Interest | Art & Culture

Keseruan Flavs 'Revival' 2022!

Senin, 12 Sep 2022 14:40 WIB
Keseruan Flavs 'Revival' 2022!
Jakarta -

Usai dua tahun absen karena pandemi, Flavs Festival kembali menyapa Indonesia secara langsung, pada akhir pekan (10-11 September 2022) kemarin. Mengusung tema Flavs 'Revival', festival Hip-hop, Soul dan R&B terbesar di Indonesia ini menyajikan lebih dari 50 artis terbaik pada 4 stages mereka di Istora Senayan, Jakarta.

Kemeriahan Flavs 2022 hari pertama (10/9) dibuka oleh sederet musisi muda yang bersinar. Mulai dari Jum'at Gombrong, Sivia, MukaRakat, hingga Krowbar, yang sukses membangkitkan semangat para penonton-kendati ditemani hujan rintik-rintik.

KrowbarKrowbar at Flavs 'Revival' 2022/ Foto: Flavs

Setelah break petang, Flavs 'Revival' lanjut menyuguhkan nama-nama besar pada line up-nya. Dimulai dari penampilan Marion Jola pada Boombox Stage, Kunto Aji pada Bounce Stage, sampai aksi fenomenal Iwa 'The RockFish' K di Rhyme & Grind Stage, yang berhasil mengajak crowd berdendang lepas dan membuat malam pertama Flavs 2022 menjadi lebih indah.

.Iwa K at Flavs 'Revival' 2022/ Foto: Flavs

Di sisi yang lain, yakni Downtown Cypher Stage, ada pula pertempuran Bboy dan BeatBox panas. Flavs 'Revival' hari pertama kemudian ditutup gemilang oleh kolaborasi TIME MACHINE: The R&B Divas, Denada, Reza Artamevia, Sania, Shanty, directed by Nikita Dompas, disusul penampilan Rizky Febian, Kenny Gabriel "The Playground Live Session", kemudian Afgan, T Five, dan memuncak lewat aksi spesial Vocalizm, juga BAP.

[Gambas:Instagram]

Menggenapi keseruan hari sebelumnya, Flavs 'Revival' Day-2 (11/09) kembali dengan sajian yang lebih spektakuler. Kali ini, giliran Westwew, Ghetto Side, Basboi, The Couch Club, Joe Million, dan Salon R&B presents Rl Klav, Gavendri, Moneva yang menghidupkan Istora.

.Sal&B at Flavs 2022/ Foto: Flavs

Flavs 'Revival' Day-2 lalu bersambung usai jeda maghrib, ketika Raisa, Saykoji, Teddhy Aditya, lalu Kaleb J, naik ke atas panggung. Disusul performance Envy*, yang sekaligus membuka Freestyle Rap Session di Downtown Cypher Stage, sampai pengumuman pemenang Graffiti Battle dan DJ Battle.

[Gambas:Instagram]


Tak hanya itu, kolaborasi RAP ROCK UNITED yang melibatkan St.Loco, 7 Kurcaci, Kripikpeudeus, Ragajimesin, Master Wu Ft. Andy/rif, Eka Annash, Iwa K, John Doe, Laze & Yacko turut membahanakan Flavs Festival. Setelahnya, meski disambut hujan sekali lagi, malam puncak Flavs 2022 justru menghangat berkat performance Tiara Andini, Ramengvrl, Blakumuh, Maliq & D'essentials, dan Yura Yunita secara bergantian.

[Gambas:Instagram]

Akhirnya, suguhan Flavs 'Revival' 2022 disempurnakan oleh kolaborasi Symphony From Hell FEAT. DPMB, GNTZ, Mario Zwinkle, Moneva, PB, Ramengvrl, Sade Susanto, Tuan TigaBelas, Uncle T, dan Xaqhala; juga penampilan energik dari NDX AKA.

Secara menyeluruh, Flavs 'Revival' 2022 pantas disebut sukses dan memuaskan, meski tergolong sepi untuk ukuran festival yang didapuk sebagai "Lebaran"-nya anak Hip-Hop, Soul dan R&B di Indonesia, kami rasa, semua yang datang ke Flavs 'Revival' 2022 pun setuju, kalau festival ini mengedepankan simfoni yang selaras dan sekaligus intim; suatu kemewahan yang tampaknya sulit didapat dari festival lain-yang sepantaran dengan Flavs 'Revival' 2022.

Selain itu, Flavs 'Revival' 2022 juga layak diberi cap: festival temu yang berhasil, karena apik memadukan pop culture dengan pegiat "street lifestyle" seperti, Graffiti Writer, Skateboarder, serta kelompok BMX Rider di dalamnya. Lebih dari itu, Flavs 'Revival' 2022 turut menjadi pentas megah bagi Bboy & Bgirl dancer, hingga skena Rap dan Beatbox Tanah Air.

Cheers and fist up once more for the magnificent symphony presented by Flavs 'Revival' 2022!

[Gambas:Audio CXO]



(RIA/DIR)