Insight | General Knowledge

Kelebihan Istiqlal yang Jadi Masjid Ramah Lingkungan Pertama di Dunia

Senin, 18 Apr 2022 18:32 WIB
Kelebihan Istiqlal yang Jadi Masjid Ramah Lingkungan Pertama di Dunia
Jakarta -

Lembaga International Finance Corporation (IFC) baru saja menobatkan Istiqlal Jakarta menjadi masjid ramah lingkungan pertama di dunia. Masjid yang berada di bilangan Jakarta Pusat tersebut meraih sertifikat Excellence in Design for Greater Efficiencies (EDGE) sebagai rumah ibadah dengan bangunan ramah lingkungan atau green building, dan diterima langsung oleh Imam Besar Masjid Istiqlal, KH Nasaruddin Umar.

Azzam Khan mengatakan EDGE merupakan standar bangunan hijau dan sistem sertifikasi untuk membantu profesional dan para pelaku bangunan gedung dalam mewujudkan bangunan hijau. "Masjid yang merupakan kebanggaan dari Indonesia ini mempunyai sejarah panjang dan saat ini kembali mengukir sejarah dengan menjadi bangunan masjid pertama di dunia dengan sertifikat final EDGE sebagai bangunan gedung hijau," kata Azzam Khan dikutip CNN Indonesia.

Lantas, apa kelebihan Masjid Istiqlal dengan masjid lainnya ya? Pada 2020 lalu, masjid yang mempunyai makna merdeka tersebut melakukan peremajaan dengan memasang instalasi panel surya sebanyak 504 unit. Panas matahari yang ditangkap oleh panel surya tersebut memiliki daya maksimal 150 KWp atau setara dengan 115 unit rumah dengan daya 1.300 watt. Oleh karena itu, Masjid Istiqlal bisa menghemat konsumsi listrik sebesar 6-7 persen.

Tak hanya itu, bekerja sama dengan Green Building Council (GBC) Indonesia, dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), masjid tersebut direnovasi di beberapa bagian untuk dibuat lebih ramah lingkungan. Mulai dari meningkatkan efisiensi air, penggunaan energi dari bangunan itu sendiri, penggunaan smart energy meter, hingga memanfaatkan penerangan alami di ruang internal dan eksternal.

"Standar keunggulan dalam desain untuk efisiensi yang lebih besar dan merupakan bagian dari ambisi kolektif untuk mengarusutamakan bangunan dalam membantu memerangi perubahan iklim dan penurunan emisi karbon," kata Azzam. Sementara itu, penghargaan EDGE tersebut menjadi komitmen Masjid Istiqlal untuk membantu kelestarian lingkungan di kawasan masjid maupun di Indonesia.

[Gambas:Audio CXO]



(DIR/MEL)