Insight | Business & Career

UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022 Rangkul 500 UMKM untuk Go Digital dan Go International

Jumat, 02 Dec 2022 19:00 WIB
UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022 Rangkul 500 UMKM untuk Go Digital dan Go International
Foto: Istimewa
Jakarta -

Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu sektor krusial yang dapat menghidupi ekosistem perekonomian dalam negeri. Untuk itu, dalam rangka memenuhi upaya pemerintah yang menargetkan 30 juta UMKM Go Digital pada tahun 2023, BRI sebagai agen penyokong perekonomian nasional ikut memfasilitasi pelaku UMKM untuk berkembang ke ranah digital dan menjangkau pasar global, melalui UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022.

UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR sendiri telah konsisten dihelat BRI sejak tahun 2019 lalu, dengan memperkenalkan produk dan karya-karya terbaik UMKM, melalui event pameran industri khas dan kreatif di tanah air. Acara ini juga menjadi langkah nyata BRI, dalam mengembangkan ekosistem UMKM di Indonesia, agar bisa berkembang secara lebih maksimal di ranah digital dan juga dalam skala global.

Di tahun penyelenggaraan keempat ini, BRILIANPRENEUR menghadirkan 500 UMKM terpilih dari enam kategori berbeda, yakni Home Decor & Craft, Food & Beverage, Accessories & Beauty, Fashion, Healthcare/Wellness, dan Digital Technology (Startup), dengan harapan: mampu membangkitkan kepercayaan diri UMKM pascapandemi baik di pasar lokal maupun internasional.

Di samping itu, Direktur Utama BRI, Sunarso turut menjelaskan bahwa proses kurasi UMKM BRILIANPRENEUR kali ini cukup berbeda dari yang sebelumnya. Karena selain mengedepankan inovasi, kreativitas, dan kualitas, pelaku UMKM yang dilibatkan juga wajib memprioritaskan aspek Environmental, Social, and Governance (ESG) dalam pengoperasiannya.

"Saya pikir di dunia sudah mulai concern terhadap ESG. Maka kurasi tahun ini tidak hanya mengedepankan inovasi, kreativitas, dan kualitas, tapi juga plus penerapan konsep-konsep ESG," tutur Sunarso, pada konferensi pers UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR, Jumat (2/12), di BRIlian Center, Jakarta Pusat.

Selain menggelar eksebisi virtual pada 1 - 31 Desember 2022, event UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022 juga akan dimeriahkan rangkaian yang menarik dan bernilai bagi khalayak. Seperti halnya, program business matching, talk show, artist performance, hingga ajang UMKM Awards.

Sementara itu, Ade Soelistyowati, Co-Founder Yammy Babeh (UMKM Peserta BRILIANPRENEUR 2022) yang ikut menghadiri Konferensi Pers, membagikan pengalaman dan harapannya sebagai salah satu peserta UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR sejak 2019 lalu.

"Saya ucapkan banyak terima kasih, karena ini adalah tahun keempat Yammy Babeh bisa hadir di BRILIANPRENEUR. Sejak 2019, banyak banget ilmu dan omset yang saya dapat dari BRILIANPRENEUR ini," kata Ade yang akrab disapa Ibu Elis. "Tahun 2020, Yammy Babeh pertama ekspor ke Australia. Di pandemi 2021, kami ekspor lagi ke Australia, lalu dapat kurasi untuk ekspor ke Kanada, bahkan sampai ke Malaysia. Semuanya difasilitasi oleh BRILIANPRENEUR."

Informasi lebih lengkap mengenai UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022 dapat dilihat melalui http://brilianpreneur.com, atau bisa juga diakses melalui laman Instagram @bankbri_id.

[Gambas:Audio CXO]

(RIA/tim)

NEW RELEASE
CXO SPECIALS