Interest | Art & Culture

Undang Musisi Internasional, FLAVS Festival 'Unity' Siap Rayakan Hip Hop di Tahun 2023

Kamis, 25 May 2023 17:04 WIB
Undang Musisi Internasional, FLAVS Festival 'Unity' Siap Rayakan Hip Hop di Tahun 2023
Jakarta -

Musim festival musik di tanah air terus berlanjut di pertengahan tahun 2023. Kali ini, giliran festival musik Hip hop, Soul, dan R&B terbesar di Indonesia, FLAVS Festival, yang siap menggelar acara ke-4 mereka di Allianz Ecopark Ancol, Jakarta Utara, pada tanggal 29 dan 30 Juli mendatang.

Hajat FLAVS tahun ini akan tampil lebih berbeda dari tahun-tahun terdahulu. Bisa dilihat dari tema 'Unity' yang mereka usung, yang diharap dapat menjadi api pemantik semangat kolaborasi dalam merayakan berbagai aspek di kancah hip hop, soul, dan R&B dalam negeri.

Pada konferensi pers yang berlangsung hari Selasa (25/5/2023) kemarin, Program Director FLAVS, yang juga seorang rapper, Yacko, menerangkan kalau tema ini dipilih sebagai momen perayaan 50 Years of Global Hip Hop dan 30 Tahun Indonesian Hip Hop. "50 Years of Global Hip hop dimulai dari DJ Kool Herc di Block Party (13 Agustus 1973). At the same time, di Indonesia itu adalah 30 tahun Indonesian Hip Hop yang parameternya adalah albumnya Iwa K, Ku Ingin Kembali yang dirilis tahun 1993," katanya.

FLAVS Festival First Phase Line Up

Demi mewujudkan niat luhur dalam pelaksanaannya, FLAVS Festival 'Unity' yang ingin tampil beda menjadi konsisten saat memilih headliner, dengan menyelipkan sejumlah musisi hip hop internasional. Namun demikian, akar yang FLAVS bawa sejak awal: menaikkan talenta-talenta Hip hop muda dari seluruh Indonesia, tidak dikurangi sedikitpun takarannya.

Sebagai pengumuman fase pertama, FLAVS memastikan kehadiran empat nama artis internasional. Yakni, Kim Yugyeom (Korea Selatan), Loco (Korea Selatan), Lil Pump (Amerika Serikat), DaBaby (Amerika Serikat). Sementara itu, FLAVS juga masih menyimpan satu nama tambahan, yang akan diumumkan dalam waktu dekat.

Di sisi lain, empat stage FLAVS Festival, Boombox Stage, Rhyme & Grind Stage, Bounce Stage, serta Downtown Cypher Stage, juga akan dipenuhi para penampil lokal. Mulai dari DB Mandala, Endah N Rhesa, Farrel Hilal, GAC, Jakarta Tenggelam, Jesicca Janess, Ramengvrl, Salon RNB, Saykoji, Tiara Andini, Yacko, dan masih banyak lainnya.

[Gambas:Instagram]

Penampilan spesial pun turut disuguhkan oleh FLAVS Festival 2023. Sebut saja, Tribute To Glenn Fredly: The Bakuucakar Feat. Andmesh, Kaka 'SLANK' dan Mutia Ayu, Indonesia Rap Time Machine, FLAVS Nu Icon, hingga dua proyek spesial lainnya yang membawa nafas dari tema 'Unity', yang disebut akan memadukan alunan Hip hop dengan genre lain.

Hari Raya Penikmat Culture Hip hop

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, rangkaian kegiatan menuju FLAVS Festival 2023 juga kembali dihadirkan. Salah satunya adalah ajang FLAVS Nu Icon, ajang pencarian bakat yang berfokus kepada talenta-talenta muda menjanjikan di Indonesia. Empat nama muda sudah dipastikan tampil, yakni Chrstpy (Papua), Owwie (Jawa Timur), Raihan (Medan), dan XJonathann (Minahasa).

Konsistensi yang dimuat di dalam FLAVS, menjadikan festival ini sebagai platform yang benar-benar menggandeng para pelaku street art, dan bukan sebagai ornamen pelengkap. Menurut Yacko, "perwujudan lebih nyatanya, bisa dilihat langsung oleh teman-teman yang datang tanggal 29 & 30 Juli nanti lewat sejumlah aktivasi elemen-elemen hip hop di venue Ecopark, Ancol."

Nantinya, para kontestan terpilih dari FLAVS Nu Icon juga akan menunjukan bakatnya pada 29 dan 30 Juli, meliputi DJ Battle, Beatbox Battle, Freestyle Rap Session, BBoy/BGirl Battle, Open Style Battle, hingga Graffiti Battle yang sudah dimulai sejak beberapa waktu lalu.

"Ini sebenarnya udah kita lakukan sejak tahun pertama dan menjadi pembeda, karena kita selalu mencari talenta-talenta street art baru untuk kita bawa ke [FLAVS Festival] Jakarta. Di sini mereka bukan cuma boleh menunjukan kemampuan (battle), tetapi juga bebas untuk menikmati pertunjukan, bisa berjejaring dengan rekan-rekan komunitas, dan lain sebagainya," tambah Yacko kepada CXO Media.

Tidak hanya pertunjukan musik serta bentuk perayaan lainnya, FLAVS Festival 2023 turut menyuguhkan FLAVS The Hustle, sebuah market yang merangkum berbagai kegiatan lain seperti thrifting, workshop, trade show, hingga mempertemukan para musisi emerging dengan pihak record label untuk bertukar karya serta menjalin relasi.

"Kita memang mencoba menjadi wadah untuk itu semua. Kita berharap bisa menjadi rumah, jadi platform yang menjadi momen pertemuan bagi semua yang berada di industri Hip hop Indonesia secara menyeluruh, dan menjadi pencari bibit-bibit unggul, yang akan kemudian diberikan panggung untuk tampil dan menjadi besar," tutup Yacko.

Informasi selengkapnya mengenai FLAVS Festival 'Unity' 2023 bisa diakses melalui laman Instagram @flavs.id.

[Gambas:Audio CXO]

(RIA/tim)

NEW RELEASE
CXO SPECIALS