Interest | Art & Culture

Yang Bisa Kita Nantikan dari Ghibli Park

Selasa, 05 Jul 2022 18:04 WIB
Yang Bisa Kita Nantikan dari Ghibli Park
Jakarta -

Para pecinta film Studio Ghibli harus bersiap-siap, sebab Ghibli Park akan segera dibuka pada 1 November 2022! Film-film Ghibli selalu bisa membawa kita ke dunianya yang magis dan penuh keajaiban. Dan sekarang, dunia tersebut akan dihidupkan secara nyata ke dalam sebuah taman hiburan. Apa saja yang akan ada di dalamnya?

Berbeda dari taman hiburan seperti Disneyland atau Universal Studio, di dalam Ghibli Park tidak akan ada wahana permainan dalam skala besar seperti roller coaster atau sejenisnya. Taman ini dibangun di area Aichi Earth Expo Memorial Park, di kota Nagakute, Jepang. Hayao Miyazaki sendiri berpesan agar tidak ada pohon yang ditebang dalam proses pembangunan taman ini. Seluruh formasi Ghibli Park pun dibuat mengikuti alam yang sudah ada di taman tersebut.

Sebelum Ghibli Park dibangun, di area Aichi Earth Expo Memorial Park sudah ada terlebih dahulu rumah Satsuki dan Mei yang terinspirasi dari My Neighbor Totoro (1998). Hingga akhirnya pada tahun 2017, Aichi mengumumkan area yang lebih besar akan dikembangkan menjadi Ghibli Park. Nantinya, akan ada 5 area atau wahana yang menjadi atraksi utama.

Area pertama adalah Hill of Youth yang terinspirasi dari Howl's Moving Castle (2004). Di Hill of Youth akan ada World Emporium, toko barang antik bergaya Eropa yang diadaptasi dari Whisper of the Heart (1995). Area kedua dari Ghibli Park adalah Ghibli's Grand Warehouse, sebuah area indoor yang menyimpan berbagai koleksi artefak dari film Studio Ghibli. Selain menyimpan exhibition, di dalam warehouse ini akan ada juga playground, cinema, dan juga restoran. Selanjutnya untuk area ketiga adalah Dondoko Forest yang terinspirasi dari My Neighbor Totoro. Dondoko Forest sendiri akan dibangun di area bukit yang ada di belakang rumah Satsuki dan Mei.

Tiga area di atas akan selesai dibangun pada November 2022 ketika Ghibli park dibuka untuk publik. Namun, dua area lainnya baru akan dibuka tahun 2023. Kedua area tersebut adalah Valley of Witches dan Mononoke Village. Nantinya di dalam Valley of Witches akan ada beragam atraksi yang terinspirasi dari Howl's Moving Castle dan Kiki's Delivery Service (1989), termasuk toko roti tempat Kiki bekerja di mana nantinya pengunjung juga bisa membeli roti di sini. Sementara itu di Mononoke Village, pengunjung akan disuguhi dengan Irontown dan setting era Muromachi yang menjadi latar film Princess Mononoke (1997).

Hingga saat ini, belum ada informasi mengenai harga tiket untuk masuk ke Ghibli Park. Namun, sudah ada banyak pengunjung yang antusias untuk menunggu dibukanya taman ini. Buat kamu penggemar Ghibli, ayo menabung dari sekarang supaya bisa menikmati Ghibli Park!

[Gambas:Audio CXO]



(ANL/MEL)