Interest | Art & Culture

Efek Rumah Kaca Rilis Single "Heroik"

Jumat, 09 Sep 2022 17:02 WIB
Efek Rumah Kaca Rilis Single
Jakarta -

Efek Rumah Kaca baru saja merilis single terbarunya yang berjudul "Heroik" pada hari Jumat (9/9). Single ini merupakan rilisan terbaru dari band rock independen tersebut sejak EP mereka "Jalan Enam Tiga" yang dirilis tahun 2020. Seperti lagu Efek Rumah Kaca yang sudah-sudah, "Heroik" memiliki aransemen yang menggebu-gebu dan lirik yang kuat.

[Gambas:Instagram]

Vokalis Efek Rumah Kaca, Cholil Mahmud, berperan sebagai penulis lirik dari lagu ini. Lagu "Heroik" sendiri menyoroti sosok pahlawan kesiangan yang haus akan pujian namun tidak memiliki ketulusan dalam memberikan solusi. Penggalan liriknya berbunyi:

Peran yang kau pikul
Pamrihnya menyembul
Seolah jawaban tiada pertanyaan
Hanyalah igauan, kau kesiangan

Lirik di atas mengingatkan kita akan sosok wakil rakyat dan pemerintah yang kerap kali "berakrobat" untuk meningkatkan pamor sebagai "pahlawan rakyat". Padahal tindakan-tindakannya tak lebih dari sekedar pencitraan untuk mendapatkan puji-pujian.

"Heroik" menambah daftar lagu Efek Rumah Kaca yang menyindir situasi politik negara ini. Band rock ini memang dikenal dengan lagu-lagunya yang satirical dan provokatif. Beberapa lagu mereka seperti "Di Udara" dan "Mosi Tidak Percaya" bahkan telah menjadi unofficial anthem dari gerakan sosial. Momentum rilisnya "Heroik" ini pun sangat tepat, menyusul kegaduhan akibat naiknya harga BBM yang belakangan membuat banyak masyarakat resah.

"Heroik" bisa didengar di berbagai platform musik digital seperti Spotify, JOOX, Apple Music, Deezer, Tidal, YouTube Music, dan Amazon Music. Selamat mendengarkan!

[Gambas:Audio CXO]

(ANL/DIR)