Interest | Art & Culture

Merdunya 3 Lagu yang Jadi Pengiring Royal Wedding Pangeran Abdul Mateen

Senin, 15 Jan 2024 19:30 WIB
Merdunya 3 Lagu yang Jadi Pengiring Royal Wedding Pangeran Abdul Mateen
Jakarta -

Pernikahan Pangeran Abdul Mateen dari Kerajaan Brunei Darussalam dan Anisha Rosnah tengah menjadi buah bibir di kalangan masyarakat dunia, termasuk di Indonesia. Bukan hanya megahnya pernikahan yang berlangsung dari Minggu, 7 Januari 2024 hingga Selasa, 16 Januari 2024 itu, namun kentalnya tradisi kerajaan tersebut ikut menarik perhatian. Misalnya, rilisnya tiga lagu pengiring yang menjadi royal wedding's official song.

Dilansir Radio Televisiyen Brunei, adapun tiga lagu tersebut adalah "Renjana Pengantin Diraja", "Semarak Kasih", dan "Bahtera Mahligai Mempelai Diraja". Menurut tradisi pernikahan Kerajaan Brunei Darussalam, lagu-lagu pengiring pernikahan merupakan sesuatu yang sakral dan dianggap sebagai doa serta wujud penghormatan yang dipanjatkan kepada kedua mempelai.

Bahkan salah satu lagunya yakni "Renjana Pengantin Diraja" menjadi viral di media sosial karena nada dan iramanya enak didengar. Namun untuk menghasilkan lagu-lagu khusus yang diperuntukkan bagi royal wedding tidak bisa sembarangan lho. Pemilihan lagunya pun melalui proses yang panjang lewat sebuah kontes yang diadakan oleh pihak kerajaan.

Kontes karya cipta lagu untuk royal wedding Brunei Darussalam memang kerap diadakan untuk menentukan lagu mana yang cocok menjadi pengiring pernikahan. Bukan hanya pada saat pernikahan Pangeran Mateen dan Anisha saja, tradisi ini telah dilakukan selama beberapa tahun lalu, saat satu per satu anggota keluarga kerajaan menikah.

Penuh dengan Pujian dan Doa

Pemilihan lagu royal wedding Pangeran Mateen dan Yang Mulia Dayang Anisha Rosnah tersebut dipilih tak hanya berdasarkan nada-nada yang enak didengar, namun isi dari lirik yang penuh dengan pujian dan doa.

"Renjana Pengantin Diraja" misalnya. Lagu ciptaan komposer asal Brunei Muhammad Hazwan dan penyanyi Nur Izzah ini menunjukkan lirik yang memuji kedua mempelai yang sama-sama tampan dan cantik bersanding di pelaminan. Ucapan-ucapan doa kebahagiaan atas pernikahan keduanya pun selalu tertulis di setiap lirik lagunya.

Latar musiknya pun terdengar khas Melayu, namun tidak menghilangkan modernitas ala musik masa kini. Tak heran, lagu ini sangat mudah diterima oleh pendengar khususnya masyarakat Indonesia dan Malaysia.

Nah, bagi kamu yang penasaran dengan lagu pengiring pernikahan Pangeran Abdul Mateen dan Anisha Rosnah, simak di bawah ini.

[Gambas:Youtube]

(DIR/tim)

NEW RELEASE
CXO SPECIALS