Interest | Art & Culture

Memahami Alasan Drama Korea Hanya Punya Sedikit Episode

Rabu, 20 Jul 2022 14:00 WIB
Memahami Alasan Drama Korea Hanya Punya Sedikit Episode
Jakarta -

Drama Korea adalah salah satu tontonan yang paling sering diminati oleh para Gen Z. Selain para pemerannya yang memiliki tampang sangat rupawan, alur cerita yang dibawakan oleh drama-drama Korea juga sangatlah menarik untuk terus diikuti. Namun, berbeda dengan serial barat yang memiliki banyak season, sangat jarang drama Korea yang menawarkan lanjutan season dari penayangan perdananya. Mengapa demikian, ya?

Di Korea, penayangan drama dilakukan secara tradisional, yaitu mingguan dalam dua atau empat segmen setiap minggu. Drama Korea biasanya berlangsung antara 16 sampai 20 episode sehingga mencakup delapan hingga sepuluh minggu untuk selesai. Setiap drama biasanya dibuat hanya untuk satu season dengan satu alur cerita yang padat. Sehingga, menonton drama Korea membuat para penonton merasa seperti menonton satu film panjang daripada menonton satu atau dua season layaknya serial barat.

Tidak hanya itu, menurut Jean Libert yang selalu menikmati drama Korea untuk menyempurnakan kemampuan bahasa Koreanya mengatakan bahwa pengikut drama Korea terbiasa menyelesaikan alur cerita drama Korea dalam satu season saja. Penikmat drama Korea selalu mengharapkan semacam kesimpulan di episode terakhir dan tidak mengharapkan kelanjutan cerita di season selanjutnya. Menonton drama Korea layaknya menutup buku pada satu cerita ketika drama tersebut berakhir. Selain itu, para penikmat drama Korea juga sudah terbiasa dengan kultur drama Korea yang selesai dalam 16 sampai 20 episode. Bagi mereka, memotong suatu cerita yang berkesinambungan dan menunggu beberapa waktu untuk penyelesaiannya sangat merusak momentum yang menimbulkan rasa ketidakpuasan dan kesal sehingga malas untuk melanjutkannya sampai mencapai kesimpulan.

Beralih ke sisi produksi, drama Korea hanya memilih aktor-aktor besar untuk mengisi peran di dalam dramanya untuk menarik penonton. Berbeda dengan serial barat di mana mereka menggunakan nama-nama aktor dan aktris baru sebagai batu loncatan karir mereka untuk mengisi film-film Hollywood. Hal ini pun membuat rumah produksi Korea yang memiliki anggaran terbatas merogoh kocek cukup dalam untuk memproduksi dramanya. Para aktor dan aktris Korea pun tidak mendedikasikan banyak waktunya untuk mengisi sebuah drama saja, mengingat nama mereka yang sudah besar di dunia hiburan.

Meskipun demikian, kini banyak drama Korea yang mulai digarap dengan beberapa season lanjutan, seperti Kingdom, Love Alarm, Hospital Playlist, dan masih banyak lagi. Faktanya, serial ini tetap amat dinikmati oleh para penontonnya. Jika diminta untuk memilih, kira-kira kamu tim drama Korea 16 episode saja atau drama Korea yang memiliki banyak season?

[Gambas:Audio CXO]



(DIP/HAL)