Interest | Art & Culture

Busting Myths: Potong Kuku di Malam Hari Memperpendek Umur

Selasa, 28 Jun 2022 20:00 WIB
Busting Myths: Potong Kuku di Malam Hari Memperpendek Umur
Jakarta -

Kuku-kuku jemari adalah bagian kecil dari manusia yang perlu diperhatikan meski sering disepelekan. Banyak pakar kesehatan mengungkap bahwa, terdapat banyak bakteri atau kuman yang bisa menyelip di antara celah-celahnya. Oleh karena itu, kebersihan kuku penting untuk dijaga dengan rutin memangkasnya, entah itu siang hari atau malam hari. Namun, ada sebuah mitos warisan nenek moyang melarang kegiatan memotong kuku saat malam telah tiba.

Kegiatan memotong kuku di malam hari memang kerap dipertanyakan kebolehannya. Hal ini berkenaan dengan sebuah mitos yang dianggap 'pamali' dan bisa membawa hal buruk bagi yang melanggar; seperti memperpendek umur. Mitos warisan nenek moyang satu ini terus beredar lestari di masyarakat Indonesia. Buktinya, sejumlah orang tua belum berhenti melarang anak-anaknya untuk memotong kuku di malam hari. Namun demikian, benarkah memotong kuku sewaktu malam dapat memperpendek umur? Dan patutkah memotong kuku saat malam dilarang?

.Ilustrasi menggunting kuku/ Foto: Veectenzy

Jika dilihat secara legal, maka memotong kuku-kuku jemari di malam hari tentu boleh-boleh saja. Sebab sampai saat ini, tidak ada peraturan hukum apapun yang menuliskan bahwa manusia tidak boleh memotong kuku jarinya saat malam tiba. Sementara dari sudut pandang ilmiah, dua hal tersebut tidak menunjukkan suatu keterkaitan. Apalagi sejauh ini, belum ada data ilmiah yang bisa membuktikan jika memotong kuku saat malam sama dengan memperpendek umur.

Sebaliknya, memotong kuku secara rutin dan berkala justru lebih mungkin memperpanjang usia hidup manusia. Sebab ketika kuku dipotong secara teratur, maka risiko terserang penyakit akibat bakteri atau kuman    yang mungkin saja terselip di antara penghujung jemari menjadi lebih rendah; dan malah membuat kualitas kesehatan kita jauh lebih bugar. Sampai pada titik ini, keterkaitan antara memotong kuku saat malam dan umur pendek memang sukar terbuktikan. Maka pantas jika banyak orang yang menganggap anggapan ini hanyalah bualan mitos semata.

.Ilustrasi gunting kuku/ Foto: Veectenzy

Walaupun begitu, sebenarnya mitos ini tidak serta merta dapat disebut salah. Karena, apabila kita melihatnya secara lebih menyeluruh, rasanya mitos ini mungkin ada benarnya juga. Terlebih jika ketika mau melihat dari sudut pandang para tetua di masa lalu, yang mengkhawatirkan keamanan dalam memotong kuku di waktu malam    yang mana di masa lalu, malam belum dilengkapi teknologi canggih yang dapat mengusir keremangan secara menyeluruh.

Oleh sebab itu, sepertinya mitos ini bisa saja kita wajari keberadaannya dan lebih dianggap sebagai pengingat untuk berhati-hati saat memotong kuku. Ditambah lagi, sewaktu malam, fokus atau konsentrasi manusia bisa saja berkurang. Sementara memotong kuku adalah kegiatan yang memerlukan ketelitian, sebab mengandalkan sebuah benda tajam. Jadi kesimpulannya, memotong kuku di malam hari bukanlah sesuatu yang dilarang dan dapat menyebabkan umur menjadi lebih pendek. Lagipula, jika keadaan tidak begitu mendesak, kita tetap boleh memotong kuku di malam hari, bukan?

[Gambas:Audio CXO]

(RIA/DIR)