Interest | Wellness

Produk Ergonomis Demi Masa Depan yang Lebih Optimis

Kamis, 14 Apr 2022 14:00 WIB
Produk Ergonomis Demi Masa Depan yang Lebih Optimis
Jakarta -

Kamu mungkin sudah lelah mendengar nasihat dari orang-orang sekitar untuk menjaga kesehatan. Meski agak menyebalkan, memang ada benarnya. Tidak semua orang punya waktu untuk menyelipkan olahraga ke dalam jadwal hariannya. Maka, menggunakan produk-produk ergonomis dalam keseharianmu adalah jawabannya.

Ergonomi sendiri adalah sebuah studi yang mengkaji perilaku manusia dan kaitannya dengan pekerjaan mereka, sebagaimana dilansir dari Prodia OHI. Dengan adanya ergonomi yang baik di lingkungan kerja, kamu bisa mengurangi risiko mengidap berbagai komplikasi otot dan rangka. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan untuk miliki agar dapat menyambut masa depan dengan lebih sehat.

Standing desk

Untuk menunjang produktivitas yang lebih tinggi sembari menjaga kesehatan, standing desk menjadi salah satu pilihan yang populer untuk menggantikan meja kerja biasa. Dengan adanya fitur adjustable height, kamu bisa bekerja sambil duduk atau berdiri dengan satu tombol sehingga peredaran darah di tubuh kamu jadi lebih lancar.

Kursi kerja ergonomis

Kunci dari kursi kerja yang baik adalah selain nyaman dan kokoh, baiknya juga harus adjustable, mulai dari bagian arm rest, dudukan, sandaran punggung, hingga sandaran kepala. Kursi dengan bagian-bagian yang adjustable dapat memenuhi kebutuhan dan menyesuaikan dengan bentuk tubuh kita semua yang berbeda-beda. Niscaya, postur tubuh saat duduk akan membaik.

.Mouse Ergonomis/ Foto: Tokopedia

Mouse ergonomis

Tahukah kamu bahwa perangkat mouse yang umum kita pakai cenderung tidak mendukung kesehatan? Memang tidak terasa ada yang salah dengan yang biasa dipakai, tapi ternyata tidak baik untuk waktu yang berkepanjangan karena postur tangan tertahan untuk waktu yang lama.

.Keyboard Ergonomis/ Foto: Tokopedia

Keyboard ergonomis

Serupa dengan mouse, keyboard juga memiliki permasalahan yang sama terkait kesehatan. Keyboard ergonomis menawarkan bentuk dan layout yang lebih sesuai dan alami dengan bentuk tangan, sehingga dapat mengurangi pergerakan tangan yang berlebihan saat mengetik.

.Laptop Stand/ Foto: Tokopedia

Laptop stand

Laptop yang diletakkan di atas meja cenderung tidak berada pada eye level sehingga penggunanya cenderung duduk bungkuk atau menunduk terlalu lama. Jika kamu bekerja di rumah, kamu bisa saja menggunakan peripheral eksternal untuk mendukung postur dan produktivitas kamu. Namun, kemewahan tersebut sulit kamu dapatkan jika bekerja di luar rumah. Oleh karena itu, dengan adanya laptop stand yang membuat layar laptop sejajar dengan eye level akan membuat kamu lebih nyaman dalam bekerja.

Barang-barang yang disebutkan di atas hanyalah sebagian kecil dari praktik ergonomik yang perlu kamu miliki. Walau beberapa di antaranya terbilang mahal, anggap saja investasi untuk kesehatan. Konon katanya health is wealth.

[Gambas:Audio CXO]

(HAL/DIR)

Author

Handoko Lun