Interest | Wellness

Apa Pilihan Olahragamu Sudah Tepat?

Senin, 13 Jun 2022 14:00 WIB
Apa Pilihan Olahragamu Sudah Tepat?
Foto: Pixabay
Jakarta -

Olahraga merupakan kegiatan yang memiliki banyak manfaat bukan hanya bagi fisik tapi juga mental. Meskipun kini olahraga telah menjadi gaya hidup yang dijalani masyarakat, khususnya perkotaan, namun masih banyak orang yang belum menyadari pentingnya berolahraga. Berdasarkan Data Badan Kesehatan Dunia (WHO) tahun 2018, risiko kematian meningkat 20-30 persen pada individu yang kurang melakukan aktivitas fisik.

Padahal sudah sangat jelas bahwa olahraga memiliki banyak manfaat bagi fisik dan mental, seperti memperlancar peredaran darah, mengurangi stres, meningkatkan kemampuan kognitif, menurunkan berat badan, meningkatkan kekuatan otot dan tulang, meningkatkan kualitas tidur, menurunkan risiko penyakit berbahaya, dan menjaga kesehatan mental. Ada banyak pilihan olahraga yang bisa kamu pilih untuk dilakukan setidaknya seminggu sekali. Tapi dari sekian banyak aktivitas fisik yang baik bagi kesehatan, apakah pilihan olahraga yang sudah atau akan kamu pilih sudah tepat bagi tubuhmu?

.Ilustrasi olahraga yang tepat/ Foto: Pixabay

Selama ini kamu mungkin merasa pilihan olahraga yang dijalani sudah cocok dengan tubuh kita, sebab pada dasarnya olahraga memang untuk membuat tubuh lebih sehat. Tapi tahukah kamu, bahwa tidak semua orang cocok dengan cabang olahraga tertentu, sehingga tidak jarang meski sudah menjalani olahraga yang dipilih hasilnya tetap tidak terlihat. Mengapa demikian?

Setiap manusia mempunyai variasi genetik yang ternyata bisa mempengaruhi performa dalam berolahraga dan menyebabkan tidak semua orang memperoleh manfaat yang sama saat menjalani jenis olahraga serupa. Untuk mengetahui jenis olahraga apa yang cocok bagi kamu secara genetik, sport genomics bisa menjadi solusinya.

.Ilustrasi sport genomics/ Foto: Pixabay

Melalui pendekatan sport genomics, kamu bisa lebih memahami keadaan tubuhmu dan bagaimana variasi genetik mempengaruhi respons terhadap suatu jenis olahraga. Sehingga kamu bisa mengetahui kecenderungan olahraga seperti apa yang tepat sesuai tujuan yang kamu inginkan. Dengan begitu, rencana olahraga bisa dibuat secara personal untuk membantu pengaturan program latihan. Jadi olahraga yang kamu lakukan pun mendapatkan hasil yang maksimal dan kamu bisa terhindar dari cedera serius.

Selain itu, pada tujuan kompetitif dan prestasi, pendekatan sport genomics bisa membantu pelatih dan dokter untuk memprediksi keberhasilan atlet, merencanakan program pelatihan yang lebih efisien dan optimal, serta memberikan informasi nutrisi yang tepat berkaitan dengan performa olahraga. Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui jenis olahraga yang tepat secara genetikmu, Prodia menyediakan tes Sport Genomics bagi kamu yang ingin mengetahui olahraga yang tepat secara genetik. Adapun manfaat yang dari Prodia Sport Genomics antara lain:

- Membantu mengatur program latihan yang tepat sesuai gen sehingga tercapai performa yang optimal.
- Memprediksi respons dan pemulihan pasca berolahraga.
- Memprediksi respons metabolisme sebagai efek dalam berolahraga.
- Mengatur strategi untuk mencegah cedera sesuai dengan kerentanan gen yang kamu miliki.

.Ilustrasi olahraga yang tepat/ Foto: Pixabay

Selain itu, benefit bila kamu melakukan pemeriksaan Prodia Sport Genomics, kamu bisa mendapatkan program latihan yang dipersonalisasi, rencana, dan rekomendasi nutrisi berdasarkan profil gen. Kamu pun tak perlu ragu karena semua pemeriksaan dan rencana tersebut telah direkomendasikan oleh dokter spesialis kedokteran olahraga.

Jika tujuanmu adalah untuk mempersiapkan sebuah kompetisi dan prestasi dalam bidang olahraga, kamu bisa berdiskusi dengan dokter dan pelatih supaya prediksi keberhasilan atlet bisa terlihat dari lingkungan pelatihan yang optimal, pemilihan olahraga pun disesuaikan dengan perumusan program pelatihan, kamu juga akan diberikan pemilihan nutrisi yang dipersonalisasi untuk mengoptimalkan kesehatanmu, serta kamu juga akan mendapatkan pengaturan olahraga agar terhindar dari risiko penyakit kardiovaskular, peradangan, dan cedera muskuloskeletal yang terkait dengan olahraga, dan kompetisi.

Bagi kamu yang tertarik mencoba tes Prodia Sport Genomics, kamu bisa mengunjungi website resmi Prodia di www.prodia.co.id, download Prodia Mobile atau hubungi call centre Prodia 1500830.

[Gambas:Audio CXO]

(DIR/IND)