Insight | General Knowledge

5 Things Happening This Week

Senin, 18 Apr 2022 09:31 WIB
5 Things Happening This Week
Jakarta -

Memasuki pertengahan Bulan April, ada beberapa agenda penting di pekan ini yang patut kita catat keberlangsungannya di kalender. Mulai dari dua laga panas tim sepak bola Eropa: Derby Della Madonnina dan laga big match Liverpool vs Manchester United, peringatan Hari Kartini, Hari Bumi dan Hari Buku Sedunia, hingga rilis film seru terbaru: The Unbearable Weight of Massive Talent. Berikut, adalah rangkuman "5 things happening this week" edisi minggu ke-3 Bulan April 2022, yang patut ditunggu menurut CXO Media.

Laga Panas Tim Kuat Eropa -- 19 April 2022

.Sepak Bola Eropa/ Foto: Pickxsports



Dua tim kuat asal Kota Milan, AC Milan dan Internazionale Milano, akan kembali bersua untuk memperebutkan satu tempat di Partai Final Coppa Italia 2021/2022. Setelah bermain imbang 0-0 pada leg pertama, pertandingan yang akan berlangsung di kandang bersama mereka: San Siro, dijamin berlangsung panas dan menegangkan, mengingat sejarah panjang dan ketatnya persaingan mereka pada musim ini.

Selain laga derby della madonnina di Italia, duel panas antara dua tim tersohor di daratan Britania juga akan tersaji pada hari yang sama. Kali ini, 'The Reds' Liverpool, akan menjamu rival bebuyutan mereka, Manchester United di Anfield dalam lanjutan liga Inggris musim 2021/2022. Selain menjaga gengsi, keduanya diprediksi tampil all out, demi mencapai misi masing-masing di Liga. Liverpool masih bersaing ketat untuk kembali merengkuh titel juara, sementara MU memperjuangkan asa mereka untuk tampil di kompetisi Eropa di musim berikutnya.

Peringatan Hari Kartini -- 21 April 2022

.RA Kartini/ Foto: TROPENMUSEUM


Raden Ajeng Kartini, adalah pemudi asal Jepara, Jawa Tengah, sosok Pahlawan Kemerdekaan Indonesia, yang juga menjadi simbol emansipasi perempuan Indonesia. Perjuangan penanya pada masa kolonial, menginspirasi kaum perempuan di seluruh Tanah Air bahkan dunia, untuk terus memperjuangkan hak berkehidupan yang layak dan setara. Oleh karena itu, tanggal lahir R.A. Kartini, tepatnya 21 April, diperingati sebagai hari besar nasional setiap tahunnya.

Semangat Kartini biasanya diperingati melalui tembang berjudul Ibu Kita Kartini pada tiap-tiap upacara, yang dibarengi dengan penggunaan pakaian adat sebagai simbol perjuangan. Tidak berhenti di sana, perayaan Hari Kartini juga dimaknai sebagai momentum besar bagi emansipasi perempuan Indonesia, di mana banyak cipta karya perempuan yang dipamerkan pada hari ini.

Perayaan Hari Bumi -- 22 April 2022

.Earth Day/ Foto: pexels pixabay


Tempat kita tinggal bersama, Planet Bumi, akan dirayakan keberadaannya pada 22 April 2022 mendatang. Perayaan Hari Bumi sendiri bermula sejak tahun 70an silam, di mana seorang pengajar lingkungan asal Amerika Serikat, Gaylord Nelson pertama kali mencanangkan perayaan ramah lingkungan hidup untuk menunjukan rasa cinta terhadap tempat kita tinggal, sekaligus mulai mencegah kerusakan-kerusakan alam.

Banyak cara yang bisa kita lakukan dalam merayakan Hari Bumi, mulai dari menata sampah dengan tepat guna, menghemat penggunaan listrik dan daya yang kurang ramah lingkungan, menanam pohon dan merawat ekosistem lingkungan, atau bahkan mengikuti kuis hari bumi di media sosial. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk merayakan Hari Bumi dengan penuh kasih sayang kepadanya. Semoga, cita-cita Bumi yang hijau dan lestari dapat terlaksana oleh kita semua. Selamat Hari Bumi!

Rilis The Unbearable Weight of Massive Talent -- 22 April 2022

.Unbearable Weight Massive Talent/ Foto: Lionsgate


Para penggemar aksi Nicolas Cage di layar lebar, akhirnya bisa bernafas lega. Setelah ditunda perilisannya selama satu tahun, film keluaran Lionsgate berjudul The Unbearable Weight of Massive Talent yang dibintangi Cage akan rilis pada 22 April mendatang di seluruh bioskop Tanah Air. Selain dibintangi Cage, film ini juga dihiasi beberapa bintang besar lainnya seperti Pedro Pascal, Sharon Horgan, dan Alessandra Mastronardi, serta ditulis dan disutradarai langsung oleh Tom Gormican.

The Unbearable Weight of Massive Talent menceritakan tentang kisah fiksi Nick Cage muda yang berjuang mendapatkan tempat di film garapan Quentin Tarantino. Plotnya berkembang semakin seru ketika Cage yang waktu itu sedang terlilit hutang bertemu dengan miliarder asal Meksiko, fans berat Cage sekaligus pembuat film yang berharap Cage mau membintangi filmnya. Ketika hubungan Cage berkembang, ia justru menemui dilema ketika CIA mengabarkan bahwa miliarder tersebut merupakan seorang gembong narkoba yang menculik putri calon presiden Meksiko. Dari sana, konflik film ini semakin bergerak intens, hingga menyeret anak dan mantan istri Cage ke dalam masalah.

Hari Buku Sedunia -- 23 April 2022

.Books/ Foto: pexels suzy hazelwood


Organisasi Pendidikan, Keilmuan dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) menetapkan tanggal 23 April 1995 sebagai Hari Buku Sedunia, sebagai penghormatan terhadap beberapa penulis dunia seperti William Shakespeare, Miguel de Cervantes, dan Inca Garcilaso de la Vega yang meninggal pada 23 April.

Peringatan ini juga dilakukan sebagai wujud kepedulian terkait minat dan pentingnya membaca bagi masyarakat dunia, sekaligus menjadi momen peringatan Hari Hak Cipta Dunia. Sementara itu, peringatan pertamanya dirayakan di Inggris dan Irlandia 1997 silam, untuk meningkatkan rasa senang saat membaca di kalangan pemuda. Setiap tahunnya, UNESCO akan memilih World Book Capital atau Ibukota untuk melakukan promosi buku dan membaca selama satu tahun.

Pada tahun 2022 ini, kota Guadalajara, Meksiko terpilih sebagai World Book Capital menurut UNESCO. "Kami ingin melakukan sesuatu untuk mengubah peran membaca-dan pesan kami hari ini tetap sama seperti dulu-bahwa membaca itu menyenangkan, relevan, mudah diakses, mengasyikkan, dan memiliki kekuatan untuk mengubah kehidupan," kata pendiri Hari Buku Sedunia, Baroness Gail Rebuck.

[Gambas:Audio CXO]

(RIA/DIR)