Sudah hampir lebih dari 10 dekade, event produk-produk UMKM kita tak lagi membosankan. Apalagi kalau sudah dipegang oleh generasi muda, tiap tahun kreativitasnya terus berkembang dan memberikan ruang untuk tampil berbeda. Hal ini pun linier dengan keinginan pengunjung yang selalu membutuhkan pengalaman retail yang lebih interaktif, terlebih usai pandemi menyerang 5 tahun lalu.
Sejak pertama dilangsungkan 16 tahun lalu, tepatnya 2009, Brightspot telah menjadi barometer event pameran produk UMKM lokal yang memberikan konsep berbeda setiap tahunnya. Nah pada tahun ini, Brigtspot pun memberikan pengalaman 'segar' dengan menghadirkan Brightspot SuperMRKT 2025 yang diadakan di AGORA Mall selama dua akhir pekan yakni 27-30 November dan 4-7 Desember 2025.
Melting Pot untuk Ide Kreatif Baru
Sejak 2009, Brightspot sudah dikenal menjadi wadah bagi ratusan merek lokal dan tempat berbelanja bagi puluhan ribu pengunjung setiap tahunnya. Di tahun ini dengan konsep "supermarket", Brightspot ingin menjadi melting pot untuk ide dan kreativitas berbagai kalangan demi mendapatkan sesuatu yang segar, unik, dan inspiratif.
"Kita juga berpikir, kalau Brightspot itu supermarket of ideas and inspiration. Banyak orang datang ke sana belanja-baju, makanan-dan F&B sekarang sedang meningkat pesat. F&B sudah menjadi "style" sama pentingnya dengan fashion. Tapi orang juga datang untuk mencari ide bisnis, karena kita platform untuk itu," ujar Anton Wirjono, Founder Brightspot dalam acara konferensi pers Brightspot SuperMRKT 2025 di Side Room, Rabu (19/11).
"Ada juga yang datang untuk cari inspirasi soal cara berpakaian, apa yang in dan happening sekarang. Karena itu, menurut kita konsep ini menarik: stock up on culture. Datang untuk melihat "aisles" berisi hal-hal yang bisa dipakai dalam hidup atau untuk memulai bisnis. Peluangnya bagus dan ini waktu yang tepat."
Selain itu, Brightspot mencoba menghidupkan kembali pengalaman yang dekat dengan keseharian banyak orang yakni pengalaman berbelanja di supermarket, tetapi dengan versi kreatifnya. Nantinya Brightspot SuperMRKT 2025 akan dirancang sebagai ruang eksplorasi di mana pengunjung dapat "berbelanja" produk-produk lifestyle, fashion, kuliner, dan karya seni dalam satu tempat.
Tahun ini, Brightspot juga menggandeng seniman lokal, Ardhira Putra, untuk menciptakan instalasi dan pengalaman visual yang authentic dan mencerminkan semangat komunitas kreatif Indonesia.
"Untuk desain, kita bekerja sama dengan seniman Ardira Putra. Dia baru menunjukkan karyanya di Las Vegas. Saya sudah lama ngefans sama dia. Kali ini kita punya kesempatan untuk menampilkan karyanya sebagai konsep. Karyanya juga akan diterapkan di set design, sehingga saat masuk nanti akan terasa seperti supermarket," ungkapnya.
Founder Brightspot, Anton Wirjono/ Foto: Dian Rosalina - CXO Media |
Kelas Bisnis hingga Diskon Spesial
Bukan hanya menampilkan lebih dari 220 tenant dari sektor fashion, lifestyle, hingga kuliner, tahun ini Brightspot juga bekerja sama dengan Google untuk memperkenalkan AI tools yang bisa mendukung kreativitas dan produktivitas pelaku industri kreatif.
Untuk memaksimalkan potensi tersebut, Google akan menyelenggarakan 11 sesi workshop AI di Brightspot SuperMRKT yang terbuka untuk 40 peserta per kelasnya. Serunya lagi, selain mendapatkan ilmu, para peserta akan memperoleh akses gratis ke Google AI Pro selama 3 bulan (senilai total Rp 927.000), untuk membekali mereka dengan tools dan keterampilan premium.
"Kami percaya Artificial Intelligence (AI) dapat supercharge produktivitas dan inovasi. Kami berkomitmen memastikan komunitas wirausaha dan industri kreatif dapat memanfaatkan teknologi AI untuk menciptakan karya inovatif dan terus mendorong pertumbuhan juga membuka peluang baru bagi ekonomi Indonesia," ujar Feliciana Wienathan, Communications Manager, Google Indonesia.
Nah buat kamu yang menunggu diskon dan penawaran menarik di Brightspot SuperMRKT, myBCA dari BCA telah menyiapkannya untukmu. Semua metode pembayaran akan mendapatkan promo, termasuk voucher hingga Rp300.000.
Promo ini berlaku untuk berbagai jenis pembayaran: mulai dari kartu kredit yang bisa dikonversi menjadi cicilan, paylater, QRIS, hingga QRISTap. Ada juga penawaran untuk pemegang Reward BCA. Card Holder kartu kredit BCA yang menukarkan reward minimal Rp50.000 akan mendapatkan double benefit.
"Tidak hanya itu, BCA juga menyediakan cicilan 0% untuk transaksi mulai dari Rp500.000, sehingga pengunjung tidak perlu khawatir soal cashflow meski belanja besar di Brightspot. Dan yang paling menyenangkan, acara ini berlangsung di tanggal-tanggal mendekati gajian, jadi pembayaran bisa ditunda ke bulan berikutnya," Fandy, SVP of Transaction Banking Business Development BCA.
Sementara itu, Brightspot SuperMRKT 2025 akan menghadirkan lebih dari 220 brand terkurasi, dengan target lebih dari 100.000 pengunjung selama dua akhir pekan penyelenggaraan. Acara ini menjadi ruang perayaan bagi kreativitas Indonesia, sebuah supermarket tempat ide dan inovasi untuk hadir dalam setiap lorongnya.
"Harapan kita, industri kreatif Indonesia terus berkembang. Kita ingin Jakarta dan Indonesia mendunia. Indikasinya sudah ada. I think we are there, tinggal sedikit lagi. I think 2026 is gonna be our year. Ditunggu ya gebrakannya nanti," tutup Anton.
(DIR/DIR)
Founder Brightspot, Anton Wirjono/ Foto: Dian Rosalina - CXO Media