Interest | Wellness

Ini yang Bikin Serum Wajahmu Enggak Ampuh!

Selasa, 28 Nov 2023 18:09 WIB
Ini yang Bikin Serum Wajahmu Enggak Ampuh!
Jakarta -

Setiap membeli produk kecantikan, tentu kamu mengharapkan hasil yang maksimal, tidak terkecuali serum wajah. Serum wajah dengan berbagai khasiat di dalamnya sudah banyak bertebaran.

Tapi kamu pasti pernah merasakan serum-serum yang kamu beli selama ini tidak pernah ampun menyelesaikan permasalahan wajahmu. Padahal produk yang dibeli berasal dari brand ternama dengan harga yang cukup membuat kantong 'meringis'. Terus kenapa ya serum wajah yang kita pakai terkadang tidak bekerja secara maksimal di wajah? Apa yang salah?

Kesalahan yang Sering Dilakukan

Sah-sah saja sih kalau kamu mau membeli serum wajah dengan harga yang lumayan pricey agar efek yang didapat lebih maksimal. Namun, sebenarnya bukan soal kandungan yang ada di dalamnya saja yang bisa memperbaiki permasalahan di wajahmu, tapi apakah kamu sudah benar-benar melakukan tahapan skincare selama ini? Coba cek, apa kamu pernah melakukan kesalahan berikut ini.

1. Lupa eksfoliasi

Eksfoliasi adalah tahapan skincare yang tidak boleh dilewatkan. Namun kebanyakan dari kita pasti merasa malas untuk melakukannya. Entah karena sudah lelah, atau karena lupa saja. Eksfoliasi penting untuk menghilangkan sel-sel kulit mati di wajahmu. Proses ini tidak hanya membantu mencerahkan kulit, tetapi juga membuat serum wajahmu lebih mudah meresap.

“Pengelupasan kulit terlebih dahulu akan memungkinkan penetrasi produk lebih dalam,” kata Gina Mari, ahli kecantikan dari Amerika Serikat seperti dikutip Well and Good . Ingat kamu tidak perlu melakukan eksfoliasi setiap hari. Lakukan langkah ini setiap dua hingga tiga kali dalam seminggu saja.

2. Urutan skincare yang salah

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari serum wajahmu, kamu harus menggunakannya dengan benar dalam urutan skincare . Menurut Mari, sebaiknya mulai dengan cleanser, eksfoliasi, toning, lalu serum baru.

Proses ini akan memastikan bahwa kulit Anda telah siap untuk bahan aktif yang ada pada produk skincare tersebut. Setelah perawatan, Mari menyarankan untuk menunggu selama 5-10 menit agar meresap ke dalam kulitmu, lalu akhiri dengan pelembab.kulitmu telah siap untuk bahan aktif yang ada di produk skincare tersebut. Setelah perawatan, Mari menyarankan untuk menunggu selama 5-10 menit agar meresap dalam kulitmu, lalu akhiri dengan pelembab.

3. Ditepuk bukan digosok

Siapa di antara kamu yang masih menggosok serum wajah? Ya, ini adalah cara yang salah. Menggosok serum wajah hanya akan membuang-buang produk saja, karena sebagian besar serum akan terserap di tangan bukan di wajah. Sebaliknya, tuangkan produk ke ujung jari kamu dan tekan-tekan ke kulitmu.kulitmu.

“Saat mengaplikasikan serum, selalu aplikasikan dengan gerakan ke atas dan hindari menggosok dan menarik-narik kulit. Gerakan menekan ini akan membantu produk lebih meresap, sehingga kamu akan mendapatkan hasil terbaik tanpa perlu membuang produk,” ujarnya.

4. Mencampurnya dengan produk lain

Dalam hal perawatan kulit, menuangkan lebih banyak serum tidak selalu baik. Saat kamu menggunakan beberapa serum, kamu berisiko menggabungkannya dengan bahan-bahan yang mungkin saling bertentangan sehingga akan menghilangkan khasiat, bahkan menyebabkan iritasi. Misalnya seperti menggabungkan retinol dengan vitamin C.

"Hati-hati dalam melapisi terlalu banyak produk berbeda    pilih salah satu dan biarkan produk tersebut bekerja dengan baik. Jika kamu menginginkan serum yang memberikan beragam manfaat, carilah formula yang sudah jadi dalam satu produk. Sekarang, ada banyak serum di pasaran yang mempunyai perpaduan bahan aktif yang sempurna, jadi tidak usah menebak-nebak lagi," kata Meri.

Nah, sudah tahukah alasan kenapa serum wajahmu tidak ada manfaatnya di wajahmu. Serum wajah dengan harga terjangkau tidak melulu kurang kualitasnya dibandingkan yang mahal, asalkan kamu sudah benar memakainya. Jadi, hindari kesalahan-kesalahan ini ya.

[Gambas:Audio CXO]

(DIR/DIR)

NEW RELEASE
CXO SPECIALS