Insight | Business & Career

Investasi di Kripto, Apakah Masih Layak?

Kamis, 07 Jul 2022 16:00 WIB
Investasi di Kripto, Apakah Masih Layak?
Foto: Worldspectrum/Pexels
Jakarta -

Geliat mata uang kripto masih terus menjadi perbincangan hangat ke mana pun kita pergi. Sejak meledaknya beberapa tahun silam, banyak orang yang berbondong-bondong terjun ke dunia kripto untuk berinvestasi. Bagaimana tidak? Dengan valuasi yang tinggi, mata uang kripto populer seperti Bitcoin dan Ethereum menjadi incaran. Namun, dalam beberapa bulan terakhir ini, valuasi Bitcoin dan Ethereum terjun bebas. Per tanggal 6 Juli 2022, Bitcoin mengalami penurunan sebesar 51,38% dari puncaknya di sekitar Rp600 juta menjadi sekitar Rp300 juta, sedangkan Ethereum yang sempat bernilai Rp50 juta turun sebesar 65,24% menjadi sekitar Rp17 juta.

Bagi yang sempat ragu-ragu untuk ikutan dalam geliat ini, apakah sekarang saat yang tepat? Atau bagi yang sudah terlibat duluan, apakah ini saatnya mundur?

Teknologi mata uang kripto memang masih memiliki penerapan yang terbatas. Kalau tidak dicairkan, ya, digunakan untuk membeli produk-produk NFT. Walau masih memiliki potensi yang besar untuk terus dikembangkan dan menjadi komponen penting dalam revolusi teknologi mendatang, kesahihan kripto sebagai bentuk investasi yang menguntungkan pun menjadi pertanyaan.

Jika ditanya kelayakannya, layak-layak saja. Boleh dicoba jika kamu memang menyisihkan uang untuk berinvestasi. Mata uang kripto memiliki sifat yang terbilang fluktuatif; kadang naik, kadang turun. Meski demikian, banyak pakar yang meyakini bahwa valuasi Bitcoin akan menyentuh angka USD100.000 atau setara dengan Rp1,5 miliar pada akhir tahun 2022 ini. Hal yang sama juga dapat dikatakan untuk Ethereum. Menurut pakar, nilai Ethereum yang sempat anjlok ini nantinya akan meroket sebesar 400% pada akhir tahun 2022.

Meski terdengar menjanjikan, informasi tersebut hanya berupa prediksi. Bisa jadi benar, bisa jadi salah. Tetaplah menerapkan prinsip dasar dalam berinvestasi seperti terus update dengan keadaan mata uang kripto pilihanmu, manfaatkan segala sumber daya informasi yang ada, dan gunakanlah uangmu dengan bijak. Entah itu untuk jangka pendek atau jangka panjang, semoga investasi kripto kamu jadi cuan!

[Gambas:Audio CXO]



(HAL/MEL)

Author

Handoko Lun