Interest | Art & Culture

Momen-Momen Bersejarah di GRAMMY Awards 2022

Senin, 04 Apr 2022 19:30 WIB
Momen-Momen Bersejarah di GRAMMY Awards 2022
Jakarta -

GRAMMY Awards® ke-64 telah berhasil diselenggarakan di MGM Grand Garden Arena, Las Vegas! Setelah tahun kemarin GRAMMY® diselenggarakan tanpa adanya audiens karena pandemi, tahun ini GRAMMY® kembali diadakan secara meriah. Dalam GRAMMY® tahun ini, ada banyak momen-momen bersejarah yang tak terlupakan, mulai dari penampilan Billie Eilish yang memukau, tribute kepada Taylor Hawkins, hingga kemenangan besar bagi Jon Batiste dan Silk Sonic. Apa saja momen-momen bersejarah tersebut? Berikut ulasan lengkapnya!

BTS Tampil Memukau

.V BTS dan Olivia Rodrigo/ Foto: Getty Images for The Recording Academy/Kevin Mazur


Tahun ini, BTS kembali menunjukkan kehebatan mereka di panggung GRAMMY® . Boyband yang dinominasikan untuk Best Pop Duo/Group Performance ini membawakan Butter dengan aksi panggung teatrikal. RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, Taehyung dan Jungkook kompak mengenakan setelan jas serba hitam. Di awal penampilan mereka, tampak Jungkook yang turun dari langit-langit. Pandangan pun berganti ke anggota BTS lainnya yang sedang duduk bersama nominasi lainnya. Salah satu personil BTS, V, terlihat membisikan sesuatu ke Olivia Rodrigo seraya mengambil kartu dari balik rambutnya. V kemudian melemparkan kartu ke arah Jungkook yang berada di atas panggung dan dentuman lagu Butter pun dimulai. Meski tak berhasil membawa pulang piala, tapi penampilan BTS berhasil memukau semua orang.

Billie Eilish Memberi Penghormatan Kepada Taylor Hawkins

.Penampilan Billie Eilish/ Foto: Getty Images for The Recording Academy/Rich Fury


Billie Eilish membawakan lagu Happier Than Ever dalam set panggung berbentuk rumah seperti seperti di videonya. Di sini Billie tidak tampil sendirian, Ia diiringi dengan permainan gitar dari saudaranya, Finneas, yang juga mendapat nominasi untuk Best New Artist. Di klimaks penampilannya, Billie dan Finneas diguyur hujan buatan dan dengan sukses menghidupkan suasana lagu yang mereka bawakan. Selain penampilan Billie yang memukau ini, pilihan pakaian Billie juga menjadi sorotan. Billie memakai kaus bergambar wajah Taylor Hawkins, drummer Foo Fighters yang baru berpulang akhir Maret lalu. Bentuk penghormatan dari Billie kepada Taylor ini membuat penampilan Billie menjadi lebih emosional dan tak terlupakan.

Pesan dari Ukraina Untuk Dunia

.Penampilan John Legend/ Foto: Getty Images for The Recording Academy/Rich Fury


Di tengah kemeriahan acara, pesan-pesan perdamaian muncul dari Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, memberikan pidato singkat secara daring. Dalam pidatonya, ia mengatakan, "Our musicians wear body armor instead of tuxedos." Pidato yang emosional itu kemudian dilanjutkan dengan penampilan dari John Legend yang membawakan lagu Free. John Legend tampil bersama penyanyi Ukraina, Mika Newton, dan penyair Lyuba Yakimchuk. Segmen ini merupakan bagian dari kerjasama yang dijalin antara GRAMMY® dengan kampanye Global Citizen "Stand Up for Ukraine".

Bruno Mars Merayakan Kemenangan Silk Sonic dengan Flamboyant Attitude

.Silk Sonic/ Foto: Getty Images for The Recording Academy/Rich Fury


Salah satu penghargaan yang paling ditunggu dalam acara ini adalah siapa yang akan memenangkan Record of the Year. Kemenangan ini ternyata jatuh kepada Leave the Door Open, lagu dari duo Silk Sonic yang terdiri dari Bruno Mars dan Anderson. Paak. Ketika naik ke panggung untuk mengambil penghargaan, Bruno Mars menyambutnya dengan flamboyant attitude yang mengundang tawa audiens. Kemenangan Silk Sonic ini adalah satu di antara empat penghargaan lainnya yang mereka dapatkan yaitu Song of the Year, Best R&B performance, dan Best R&B Song of the Year.

Doja Cat Mengalahkan BTS dalam Best Pop Duo/Group Performance

.Doja Cat & SZA/ Foto: Getty Images for The Recording Academy/Johnny Nunez


BTS menjadi salah satu nominasi yang dijagokan untuk menang dalam Best Pop Duo/Group Performance. Publik, terutama ARMY, telah menanti-nantikan momen kemenangan BTS. Setelah penampilan mereka yang memukau, sayangnya mereka tidak berhasil dalam membawa pulang piala penghargaan ini. Penghargaan ini dimenangkan oleh Doja Cat dan SZA melalui lagu mereka yang berjudul Kiss Me More. Ini adalah kemenangan pertama bagi Doja Cat dan SZA. Mereka juga mengalahkan Coldplay, Justin Bieber dan Benny Blanco , serta Tony Bennett and Lady Gaga.

In Memoriam yang tak Terlupakan

.In Memoriam Tribute/ Foto: Getty Images for The Recording Academy/Rich Fury


Momen bersejarah lainnya di GRAMMY® tahun ini adalah segmen In Memoriam di mana GRAMMY® menghormati sosok-sosok dalam dunia permusikan yang sudah berpulang. Penghormatan ini diiringi oleh penampilan yang menggugah dari Rachel Zegler, Ben Platt, Cynthia Erivo, dan Leslie Odom Jr. Mereka membawakan lagu-lagu dari Stephen Sondheim, komposer legendaris dari lagu-lagu musikal yang juga telah berpulang tahun 2021 kemarin. Keempat penyanyi tersebut membawakan lagu Not a Day Goes By, Send in the Clowns, dan juga Somewhere.

Tentunya, GRAMMY® tahun ini meninggalkan banyak kesan. Selain momen-momen tak terlupakan di atas, ada banyak penampilan lainnya yang juga sangat memukau. Seperti penampilan dari H.E.R yang diiringi dengan Lenny Kravitz dan Travis Barker, penampilan Jon Batiste yang sukses membuat semua orang berdiri dan berdansa, serta tribute yang manis dari Lady Gaga untuk Tony Bennett. Kamu bisa menyaksikan kembali GRAMMY Awards® secara eksklusif di cxomedia.id pada 4 April 2022 pukul 20.00 WIB yang disponsori oleh Hyundai IONIQ 5, Pegadaian Digital, IBox Indonesia, Livin' by Mandiri, Alfagift by Alfamart, serta Y.O.U Beauty.

[Gambas:Audio CXO]



(ANL/MEL)