Insight | Business & Career

Pindah Jalur Karir, Harus Mulai dari Mana?

Kamis, 28 Jul 2022 18:00 WIB
Pindah Jalur Karir, Harus Mulai dari Mana?
Ilustrasi karir Foto: Veectenzy
Jakarta -

Tak mudah untuk melepas karir yang sudah dijalani selama bertahun-tahun, ditambah selama ini kamu hanya berkutat dengan jenis pekerjaan itu tanpa mengembangkan skill baru. Ada banyak faktor yang membuat seseorang pindah jalur karir, salah satunya adalah karena ingin menjalani pekerjaan yang sudah diimpikan selama ini atau menginginkan jenjang karir yang lebih meyakinkan di masa depan.

Terlepas apa pun faktornya, memulai sesuatu yang baru apalagi pekerjaan yang belum pernah dilakukan sebelumnya bukan perkara mudah. Orang-orang yang mencoba mengubah jalur karirnya pun mungkin mengalami kesulitan untuk memulai. Ya, harus mulai dari mana ketika memutuskan untuk pindah jalur karir? Mengembangkan skill yang dibutuhkan untuk jalur karir terbaru, atau justru melangkah dengan percaya diri dengan pengalaman sebelumnya?

Nah, jika kamu mempertimbangkan untuk mengubah karir, sebelum mempersiapkan diri mengirim lamaran kerja ke tempat baru, ada baiknya kamu lakukan langkah berikut, dikutip The Balance Careers.

.Ilustrasi karir/ Foto: Freepik

1. Evaluasi kepuasan kerjamu saat ini

Buat jurnal reaksi harianmu terhadap situasi pekerjaanmu saat ini. Tentukan aspek mana dari pekerjaanmu yang kamu sukai dan tidak. Misalnya apakah ketidakpuasan dari pekerjaan yang kamu kerjakan, budaya perusahaan, atau orang-orang yang selama ini bekerja denganmu. Dengan begitu, kamu bisa mencari perusahaan yang mungkin dapat memenuhi ekspektasimu terhadap karir yang lebih nyaman dan maju.

2. Nilai minat dan keterampilanmu

Tinjau peran sukses di masa lalu, pekerjaan sukarela, proyek, dan pekerjaan untuk mengidentifikasi kegiatan dan keterampilan yang disukai. Tentukan apakah nilai dan keterampilan intimu ditujukan melalui karirmu saat ini.

3. Pertimbangkan karir alternatif

Jika karir yang kamu inginkan ternyata tak sesuai dengan ekspektasi atau belum saatnya kamu melangkah ke arah tersebut, cobalah untuk mencari ide alternatif karir yang bisa kamu lakukan. Apabila kamu merasa kesulitan, kamu bisa berkonsultasi dengan konselor karir untuk mendapatkan masukan profesional. Selain itu, melakukan evaluasi komparatif bisa menjadi awal untukmu mendapatkan jalur karir yang tepat sesuai keinginanmu.

.Ilustrasi karir alternatif/ Foto: Freepik

4. Ambil kelas peningkatan kemampuan

Cobalah untuk mencari tahu peluang pendidikan yang akan menjembatani latar belakangmu dengan bidang karir baru yang kamu inginkan. Pertimbangkan untuk mengambil kursus malam atau kursus online yang kini lebih banyak digandrungi karena efisiensinya. Coba juga luangkan waktu datang ke seminar karir di akhir pekan agar kamu bisa lebih termotivasi karena saran yang diberikan oleh para profesional.

5. Pertimbangkan pekerjaan baru di industri yang sama

Bila kamu merasa ragu untuk melepas jalur karir yang sekarang, cobalah untuk mempertimbangkan pekerjaan baru di industri yang sama. Pertimbangkan peran alternatif dalam industrimu saat ini. Misalnya kalau kamu adalah seorang manajer toko ritel besar dan bosan dengan pergantian shift, kamu bisa mempertimbangkan untuk pindah ke bagian perekrutan perusahaan dalam industri yang sama. Atau jika kamu adalah seorang programmer yang tidak ingin lagi membuat program, coba untuk mempertimbangkan penjualan teknis atau beralih ke manajemen proyek.

.Ilustrasi bekerja/ Foto: Freepik

Nah, selain untuk mempersiapkan hal-hal tersebut, kamu juga harus mempersiapkan mental dan fisik. Sebab tidak mudah mengawali semuanya dari awal, apalagi kamu benar-benar baru di bidang itu, bisa-bisa kamu dianggap kurang berkompeten. Jadi tanyakan pada dirimu lagi, sudah siapkah kamu mengubah jalur karirmu?

[Gambas:Audio CXO]

(DIR/HAL)