Interest | Art & Culture

Tembang Religi Favorit ABG 2005

Senin, 18 Apr 2022 16:38 WIB
Tembang Religi Favorit ABG 2005
Jakarta -

Bulan puasa di Indonesia selalu menyuguhkan aroma khas di setiap kedatangannya. Mulai dari serangkaian iklan khas Ramadan di televisi, ramainya promo diskonan di pusat perbelanjaan, hingga banyaknya tembang religi yang diciptakan para musisi.

Selama abad milenia, para musisi di Indonesia terbilang produktif menciptakan karya ketika bulan Ramadan tiba. Terutama, pada pertengahan tahun 2000an. Sejumlah musisi ternama dari berbagai genre musik, bahkan bisa disebut memiliki lagu atau album religi tersendiri yang populer.

Untuk kembali menyegarkan ingatan kita dengan tembang-tembang religi yang sempat berjaya di pertengahan 2000an, CXO Media merangkum beberapa lagu religi khas Ramadan, yang bisa membuat kita bernostalgia sekaligus merayakan Ramadan dengan indahnya alunan yang menyejukkan.


1. Tombo Ati - Opick (2005)

.Opick/ Foto: Spotify



Tembang pertama di daftar ini adalah yang paling menyentuh hati. Jauh sebelum memperkenalkan lagu Ramadan Tiba yang sukses besar, Lagu Tombo Ati dari Opick, lebih dahulu menempel di hati para pendengar musik Tanah Air, sekaligus menandakan eksistensi Opick, sang penyanyi pop religi di dunia permusikan. Popularitas lagu Tombo Ati memang sulit terbantahkan. Pada masanya, lagu ini pernah menjadi lagu tema Ramadan di salah satu stasiun tv ternama. Sedangkan di masa kini, lagu Tombo Ati masih sering diputar ketika hajat keagamaan digelar. Selain itu, Tombo Ati ternyata memiliki arti yang sangat mendalam, serta terinspirasi dari tembang yang diciptakan Sunan Bonang.

2. Pintu Sorga - Gigi (2006)

.Gigi/ Foto: Spotify


Pintu Sorga bukanlah lagu dan/atau album religi pertama Gigi yang mencatat sukses besar. Tetapi, lagu ini bisa disebut sebagai salah satu tembang religi populer, mengingat Pintu Sorga cukup rajin dimainkan hingga sekarang. Fakta unik dari lagu ini--sekaligus yang membuatnya semakin dikenal--adalah adanya kesamaan nada dengan lagu dangdut berjudul Bang Toyib. Oleh karena itu, meskipun Pintu Sorga versi Gigi masih dilantunkan, banyak orang justru memutar Pintu Sorga untuk kemudian diparodikan menjadi lagu Bang Toyib.

3. Jika Surga dan Neraka Tak Pernah Ada - Chrisye ft Ahmad Dhani (2004)

.Chrisye/ Foto: Spotify


Ramadan adalah kesucian. Melalui Jika Surga dan Neraka Tak Pernah Ada, Chrisye bersama Ahmad Dhani menyuguhkan suatu alunan suci yang menghanyutkan. Para pendengar diajak merenung dan berefleksi diri, di antara musiknya yang magis dan mudah meresap di ingatan. Lagu ini juga disebut monumental sebab menjadi salah satu nomor di album paling terakhir Chrisye yang berjudul Senyawa.

4. Ramadan Datang - Tompi (2010)

.Tompi/ Foto: Spotify


Suara khas penyanyi sekaligus dokter satu ini, memang sulit terlupakan. Buktinya, hanya membaca sepenggal frasa dari judul di atas, kita sudah terngiang nada lagu tersebut. Ya, lagu Ramadan Datang memang populer di akhir tahun 2000an. Selain menawarkan nuansa Pop Jazz ala Tompi, lagu disebut sebagai pendobrak mayoritas lagu religi yang kebanyakan bernada melayu.

5. Marhaban Ya Ramadan - Haddad Alwi ft Anti (2009)

.Haddad Alwi/ Foto: Spotify


Mungkin, lagu ini merupakan salah satu lagu paling wajib untuk dimainkan ketika Ramadan tiba. Kolaborasi apik antara Haddad Alwi, yang sudah malang melintang di permusikan religi Tanah Air, dengan Anti, seorang penyanyi cilik yang berkarakter, sukses membuat tembang satu ini abadi. Meskipun unsur anak-anak cukup terdengar dalam lagu ini, kekhusyukan dan makna liriknya yang mendalam sanggup membuat semua pendengar tersentuh hatinya, terlebih ketika menjelang bulan puasa.

6. Tobat Maksiat - Wali (2012)

.Wali/ Foto: Spotify


Dari judul dan nama penyanyinya saja, kita sudah tau, tembang satu ini adalah andalan di kelas musik religi. Pada lagu Tobat Maksiat atau Tomat, Wali lagi-lagi menunjukan kepiawaiannya dalam memotret fenomena di sekitar mereka menjadi alunan yang religius sekaligus renyah dan jenaka. Tidak heran, hampir seluruh rekan sebaya kita mengetahui lagu Tomat bahkan tidak segan untuk ikut menyanyikannya.

7. Andai Ku Tahu - Ungu (2012)

.Ungu/ Foto: Spotify


Lagu Andai Ku Tahu hanyalah satu dari sekian banyak lagu religi milik Pasha dkk. yang populer di pasaran. Ungu memang rajin memproduksi lagu religi. Tetapi agaknya, Andai Ku Tahu ini cukup bernilai spesial, karena perpaduan antara penghambaan, ketaatan dan penyesalan, berbaur hikmat pada nada yang menyentuh hati dan mengajak pendengarnya untuk kembali mawas diri.

8. Insha Allah - Maher Zain (2009)

.Maher Zain/ Foto: Spotify


Walaupun materinya didominasi Bahasa Inggris, lagu yang dibawakan oleh penyanyi asal Lebanon ini sangat diterima masyarakat Indonesia, terlebih ketika momen Ramadan tiba. Maher Zain dan karyanya--termasuk Insya Allah--mulai dikenal berkat kesuksesannya di platform YouTube dan Facebook. Di Indonesia sendiri, Album Thank You Allah Maher Zain sangat diapresiasi, bahkan lagu Insha Allah sampai dialihbahasakan ke dalam Bahasa Indonesia menjadi Insya Allah Ada Jalan dan sangat populer.

9. Kebesaran Mu - ST12 (2013)

.ST12/ Foto: Spotify


Jagoan melayu-pop 2000an satu ini, tidak ketinggalan dalam mencetak tembang religi hits. Charly dan kepiawaiannya memilih diksi, lagi-lagi berhasil mengalunkan lagunya di kepala para pendengar. Lirik "Allahu Akbar Maha Besar, MemujaMu begitu indah~" secara otomatis terputar di kepala bersama cengkok nada khas Charly Van Houten.

10. Takbiran - Ustadz Jefri Al Buchori (2006)

.Ust Jefri Al Buchori/ Foto: Spotify


Lagu terakhir, banyak dimainkan ketika bulan Ramadan telah mencapai penghujungnya. Karya Alm Ust. Jefri Al Buchori atau Uje ini, adalah salah satu yang paling laris di pasaran ketika menjelang Lebaran. Bahkan pada masanya, lagu takbiran versi Uje ini menyeragamkan lantunan Takbiran diĀ 

[Gambas:Audio CXO]

(RIA/DIR)