Interest | Art & Culture

International Publishers Congress ke-33 Diadakan di Jakarta

Rabu, 09 Nov 2022 14:00 WIB
International Publishers Congress ke-33 Diadakan di Jakarta
Jakarta -

International Publishers Congress ke-33 akan diadakan di Asia Tenggara untuk pertama kalinya pada tahun ini, yaitu di Jakarta. Setelah sebelumnya diagendakan pada 2020 di Lillehammer, Norwegia, pandemi COVID-19 yang saat itu tengah meningkat memaksa gelaran ini untuk dibatalkan. Setelah stagnansi yang melanda beberapa tahun ke belakang, International Publishers Congress kali ini diharapkan bisa mengangkat semangat, memfasilitasi pertukaran gagasan, dan menghasilkan inovasi kreatif.

Gelaran ini diselenggarakan oleh International Publishers Association, federasi penerbit nasional, regional, dan spesialis terbesar di dunia yang didirikan pada 1896. International Publishers Congress diselenggarakan tiap dua tahun di negara-negara berbeda untuk memberi kesempatan berdiskusi dan berjejaring bagi penerbit dari seluruh dunia.

Dikutip dari situs International Publishers Congress, pada 2019 Indonesia memiliki industri penerbitan paling produktif di seluruh Asia Tenggara. Pada 2015, Indonesia dinobatkan sebagai Guest of Honour di Frankfurt Book Fair, dengan tema "17.000 Islands of Imagination". Selanjutnya, pada 2019 Indonesia juga menjadi Market Focus Country di London Book Fair. Di Indonesia sendiri, festival atau gelaran terkait buku dan literasi belakangan ini semakin populer. Beberapa yang baru saja diadakan akhir-akhir ini adalah Jakarta Art Book Fair dan Ubud Writers & Readers Festival. Pasca International Publishers Congress, Jakarta bertujuan untuk melanjutkan upayanya untuk menjadi pusat literasi, budaya, dan kesenian di Asia Tenggara.

International Publishers Congress akan menghadirkan 80 organisasi terkait industri penerbitan dari 73 negara. Ada pun beberapa program dari gelaran ini antara lain diskusi mengenai perkembangan teknologi dan pengaruhnya bagi industri kreatif, isu sustainability dalam industri penerbitan, penerjemahan sebagai sarana melawan hegemoni kultural, dan banyak lainnya. Pemberian sejumlah award dari International Publishers Association juga akan berlangsung di acara ini. Bagi peserta internasional, acara ini juga menawarkan tur sekitar Jakarta.

International Publishers Congress ke-33 akan diselenggarakan di Hotel Fairmont Jakarta, Senayan, pada 10-12 November 2022. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi langsung https://www.publisherscongress.com/.

[Gambas:Audio CXO]

(alm/tim)

NEW RELEASE
CXO SPECIALS