Interest | Art & Culture

Tubaba Art Festival Kembali Digelar

Kamis, 03 Nov 2022 15:00 WIB
Tubaba Art Festival Kembali Digelar
Jakarta -

Kabupaten Tulang Bawang Barat Kembali menggelar Tubaba Art Festival edisi ke-6 pada tahun ini. Mengusung tema induk "Self & Space", Tubaba Art Festival kali ini membahas mengenai persoalan diri dan ruang; utamanya hubungan antara seseorang dan hunian yang saling membentuk dan dibentuk. Tubaba Art Festival kali ini merupakan bagian pertama dari proyek trilogi, dari tahun 2022, 2023, dan instalasi terakhir pada 2024.

Anak tema yang diusung dalam gelaran ini adalah "Terrace of Awareness", yang mengomunikasikan pelataran teras sebagai ruang terdepan dari sebuah rumah, di mana aktivitas perkenalan/perjumpaan bermula. Tema ini diangkat untuk menyampaikan undangan berkunjung, berjumpa, dan bercengkrama dalam suatu perayaan kesenian. Gelaran ini juga bertujuan untuk memperkenalkan berbagai karya dan rupa seni yang diciptakan dalam Sekolah Seni Tubaba. Acara-acara yang terdapat dalam festival ini antara lain mencakup pertunjukan teater, seni, dan musik, pameran seni rupa, Keramik Tanoh Nunik, dan kriya, serta pemutaran film, peluncuran dan diskusi buku, workshop, dan bazaar UMKM.

Kabupaten Tulang Bawang Barat sendiri merupakan daerah yang terhitung masih sangat muda—ia baru mengalami pemekaran pada tahun 2008. Pembangunan daerah ini terhitung menyeluruh, dengan tata kota dan aspek-aspek budaya yang dibangun dari awal. Untuk pembangunan daerah, Bupati Kabupaten Tulang Bawang Barat Umar Ahmad mengajak arsitek kenamaan Andra Matin untuk memberi identitas pada daerah baru ini. Salah satu contoh aspek kebudayaan yang dibentuk dari daerah ini adalah Tarian Nenemo. Gerakan tarian ini tercipta dari proses riset untuk merepresentasikan keseharian masyarakat di Tulang Bawang Barat yang mayoritas berprofesi sebagai petani. Nama Nenemo sendiri diambil dari prinsip pembangunan Tulang Bawang Barat yaitu Nemen, Nedes, Nerimo yang berarti bekerja keras, tahan banting, dan ikhlas.

Tubaba Art Festival diselenggarakan di empat venue terpisah di sekitar Kabupaten Tulang Bawang Barat; Kawasan Kota Budaya Uluan Nughik, Sessat Agung (area Islamic Center), Pasar Pulung Kencana, dan halaman Bioksop Tubaba (Area Tugu Rato). Tubaba Art Festival #6 akan berlangsung selama tiga hari mulai dari tanggal 4-6 November 2022.

[Gambas:Audio CXO]

(alm/DIR)

NEW RELEASE
CXO SPECIALS