Interest | Art & Culture

Glastonbury Recap

Senin, 27 Jun 2022 20:00 WIB
Glastonbury Recap
Jakarta -

Glastonbury Festival kembali diadakan setelah dua tahun absen. Festival ini diselenggarakan selama lima hari dari 22 Juni hingga 26 Juni 2022. Headliners tahun ini muncul dari generasi yang beragam, Billie Eilish yang berusia 20 tahun menjadi solo headliner termuda sedangkan Paul McCartney yang berusia 80 tahun menjadi headliner tertua. Berbagai momen bersejarah terjadi di Glastonbury tahun ini, mulai dari penampilan spektakuler dari Paul McCartney hingga kembalinya Lily Allen.

Penyelenggaraan festival ini juga bertepatan dengan dibatalkannya Roe V Wade, yaitu hak aborsi yang selama ini dilindungi oleh konstitusi Amerika Serikat. Dari Olivia Rodrigo hingga Lorde, para musisi yang tampil pun menggunakan momentum ini untuk ikut menyuarakan protes mereka. Apalagi momen bersejarah yang terjadi di sini? Berikut adalah rekap dari Glastonbury Festival 2022!

Penampilan Bersejarah dari Paul McCartney

.Dave Grohl, Paul McCartney and Bruce Springsteen/ Foto: Getty Images/Harry Durrant


Penampilan dari Paul McCartney disebut-sebut sebagai penampilan paling bersejarah di Glastonbury. Di hadapan 100.000 penonton, mantan personil The Beatles itu memberikan penampilan spektakuler selama hampir 3 jam. Ia membawakan lagu-lagu legendaris seperti Let It Be dan Hey Jude yang berhasil membuat seluruh penonton sing-along. Tak hanya itu, Bruce Springsteen dan Dave Grohl pun ikut naik ke panggung untuk meramaikan penampilan Paul. Tapi, kejutan paling spesial adalah ketika Paul berduet secara virtual dengan John Lennon. Efek visual ini dihadirkan oleh Peter Jackson yang menyutradarai dokumenter The Beatles berjudul Get Back.

Greta Thunberg Jadi Tamu Spesial

.Greta Thunberg/ Foto: Dave J Hogan/Getty Images/Dave J Hogan


Aktivis lingkungan Greta Thunberg menjadi tamu kejutan di Glastonbury. Ia naik ke Pyramid Stage untuk menyuarakan keresahannya mengenai krisis iklim. Di panggung utama tersebut, Greta mengkritik pemerintah yang melakukan greenwashing dan tak kunjung mengambil langkah signifikan untuk menghentikan perubahan iklim. Greta juga mengingatkan bahwa perubahan iklim bukanlah "the new normal" dan akan terus memburuk apabila dibiarkan.


Penampilan Olivia Rodrigo dan Lily Allen

. Lily Allen and Olivia Rodrigo/ Foto: WireImage/Joseph Okpako


Lily Allen mengejutkan penonton dengan naik ke panggung di set Olivia Rodrigo. Lily yang telah absen dari panggung musik selama beberapa tahun bergabung bersama Olivia untuk menyanyikan lagunya yang berjudul F*** You. Lagu ini dibawakan sebagai respons terhadap Mahkamah Agung Amerika Serikat yang membatalkan hak aborsi. Sesaat sebelum lagu ini dinyanyikan, Olivia mengatakan bahwa lagu ini didedikasikan untuk para hakim Mahkamah Agung yaitu Samuel Alito, Clarence Thomas, Neil Gorsuch, Amy Coney Barrett, dan Brett Kavanaugh.

Pernyataan dari Lorde

.Lorde/ Foto: Redferns/Matthew Baker


Kecaman terhadap Mahkamah Agung Amerika Serikat juga datang dari penyanyi pol asal New Zealand, Lorde. Lorde yang tampil dengan gaya rambut barunya itu menghibur penonton dengan lagu-lagu dari album terbarunya, Solar Power, dan juga beberapa lagu dari albumnya yang terdahulu yaitu Melodrama. Saat membawakan lagu Secrets From A Girl (Who's Seen It All), Lorde menyampaikan pidato berapi-api mengenai hak perempuan terhadap tubuhnya. Di akhir lagu, Lorde pun mengatakan "F*** the Supreme Court."

[Gambas:Audio CXO]



(ANL/MEL)