula untuk mengetahui Rest Area atau Tempat Istirahat Perjalanan mana yang nantinya akan disinggahi.

Untuk itu, kami merangkum beberapa rest area atau Tempat Istirahat Perjalanan yang memiliki daya tarik dan nilai lebih, yang mungkin saja bisa kamu singgahi saat mudik Lebaran nanti!

.Rest Area 429A/ Foto: Instagram

1. Rest Area KM 429A Ruas Tol Semarang-Solo

Rest Area KM429A merupakan salah satu Tempat Istirahat Perjalanan terbesar dan terlengkap di sepanjang koridor Tol Trans Jawa. Di sana, tersedia SPBU super lengkap, lahan parkir yang sangat besar, pujasera yang megah, dan masih banyak tenant F&B lainnya yang buka selama 24 jam. Bagi kamu yang melintasi ruas Tol Semarang-Solo, kamu bisa mampir di sini untuk melepaskan lelah dan beristirahat sambil menikmati barisan bukit hijau serta udara segar khas pegunungan atau berswafoto di highest point rest area ini.

.Rest Area KM 88B/ Foto: Detik.com

2. Rest Area KM 88B Ruas Tol Cipularang

Bagi kamu yang melintasi tol Cipularang arah Cikampek, kamu bisa sekali singgah di rest area 88. Di sana, kamu bisa melonggarkan otot sebentar sambil menikmati udara segar. Selain itu, rest area 88 juga dikenal cantik dan Instagramable, di mana terdapat banyak spot untuk dijadikan objek berfoto. Pada rest area ini, kamu juga bisa menemukan Masjid Al-Safar, sebuah tempat ibadah megah dengan arsitektur unik yang didesain langsung oleh Gubernur Jawa Barat saat ini, Ridwan Kamil. Selain itu, rest area KM 88B juga dilengkapi spot wisata 3D, yang dihiasi oleh mural-mural dari karakter yang menawan.

.Rest Area 456A/ Foto: Instagram

3. Rest Area 456A dan 456B Salatiga Ruas Tol Semarang-Solo

Dua rest area ini terbilang sangat unik karena keduanya tersambung oleh konektor di bagian tengah. Selain itu, Resta Pendopo KM 456 juga memiliki arsitektur dengan nilai filosofis Jawa yang kental, di mana terdapat lima buah joglo besar beratap limas, yang melambangkan lima buah gunung di Jawa Tengah yang juga menjadi pemandangan indah untuk dilihat di sana. Rest Area mewah ini memang cocok untuk disinggahi, khususnya bagi para pengendara yang hendak mengisi perut, karena terdapat banyak pilihan kuliner Nusantara hingga kedai F&B kekinian, yang harganya tetap terjangkau dan buka 24 jam.

.Rest Area KM 206B/ Foto: CXO Media

4. Rest Area KM 206B Banjaratma

Rest Area Heritage Banjaratma, berlokasi di ruas Tol Pejagan - Pemalang, Brebes, Jawa Tengah. Tempat Istirahat Perjalanan ini terbilang cukup berbeda secara konsep jika dibandingkan dengan rest area lainnya. Pasalnya, di rest area ini para pengendara bisa bersantai ria sambil menikmati bekas pabrik gula yang disulap menjadi tempat istirahat menawan, dengan banyak sekali objek bersejarah yang menyegarkan mata. Secara fasilitas, rest area ini juga sangat lengkap, di mana tersedia SPBU yang luas, Masjid dan Mushala, puluhan toilet, juga ratusan tenan makanan dan minuman.

.Rest Area Kledung/ Foto: Instagram

5. Rest Area Kledung, Temanggung

Beralih ke jalur non Tol, para pengendara yang melintasi daerah Wonosobo menuju Temanggung bisa sejenak beristirahat di Rest Area Kledung Pass ini. Selain berfungsi sebagai tempat beristirahat yang indah, rest area ini juga menawarkan pengalaman wisata di tengah perjalanan. Di sana, tersedia banyak fasilitas yang menunjang kebutuhan para pemudik, seperti ATM, Mini Market dan Masjid, Jejeran tenant F&B, hingga sejumlah spot pemandangan indah yang bisa menghapuskan lelahmu seketika.

Itulah beberapa rest area yang bisa kamu pilih sebagai tempat singgah untuk melepas lelah, saat mudik Lebaran nanti. Walaupun begitu, pemerintah telah mengatur batas waktu singgah di rest area selama mudik, yaitu kurang lebih 30 menit saja. Untuk itu, pastikan kamu singgah dengan efisien di rest area yang kamu pilih, ya! Hati-hati di jalan dan selamat mudik Lebaran!

[Gambas:Audio CXO]

(RIA/DIR)