Setelah lebih dari satu dekade mengisi lanskap kreatif Jakarta, Brightspot kembali menghelat formatnya yang menyegarkan: Taman Brightspot. Mengulang kesuksesan di tahun sebelumnya, Taman Brightspot 2025 hadir lagi di Urban Forest Cipete, Jakarta Selatan, pada dua akhir pekan, 25-27 Juli dan 1-3 Agustus lalu.
Menghadirkan festival urban yang memadukan kuliner lokal, musik, dan retail kreatif dalam suasana ruang terbuka hijau, Taman Brightspot 2025 mengajak pengunjung untuk menikmati pengalaman piknik di tengah kota dengan sentuhan yang lebih eksploratif.
Ruang Berkumpul Komunitas Kreatif
Taman Brightspot dirancang sebagai wadah pertemuan lintas komunitas-dari kreator, pelaku usaha, media, hingga masyarakat urban yang peduli gaya hidup berkelanjutan. Tahun ini, sekitar 60 brand kuliner dan 40 jenama retail ikut berpartisipasi.
Masih berfokus pada lini kuliner, yang selama ini terbukti menjadi pintu masuk lahirnya banyak merek F&B lokal baru, penyelenggaraan Taman Brightspot tahun ini kian disemarakkan sederet penampilan musik sebagai pelengkap atmosfer.
Menurut Anton Wirjono, pendiri Brightspot Market dan The Goods Dept, Taman Brightspot bukan hanya sekadar festival hiburan, melainkan ruang kreasi untuk komunitas urban dan jenama-jenama lokal, dengan praktik yang lebih berkelanjutan.
"Kami percaya bahwa sebuah festival tidak hanya bisa menjadi wadah ekspresi dan hiburan, tetapi juga menjadi platform edukasi, kolaborasi, dan aksi nyata terhadap isu-isu penting seperti lingkungan," ujar Anton, dalam keterangan pers.
Dukungan Mitra dan Aksesibilitas
Sejumlah mitra resmi kembali terlibat dalam penyelenggaraan festival ini. BCA kembali menjadi mitra perbankan; Biznet hadir sebagai penyedia internet resmi; dan MRT Jakarta mendukung akses transportasi publik yang lebih ramah lingkungan. Hadir pula Waste4Change yang mengurusi pengelolaan limbah secara tepat guna.
Dengan konsep ramah publik, Taman Brightspot 2025 terbuka untuk masyarakat luas-tanpa memungut biaya. Pengunjung sendiri bisa menikmati dua zona berbeda: area taman outdoor yang rindang serta area semi-outdoor dengan suasana lebih modern.
Menariknya, kurasi musik akan berganti setiap akhir pekan, sehingga memberi pengalaman berbeda bagi pengunjung yang datang lebih dari sekali. Meliputi penampilan Swellow, The Cottons, White Shoes and The Couples Company, sampai aksi sederet DJ sohor ibu kota.
(cxo/RIA)