Interest | Art & Culture

Mau Belajar Keramik di Jakarta, di Mana?

Minggu, 05 Jun 2022 16:00 WIB
Mau Belajar Keramik di Jakarta, di Mana?
Foto: Semesta Living/Instagram
Jakarta -

Di sela-sela kesibukan, pastinya kita membutuhkan aktivitas seru yang bisa melepas penat. Di Jakarta, mungkin kamu sudah bosan hangout di tempat kopi yang menjual minuman overpriced atau pergi ke pusat perbelanjaan yang selalu ramai. Tapi, tahukah kamu kalau di Jakarta kita bisa menemukan banyak kegiatan untuk mengasah kreativitas sambil melepas penat? Salah satunya, yaitu belajar membuat pottery atau keramik.

Di Jakarta, ada banyak studio yang menawarkan workshop untuk belajar membuat keramik. Dengan belajar membuat keramik, kamu bisa bermain-main dengan tanah liat dan menyulapnya menjadi sebuah kerajinan. Kamu juga bisa bersembunyi sejenak dari ingar bingar ibu kota dan memfokuskan energimu untuk sesuatu yang menyenangkan. Kami merangkum beberapa rekomendasi bagi kalian yang tertarik untuk belajar keramik!

Kandura StudioKandura Studio/ Foto: Kandura Workshop/Instagram

Kandura Studio
Kandura Studio merupakan studio yang memproduksi keramik sejak tahun 2005. Kandura selama ini dikenal dengan produk-produk tableware yang dibuat dengan sentuhan modern. Keterampilan dari para pengrajin keramik di Kandura membuat mereka pernah dipercaya membuat wall tiles untuk dipasang di Museum Bank Indonesia. Selain memproduksi keramik, Kandura juga menawarkan kelas-kelas bagi masyarakat yang tertarik untuk belajar keramik. Beberapa kelas offline yang ditawarkan adalah Painting on Bisque, Handbuilding Pinching, Handbuilding Coiling, dan Private Throwing Wheel. Kelas-kelas yang ditawarkan berkisar antara Rp200 ribu hingga Rp600 ribu. Kalian bisa mengunjungi Kandura Studio yang terletak di Jalan Bangka, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

Tanakita CeramicsTanakita Ceramics/ Foto: Tanakita Ceramics/Instagram

Tanakita Ceramics
Bergeser ke Jakarta Barat, kamu bisa berkunjung ke Tanakita Ceramics. Sejak berdiri tahun 2019, Tanakita sudah menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi bagi para pemula yang ingin mendalami kerajinan ini. Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun juga bisa ikut dalam kelas-kelas yang disediakan ini. Mulai dari kelas untuk pemula hingga kelas intensif, ada banyak pilihan kelas yang ditawarkan seperti handbuilding, wheel throwing, dan ceramic painting. Untuk kelas pemula, per sesi berdurasi dua jam dengan tarif seharga Rp300 ribu. Kamu bisa mengunjungi Tanakita Ceramics di Tanjung Duren, Jakarta Barat.

EiraEira/ Foto: Eira Keramik/Instagram

Eira
Meski baru berdiri selama 1 tahun, tapi Eira telah menjadi salah satu pilihan bagi warga Jakarta untuk belajar keramik. Eira sendiri merupakan studio yang berlokasi di sebuah rumah di mana kamu bisa mendapatkan sesi privat one-on-one dengan instrukturnya. Di sini, kamu bisa mengikuti kelas untuk mempelajari berbagai teknik pembuatan keramik, mulai dari handbuilding sampai wheel throwing. Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga terbuka untuk mengikuti kelas-kelas di sini. Eira berlokasi di Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Setiap sesi dari Eira berdurasi 3 jam.

Semesta LivingSemesta Living/ Foto: Semesta Living/Instagram

Semesta Living
Semesta Living didirikan pada tahun 2020 untuk mengekspresikan kecintaan terhadap seni keramik. Produk-produk keramik yang ditawarkan oleh Semesta Living mengambil inspirasi dari alam Indonesia dan semuanya dibuat oleh pengrajin lokal. Mereka juga menyediakan beberapa pilihan kelas bagi kamu yang tertarik untuk belajar, yaitu hand-built pottery dan wheel pottery. Nanti, kamu akan diajarkan teknik-teknik dasar seperti wheel throwing, trimming, dan glazing. Kelas-kelas yang ditawarkan bisa diikuti mulai dari Rp300 ribu per sesi. Semesta Living bisa kamu kunjungi di daerah Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Gallery KolekanGallery Kolekan/ Foto: Gallery Kolekan/Instagram

Gallery Kollekan
Gallery Kollekan didirikan pada tahun 1998 oleh Yetty Tamsil dan Wati Karmojono untuk mewadahi hobi mereka berdua dalam membuat keramik. Yetty dan Wati sendiri belajar seni keramik dengan Liem Keng Sien, salah satu seniman keramik Indonesia. Keterampilan dari para pengrajin Gallery Kolekan memang tak dipertanyakan lagi, mereka telah berpartisipasi dalam berbagai pameran dan dipercaya untuk membuat keramik bagi beberapa klien seperti Ritz Carlton dan Four Seasons. Oleh karena tingginya antusiasme dari orang-orang sekitar, akhirnya Gallery Kolekan juga menyediakan kelas-kelas bagi masyarakat awam. Hanya dengan mengeluarkan Rp150 ribu, kamu sudah bisa mengikuti sesi dengan durasi kelas 2 jam. Gallery Kolekan beralamat di Cipete, Jakarta Selatan.

[Gambas:Audio CXO]



(ANL/HAL)