Insight | Business & Career

6 Situs Belajar Daring Gratis

Kamis, 07 Jul 2022 20:00 WIB
6 Situs Belajar Daring Gratis
Foto: edX, Udemy, Coursera, Brainly
Jakarta -

Katanya, "belajar itu wajib." Katanya lagi, "belajar di mana aja bisa!" Katanya juga, "banyak ilmu yang nggak didapet di sekolahan!" Pertanyaannya: "Jadi, belajar yang baik itu di mana?" Jawabannya: "Ya di mana-mana!" Mau itu di jalanan, di pojok tongkrongan dalam gang, di kantin atau di sekretariat organisasi kemahasiswaan, bahkan sembari online, kita bisa terus belajar. Berikut, adalah beberapa situs belajar daring, yang bisa kamu akses meski sambil rebahan; dan tentunya tanpa dipungut biaya:

Khan Academy
Situs belajar daring pertama yang bisa kamu singgahi adalah Khan Academy. Sebuah situs pembelajaran untuk pelajar usia 2 hingga 18 tahun ini digagas oleh seorang pendidik bernama Salman Amin Khan atau Sal Khan. Salah satu keunggulannya adalah porsi belajar berbasis SAT (Scholastic Assessment Test) yang berguna jika kamu mau belajar di Amerika Serikat.

Khan Academy juga memfasilitasi para pengajar hingga orang tua untuk terlibat dalam pembelajaran. Kemudian situs ini turut dilengkapi fitur pembelajaran personifikasi, sehingga menyesuaikan minat serta kebutuhan pelajar. Situs yang kini sudah tersaji versi aplikasi ini juga punya kredibilitas yang baik karena dibangun bersama-sama oleh para ahli.

EdX
Situs berikutnya merupakan buah kerja sama dari dua institusi pendidikan terkemuka di dunia plus, yaitu Harvard University dan MIT. Beroperasi sejak tahun 2012 lalu, edX melebarkan sayapnya hingga mengajak 160 universitas top lainnya di dunia untuk bergabung bersama dalam menyajikan berbagai materi eksklusif   yang bisa jadi tidak kamu temukan di kelas-kelas umum.

Kamu juga bisa memilih berbagai bidang keilmuan populer untuk dipelajari, seperti AI & Digital Transformation, Business Management & Strategy, Data Science & Analysis dan lain sebagainya. edX juga mengklasifikasikan kursus pembelajaran sesuai tingkatan pendidikan. Misalnya Master's Degrees dan Bachelor's Degrees

Alison
Selanjutnya, kamu juga bisa mengakses ilmu bermanfaat secara cuma-cuma lewat situs Alison. Web pembelajaran ini sendiri sudah ada sejak 2007 silam, dan aktif digunakan oleh 23 jutaan pelajar di seluruh dunia.

Alison sendiri menawarkan lebih dari 4000 kursus pembelajaran gratis dengan sertifikat dan gelar diploma. Bukan hanya itu, Alison juga memfasilitasi para pengguna untuk meng-upgrade skill lain di luar bidang pendidikan atau pekerjaan yang telah dikuasai. Situs asal Irlandia ini juga memungkinkan pengguna untuk menapaki jenjang karir, dan mendaring pendapatan pada fitur-fitur istimewa di dalamnya.

Udemy
Udemy merupakan situs pembelajaran dan kursus yang dibuat untuk para kreator visual; khususnya pada bidang desain grafis. Situs ini memuat lebih dari 10.000 materi gratis untuk para pengguna, yang didukung oleh video pembelajaran interaktif dan kreatif yang tidak membosankan. Selain itu, Udemy juga menyiapkan pembelajaran grafis untuk pengembangan aplikasi seluler, seperti game hingga software testing.

Situs satu ini memang cocok buat kamu yang ingin memulai karir sebagai desainer grafis. Apalagi, materi pembelajarannya juga disuguhkan oleh mentor-mentor istimewa yang ahli di bidangnya. Namun sayangnya, tidak semua materi pembelajaran di dalam Udemy dapat diakses secara gratis.

Coursera
Dari namanya saja, kita sudah bisa tau kalau situs berikut ini menyediakan banyak materi kursus pembelajaran. Pada praktiknya, Coursera menawarkan banyak topik populer untuk dikuasai para pengguna. Mulai dari pembelajaran sastra atau literatur, web design, SQL, cybersecurity dan masih banyak lainnya.

Coursera juga mendukung para pengguna untuk memiliki skill lanjutan pada bidang-bidang pekerjaan yang dipilih. Lebih dari itu, Coursera menawarkan jaringan kerja dari perusahaan terkemuka di dunia untuk para pengguna. Kemudian, kamu juga bisa mendapat sertifikasi kursus hingga gelar pendidikan saat mengakses pembelajaran di situs ini.

Brainly
"Dari bertanya jadi mengerti". Itulah yang tertulis di laman utama Brainly saat kamu kunjungi. Situs yang satu ini, pastinya nggak asing buat kaum pelajar dengan sistem kebut semalam. Sebab Brainly memang memfasilitasi para pelajar untuk mengajukan pertanyaan dan menyelesaikannya secara bersama-sama, khususnya oleh 350 juta siswa dan pakar edukasi yang tergabung di dalamnya.

Pada lamannya, Brainly membagi materi per mata pelajaran sekolah sesuai tingkatan belajar. Kemudian situs ini juga menyiapkan solusi belajar untuk rangkaian ujian; seperti latihan soal Ujian Nasional sampai tahapan SBMPTN. Di sini, kamu bisa mengetahui apa saja yang kamu mau. Mulai dari penghitungan vektor pada soal matematika, durasi perang Diponegoro yang legendaris, sampai jumlah tulang ikan hiu,

Itulah beberapa situs belajar daring gratis yang bisa kamu akses di mana saja dan kapan saja. Jadi, tidak ada alasan untuk berhenti belajar, bukan? Sebab sambil rebahan atau dempet-dempetan di kendaraan umum kita dapat mengakses ilmu baru melalui website belajar gratis yang disebutkan di atas.

[Gambas:Audio CXO]



(RIA/MEL)