Interest | Art & Culture

Pengaruh Billboard dalam Industri Musik

Minggu, 15 May 2022 14:00 WIB
Pengaruh Billboard dalam Industri Musik
Foto: Getty Images
Jakarta -

Billboard telah menjadi salah satu media terpenting dalam industri musik global. Bahkan, seorang musisi bisa dikatakan telah berhasil mencetak prestasi dalam karirnya kalau ia telah masuk ke dalam tangga lagu Billboard. Tangga lagu Billboard Top 100 memang telah menjadi standar emas bagi musisi yang ingin karyanya diakui. Namun, Billboard sendiri lebih dari sekedar tangga lagu. Billboard merupakan publikasi yang selama lebih dari satu abad terakhir aktif membentuk industri musik. Selain memberi kabar terkini dari dunia permusikan dan rutin menerbitkan tangga lagu, Billboard juga memberi apresiasi bagi para musisi melalui Billboard Music Awards yang diadakan setiap tahunnya. Lantas, bagaimana Billboard bisa memiliki pengaruh yang sangat besar dalam industri musik?

Perjalanan Billboard bermula sebagai sebuah majalah yang didirikan pada tahun 1840 oleh William Donaldson serta James Hennegan di Amerika Serikat. Pada awalnya, majalah ini membahas segala sesuatu yang menarik dari poster yang terpampang di billboard atau papan iklan. Pada saat itu, ruang publik memang menjadi satu-satunya tempat untuk beriklan, dan papan iklan yang berdiri di jalan adalah pilihan paling populer. Setelah beberapa waktu, Donaldson akhirnya membeli saham Hennegan untuk menyelamatkan majalah tersebut dari kebangkrutan. Fokus dari majalah tersebut kemudian bergeser ke industri hiburan dengan meliput berbagai macam pertunjukan mulai dari sirkus, karnival, dan juga burlesque.

Memasuki abad ke 20, seiring dengan berkembangnya teknologi musik jukebox, Billboard menjadi semakin fokus di bidang musik. Salah satu gebrakan yang dilakukan Donaldson adalah pada tahun 1920 ia mempekerjakan jurnalis keturunan Afrika-Amerika bernama James Albert Jackson. Jackson dipekerjakan untuk menulis kolom mingguan mengenai musisi Afrika-Amerika, yang pada saat itu masih mengalami diskriminasi dan tidak mendapat tempat di industri musik arus utama. Kemudian pada tahun 1940, Billboard akhirnya merilis tangga lagu pertamanya di bawah tajuk "Music Popularity Chart" yang memuat kategori Records Most Popular on Music Machines serta National and Regional List of Best Selling Retail Records.

Hari ini, tangga lagu Billboard telah menjadi yang paling terpopuler dan berpengaruh di dunia. Billboard juga mengeluarkan tangga lagu untuk berbagai kategori yang beragam. Beberapa di antaranya adalah Billboard Hot 100, Billboard 200, Billboard Artist 100, Billboard Streaming Songs, Billboard Digital Song Sales, hingga Billboard Independent Albums. Tangga lagu ini juga dibuat untuk mengakomodasi berbagai genre musik, mulai dari Pop, R&B, Country, hingga Rock. Tak hanya musisi Amerika Serikat, Billboard juga memasukkan hits dari musisi mancanegara. Contohnya saja, lagu dari Tulus yang berjudul "Hati-Hati di Jalan" berhasil menembus Billboard Global 200.


Sejak awal, tangga lagu yang dibuat oleh Billboard memang disusun berdasarkan popularitas dan tingkat penjualan dari sebuah lagu atau album. Popularitas ini ditentukan berdasarkan data organik, misalnya berapa kali lagu diputar, berapa kali sebuah lagu diunduh, berapa jumlah penjualan album, atau seberapa tinggi interaksi antara musisi dengan fans di media sosial mereka. Ini juga lah yang menjadi pembeda utama antara Billboard Music Awards dengan Grammy Awards atau ajang penghargaan bergengsi lainnya. Apabila di Grammy Awards pemenang dipilih berdasarkan hasil voting dari komite Recording Academy, pemenang di Billboard Music Awards justru ditentukan melalui data yang menunjukkan bagaimana sebuah karya musik direspon oleh publik. Dengan demikian, para fans dari para musisi bisa terlibat langsung dalam menentukan apakah musisi mereka akan dihadiahi penghargaan atau tidak. Beberapa musisi yang pernah memboyong piala dari Billboard Music Awards adalah Whitney Houston, Destiny's Child, Ed Sheeran, Taylor Swift, dan BTS.


Billboard memberi tempat bagi musisi dari berbagai genre dan latar belakang. Inilah yang membedakan Billboard dengan media dan ajang penghargaan lainnya. Oleh karenanya, exposure dan apresiasi yang diberikan Billboard kepada berbagai musisi global sangat mempengaruhi dinamika industri musik hari ini. Sehingga wajar saja kalau Billboard didapuk sebagai salah satu media terpenting dalam industri musik.


Tahun ini, Billboard Music Awards akan kembali diselenggarakan untuk memberi apresiasi kepada musisi-musisi. Beberapa musisi yang menjadi nominasi adalah Drake, Doja Cat, Adele, dan Justin Bieber. Saksikan kemeriahan Billboard Music Awards 2022 yang tayang di cxomedia.id pada hari Senin, 16 Mei pukul 07.00 WIB yang didukung oleh Pegadaian Digital, The Palace Jeweler, Honda, dan Samsung Galaxy A Series!

(ANL/MEL)