Interest | Wellness

Aplikasi yang Bisa Membantumu Mengenal Diri Lebih Dalam

Jumat, 19 Aug 2022 14:00 WIB
Aplikasi yang Bisa Membantumu Mengenal Diri Lebih Dalam
Jakarta -

Manusia selalu mencari-cari cara agar dirinya divalidasi oleh satu "kekuatan besar" yang berada di luar kuasanya, sebut saja takdir atau garis hidup yang sudah diramalkan. Oleh karenanya, ramalan bintang menjadi sesuatu yang eksotis sekaligus relevan bagi banyak orang bahkan juga di era kehidupan modern. Di masa kini, zodiak bahkan sudah menjadi salah satu penanda identitas yang sahih di kalangan remaja ibukota. Ketika berkenalan dengan orang baru, pasti pertanyaan "zodiak kamu apa?" akan keluar dalam percakapan.

Selain ramalan bintang, banyak juga yang mencari-cari validasi dari tes kepribadian, seperti MBTI atau 16 personalities. Mirip seperti prediksi yang diberikan ramalan bintang, tes kepribadian ini memberikan jawaban-jawaban mengenai siapa kita    apa kelebihan dan kekurangan kita, apa bakat yang kita miliki, seperti apa kita hubungan yang kita cari, hingga karir apa yang cocok untuk dijalani di masa depan. Bedanya, tes kepribadian seperti ini bersifat lebih saintifik karena menggunakan pendekatan psikologi.

Lalu datang gelombang berikutnya, yaitu ketika ramalan bintang dan tes kepribadian tidak lagi cukup untuk memberikan jawaban. Akhirnya, kita pun beralih ke algoritma yang hadir dalam bentuk aplikasi. Memang, ada yang skeptis bagaimana sebuah aplikasi bisa mengetahui kepribadian kita hingga ke detail terkecil. Tapi, banyak juga yang mengakui bahwa aplikasi-aplikasi ini bisa menawarkan insights mendalam mengenai diri kita sendiri.

Aplikasi-aplikasi di bawah ini tidak menawarkan ramalan secara random, melainkan memberikan analisa mengenai karakter pengguna berdasarkan kalkulasi    baik secara astrologis maupun psikologis. Berikut adalah rekomendasi aplikasi yang bisa membantumu mengenal diri lebih dalam!

.The Pattern/ Foto: AppStore

The Pattern

The Pattern telah menjadi salah satu aplikasi astrologi yang paling banyak digunakan oleh anak muda perkotaan sejak tahun 2017. Pada aplikasi ini, pengguna bisa mendapatkan insights mengenai pattern atau pola kepribadian yang mereka miliki. Menariknya, karakter kepribadian ini dikemas dalam bentuk narasi yang personal dan mudah dicerna. Informasi ini bisa membantu pengguna untuk berefleksi mengenai hal-hal yang telah terjadi, sedang terjadi, ataupun yang akan terjadi. Selain itu, The Pattern juga menawarkan fitur Bonds di mana kamu bisa mencocokkan karaktermu dengan karakter teman-teman atau pasanganmu. Kemudian, ada juga fitur Connect yang menyerupai dating app, tapi bedanya di sini kamu bisa mencocokkan diri dengan orang-orang yang cocok dengan kepribadianmu.

.Co-Star/ Foto: AppStore

Co-Star

Algoritma dari Co-Star menggabungkan unsur astrologi dengan data dari NASA untuk menghasilkan analisa mengenai kepribadian pengguna. Lebih dari sekadar ramalan bintang, Co-Star menyediakan hyper-personalized insights yang bisa membantu kita memprediksi apa saja yang akan kita lalui di hari tertentu. Dalam aplikasi ini, kamu bisa menemukan bagian-bagian dari dirimu yang mungkin tidak kamu ketahui sebelumnya. Mulai dari Moods & Emotions, Intellect & Communication, Love and Pleasure, Imagination, Basic Identities, First Impressions, Sex & Aggression, Senses of Responsibility, hingga Philosophies of Life.

.So Syncd/ Foto: AppStore

So Syncd

Apabila kita selama ini mengenal 16 jenis kepribadian, maka So Syncd akan membawa kita ke tahap selanjutnya setelah mengetahui jenis kepribadian yang kita miliki. Pada dasarnya, So Syncd adalah aplikasi kencan. Namun ia berbeda dari aplikasi kencan yang lain karena algoritma dari aplikasi ini akan mencocokkan kita dengan orang-orang dengan jenis kepribadian yang cocok dengan kita. Misalnya, INFP akan bertemu dengan pasangan ENTJ, atau INFJ akan bertemu dengan pasangan ENFJ, dan sebagainya. Ada 3 langkah yang bisa kamu ikuti untuk menggunakan aplikasi ini. Pertama, ikuti tesnya untuk menemukan jenis kepribadianmu. Kedua, biarkan So Syncd bekerja untuk menemukan orang-orang yang kepribadiannya dirasa cocok denganmu. Ketiga, kamu bisa memilih pasangan dengan swipe ke kiri atau ke kanan.

.Align27/ Foto: AppStore

Align27

Berbeda dengan aplikasi astrologi lain, Align27 menggunakan vedic astrology sebagai dasar untuk membuat karakterisasi pengguna. Namun, yang menjadi pembeda utama dari Align27 adalah adanya fitur-fitur yang bisa membantu pengguna untuk mengatur waktu, self-care, dan ritual bagi para pengguna. Aplikasi ini akan memberitahumu kapan waktu terbaik untuk mengerjakan hal-hal tertentu dan juga sebaliknya. Salah satu fitur menarik yang tersedia ialah Favourable Day yang akan memberitahumu apakah hari ini Green, Amber, atau Red. Lalu selain itu ada fitur Rituals yang menyediakan toolkit untuk melakukan ritual yang sudah di-customized sesuai dengan kepribadianmu. Di fitur ini kamu juga bisa menemukan mantras yang bisa membantumu menjalani hari.

.Demensional/ Foto: AppStore

Dimensional

Dimensional mungkin adalah salah satu aplikasi dengan personality test terlengkap. Seperti namanya, Dimensional membantu pengguna untuk mengetahui kepribadian mereka dari bermacam-macam dimensi. Total ada 10 dimensi yang akan ditelaah melalui Dimensional, yaitu Primary Traits, Cognitive Functions, Attachment Styles, Love Attitudes, Love Styles, Work Styles, Basic Interests, Conflict Styles, Values, dan Strengths. Untuk melengkapi kesepuluh dimensi ini, pengguna harus menjalani tes terlebih dahulu yang berdurasi 3 hingga 6 menit untuk setiap dimensi. Apabila pengguna sudah menyelesaikan semua tesnya, Dimensional akan menemukan lebih dari 200 karakter kepribadian dari kesepuluh dimensi tersebut. Melalui data ini, Dimensional bertujuan untuk membantu pengguna lebih mengenal dan memahami diri mereka sendiri.

Itu dia beberapa aplikasi yang menawarkan insights mengenai dirimu sendiri. Mungkin saja, informasi yang mereka tawarkan bukanlah informasi baru, alias sesuatu yang sudah kita ketahui. Tapi terkadang, insights dari pihak ketiga bisa membuat kita menerima sesuatu tanpa bersikap denial atau menghindar. Terlepas dari adanya dorongan sugesti atau sekadar kebetulan belaka, semoga informasi dari aplikasi di atas bisa membuatmu semakin mudah untuk menjalani hari-hari. Selamat mencoba!

[Gambas:Audio CXO]

(ANL/DIR)